October 31, 2022

Review OMRON HEM-7156T, Makin Nyaman Ukur Tekanan Darah Berkat Aplikasi OMRON Connect

Penulis: Desmal Andi
Review OMRON HEM-7156T, Makin Nyaman Ukur Tekanan Darah Berkat Aplikasi OMRON Connect  

Mobitekno – Sudah dapat ditebak pastinya setiap orang menginginkan tubuh yang selalu sehat. Melakukan olahraga rutin menjadi salah satu solusi untuk menjaga tubuh tetap fit dan bugar setiap saat. Namun, seringkali godaan gaya hidup menjadi penghalang bagi banyak orang untuk melakukan olahraga. Dan penyakit pun perlahan mulai mendera tubuh. Salah satu penyakit yang diakibatkan oleh malasnya tubuh bergerak serta penerapan pola atau gaya hidup yang salah adalah tekanan darah tinggi atau dikenal juga hipertensi. Hingga saat inim hipertensi masih menjadi ancaman serius bagi masyarakat dunia.

Menurut WHO, prevalensi hipertensi diperkirakan mencapai angka 1,28 miliar untuk rentang usia 30-79 tahun. di Indonesia, prevalensi hipertensi untuk perempuan usia 30-79 tahun meningkat 12 persen dari 32,4 persen pada 1990 menjadi 44,5 persen pada 2019. Demikian juga laki-laki pada kelompok usia sama juga meningkat dari 28,7 persen ke 35,9 persen. Studi Non-Communicable Disease Risk Factor Collaboration (NCD-RisC) yang diterbitkan di jurnal The Lancet pada Agustus 2021 ini menganalisa data dari 1.200 studi nasional di seluruh dunia untuk menemukan perubahan dalam prevalensi hipertensi pada kurun waktu 1990-2019 itu. Oleh sebab itu, masyarakat tidak boleh meremehkan masalah ini.

Untuk itu, masyarakat harus selalu diedukasi agar melakukan pemeriksaan secara rutin untuk masalah hipertensi ini. Salah satunya adalah dengan rajin memeriksakan tekanan darah di klinik, puskesmas, atau balai kesehatan lainnya. Namun, seiring dengan kemajuan teknologi, kini pemeriksaan mandiri juga bisa dilakukan. OMRON sebagai salahs atu produsen alat kesehatan, memiliki perangkat pengukiur hipertensi mandiri, seperti OMRON HEM-7156T yang operasionalnya bisa bersanding dengan perangkat smartphone. Melalui perangkat ini, masayarakat bisa mengukur sendiri setiap pagi dan menjelang tidur. Dengan demikian, tingkat tekanan darah bisa terus dipantau. Mobitekno sendiri mendapatkan kesempatan untuk menguji perangkat ini untuk mengukur tingkat tekanan darah tinggi, terutama setelah melakukan aktivitas harian redaksi yang begitu padat. Dan hasilnya ternyata memuasakan. Penasaran? Ikuti hasil pengujian OMRON HEM-7156T berikut ini.

OMRON HEM-7156T

Kelengkapan

Hadir dalam kotak dengan paduan warna biru dan putih yang cukup kompak, OMRON HEM-7156T terliah tersusun rapi di dalamnya. Ada beberapa item yang didapat dari

  1. Perangkat pengukur tekanan darah OMRON HEM-7156T berwarna putih
  2. Manset dengan inovasi Intelliwrap
  3. Baterai AA
  4. Kartu garansi
  5. Buku petunjuk
Kelengkapan

Desain

OMRON HEM-7156T ini memiliki desain yang hampir sama dengan perangkat pengukur tekanan darah OMRON lainnya, baik yang sudah mengadopsi OMRON Connect maupun yang belum. Bedanya di seri ini memiliki tombol bluetooth, karena seri yang berakhiran dengan huruf T ini dibekali dengan koneksi OMRON Connect, aplikasi OMRON yang terdapat di smartphone, baik Android maupun iOS. Bagian atasnya juga terdapat layar LCD monokrom yang cukup besar, yang bisa menampilkan hasil pengukuran tekanan darah.

Masih di bagian atas, terdapat juga tombol lainnya yaitu tombol panah kanan dan kiri yntuk navigasi tampilan. Sementara satu tombol bergambar notes merupakan tombol memory. Menekan tombol ini bisa melihat catatan history pengukuran tekanan darah yang rutin dilakukan oleh pengguna. Satu tombol utama, yaitu tombil Start/Stop berwarna biru terdapat di bawahnya. Di sinilah proses pengukuran bisa dimulai atau dihentikan.

Desain bagian atas

Beralih ke bagian bawah. Di sini terdapat storage untuk baterai yang bisa diisi oleh empat baterai tipe AA. Buka penutupnya lalu pasang baterai di sini. Selanjutnya perangkat baru bisa dioperasikan. Di sisi samping terdapat port untuk menghubungkan selang dari manset ke perangkat. Masukkan saja hingga bunyi klik terdengar yang menandakan pemasangan sudah kencang. Jangan sampai tidak kencang karena pengukuran bisa menjadi tidak akurat.

Bekerja dengan 4 x Baterai AA

Ternyata perangkat ini tidak hanya bisa bekerja dengan baterai. Sebuah port untik koneksi DC juga disediakan di bagian belakang. Cuma, adapternya harus dibeli secara terpisah.

Ada port DC Adapter

Desain mansetnya sendiri sudah mengadopsi yang terbaru dengan inovasi Intelliwrap Cuff. OMRON sendiri menyebutkan ada tiga keuntungan yang didapat dengan desain manset seperti ini, yaitu

  1. Pengukuran lebih akurat karena tidak perlu menempatkan manset dengan selang berada tepat di atas lengan, seperti yang sering dilakukan pada jenis manset lama. Ini karena manset dengan Intelliwrap ini bisa bekerja 360 derajat. Jadi posisi apapun bisa mengukur dengan akurat.
  2. Lebih nyaman karena memiliki bentuk silinder yang menyesuaikan dengan lengan pengguna. Desain ini memudahkan pengguna dalam memasang manset karena tidak perlu menggulung dengan ketat lagi. Secara standar, mansetnya ini bisa memuat lengan dengan ukuran diameter 22-24cm.
  3. Intuitif, karena mudah digunakan, mudah dibersihkan, serta mudah untuk dipasang hanya dengan satu tangan.

Fitur dan Performa

Perangkat OMRON HEM 7156T ini juga dilengkapi dengan teknologi Intellisennse. Dengan begitu, pengukuran bisa lebih akurat. Akurasi memang menjadi salah satu persyaratan terpenting dalam pemantauan tekanan darah. Paduan Intellisense dengan IntelliWrap 360°, HEM-7156T OMRON memungkinkan pengguna untuk mendapatkan pembacaan yang akurat dengan mudah. Ini terlepas dari bagaimana manset dipakai di rumah karena bentuk dan desainnya yang silinder.

Manset dengan inovasi Intelliwrap 360

Salah satu hal menarik dari perangkat ini adalah kemampuannya mendeteksi detak jantung yang tidak teratur. Detak jantung tidak teratur adalah ritme detak jantung yang bervariasi lebih dari 25% dari ritme detak jantung rata-rata yang terdeteksi saat unit mengukur tekanan darah. Nah, perangkat ini bisa menginformasikan pengguna jika detak jantungnya tidak teratur seperti:

  • Jika ritme tidak teratur tersebut terdeteksi lebih dari dua kali selama pengukuran, simbol detak jantung tidak teratur muncul di layar dengan hasil pengukuran.
  • Jika detak jantung tidak teratur menyebabkan pengukuran menjadi tidak valid, perangkat tidak menampilkan hasil pengukuran.
  • Jika simbol detak jantung tidak teratur muncul setelah pengguna melakukan pengukuran, pengguna akan diminta mengulangi pengukuran.
  • Jika simbol terus muncul, ada baiknya pengguna bisa berkonsultasi dengan ahli kesehatan langganannya.

Namun, seperti yang sudah disebutkan di atas, perangkat ini memiliki koneksi dengan aplikasi OMRON Connect di smartphone. Oleh sebab itu, langkah awal yang harus dilakukan pengguna adalah meng-install terlebih dahulu aplikasi OMRON Connect di smartphone mereka. Silakan membuat akun OMRON terlebih dahulu. Jika sudah, lakukan pairing dengan perangkat dengan menekan terlebih dahulu tombol Bluetooth yang ada di sebelah kiri, di bawah layar LCD. Nyalakan bluetooth di smartphone. Buka aplikasi OMRON Connect lalu pilih Add Device. Jika opsi HEM-7156T tampil, pilih opsi tersebut. Kini perangkat sudah terhubung dengan aplikasi dengan mudah.

Selain mampu mendeteksi detak jantung yang tidak teratur, perangkat ini juga dapat mendeteksi gerakan tubuh. Jadi, pengukuran yang dilakukan bisa lebih akurat, seakurat alat kesehatan yang biasa digunakan tenaga kesehatan di klinik atau Rumah Sakit.

Dalam mengukur tekanan darah dengan perangkat ini, perangkat akan mencatat dua angka yaitu hasik sistolik dan diastolik.

Tekanan darah sistolik yang terdapat di bagian atas, menunjukkan seberapa besar tekanan darah terhadap dinding arteri saat jantung berdetak. Sementara tekanan darah diastolik yang terdapat di bawahya menunjukkan seberapa besar tekanan darah terhadap dinding arteri saat jantung beristirahat di antara detak jantung.

Oleh sebab itu, untuk keadaan pembacaan yang normal tekanan darah yang dicatat perlu menunjukkan angka teratas (tekanan sistolik) antara 90 dan kurang dari 120. Sementara untuk angka di bawahnya (tekanan diastolik) antara 60 dan kurang dari 80. Berdasarkan American Heart Association (AHA), sesorang dianggap memiliki tekanan darah normal bila angka sistolik dan diastolik kamu berada dalam kisaran tersebut.

Karena perangkat ini terhubung dengan aplikasi OMRON Connect, jangan khawatir lupa dengan hasil pembacaan yang sudah dilakukan. Semuanya akan tercatat dengan jelas di aplikasi. Bahkan, melalui aplikasi, pengguna bisa mendapatkan angka tekanan darah rata-rata.

bentuk konektor selang yang membuat pengukuran bisa lebih sempurna

Di aplikasi juga terdapat fitur BP Diary. Di sini pengguna bisa mendaftar agar hasil pengukuran dapat dicatat dalam kalendar. Pengguna bisa melihat hasilnya berdasarkan kalendar. Selain itu, ada juga BP graph yang bisa menggambarkan hasil dalam bentuk grafik. Hasil semua ini pun bisa disimpan dalam LogBook dan dapat diekspor hasilnya dalam format PDF. Ini bisa sebagai bukti saat pengguna ingin melakukan pemeriksaan ke tenaga kesehatan langganannya.

Spesifikasi

Model OMRON HEM-7156T
FItur Body Movement Detection

Bluetooth Conectivity

Cuff Wrapping Guide

Average of Last 3 readings

Intelliwrap

IntelliSense

Pulse

Hypertension Indicator

Irregular Heartbeat Detection

60 memory

Metode pengukuran Oscillometric
Pengukuran Tekanan Darah SYS: 60 to 260 mmHg

DIA: 40 to 312 mmHg

Pengukuran Detak Jantung Antara 40 sampai 180 detak per menit
Tingkat akurasi pengukuran +/- 3mmHg (tekanan darah), +/- 5% (detak jantung)
Sumber daya 4 x Baterai AA
Dimensi dan berat 105mm (lebar) x 85mm (tinggi) x 152mm (panjang) / 340g tanpa baterai (perangkat pengukur) / 163g (manset)

Kesimpulan

Pemeriksaan mandiri memang sangat dianjurkan agar masyarakat bisa memantau kesehatannya setiap saat. Sehingga, mereka bisa terhindar risiko hipertensi atau diabetes yang fatal. Dengan memonitor tekanan darah secara berkala, baik pagi hari dan malam hari menjelang tidur, setiap orang bisa memantau kesehatannya agar bisa terhindar dari hipertensi.

Tekanan darah yang normal menunjukkan bahwa suplai darah yang berisi oksigen dan makanan ke seluruh organ tubuh terjaga dengan baik. Jika hasil pengukuran menunjukkan hal yang tidak normal, maka kita bisa berkonsultasi dengan dokter. Dengan memanfaatkan catatan pengukuran tekanan darah yang dilakukan secara berkala, dokter akan lebih mudah dalam melakukan diagnosa sehingga penanganan yang dilakukan dapat lebih presisi.

OMRON HEM-7156T permudah pemeriksaan tekanan darah secara mandiri

Aplikasi OMRON connect juga memungkinkan pengguna mendapatkan gambaran terkait analisa hasil pengukuran tekanan darah, sehingga pengguna akan mengetahui bagaimana pengaruh gaya hidup terhadap kesehatan, gambaran kondisi tekanan darah, mengetahui kecenderungan kondisi kesehatan dari waktu ke waktu yang ditampilkan dalam grafik kesehatan, serta fasilitas dialog yang terfokus dengan petugas kesehatan.

 

Tags: , , , , ,


COMMENTS