January 4, 2023

Motional-Hyundai Luncurkan Taksi Ioniq 5 Otonom di Vegas

Penulis: Muhammad Rizki
Motional-Hyundai Luncurkan Taksi Ioniq 5 Otonom di Vegas  

Mobitekno – Sejumlah produsen otomotif ikut meramaikan ajang CES 2023. Menjelang acara yang secara resmi dimulai pada Kamis (5/1), Hyundai menyoroti robotaxi Ioniq 5 yang rencananya akan beroperasi di Las Vegas pada akhir tahun 2023.

Melansir Hyundai Worldwide YouTube, alasan mengapa Las Vegas yang dipilih, karena kota ini memiliki pola lalu lintas dan jam sibuk yang rumit di mana mobil-mobil melesat masuk dan keluar dengan sangat banyak dan cepat.

Ditambah lagi, ada banyak kendaraan berbentuk aneh seperti limusin dan truk papan reklame.

Menjemput dan mengantar pengendara di kasino menjadi tantangan tersendiri. Ada banyak kendaraan yang berebut untuk masuk ke ruang yang terbatas. Maka dari itu, robot Ioniq 5 ini harus mampu bermanuver ke area ini tanpa menabrak apa pun atau siapa pun.

Hyundai

Pejalan kaki juga bisa sulit dirasakan di Vegas karena orang-orang bisa mengenakan kostum sebagai artis jalanan. Robotaxi harus mengidentifikasi dan menghindarinya.

Robotaxi Ioniq 5 memiliki fungsi otonom Level 4. Ini berarti kendaraan dapat mengemudi sendiri, tetapi masih ada kontrol fisik yang dapat dioperasikan oleh pengendara.

Mobil ini membawa lebih dari 30 sensor dan daya komputasi untuk menginterupsi semua data. Motional, perusahaan patungan antara Hyundai Motor Group dan Aptiv, akan mengoperasikan kendaraan Ioniq 5 otonom yang membawa orang berkeliling kota.

Uber juga akan menjadi bagian dari proyek ini dengan menjadi platform bagi orang-orang untuk memanggil kendaraan ini.

Setelah diluncurkan di Vegas, Motional berencana untuk meluncurkan Ioniq 5 robotaxi di Los Angeles. Kemudian, layanan ini akan diluncurkan ke kota-kota lain.

Beberapa produsen mobil tertarik menawarkan robotaxi. Misalnya, Cruise General Motors menerima otorisasi untuk mengoperasikan layanan semacam itu di San Francisco tahun lalu.

Waymo telah menjalankannya, termasuk mengembangkan van otonom dari merek Cina Zeekr. Volkswagen telah mengevaluasi versi Buzz yang dapat mengemudi sendiri. Sementara Tesla mengumumkan rencana untuk menawarkan layanan semacam itu juga.

Tags: , , , ,


COMMENTS