January 31, 2022

Citrix Dikabarkan akan ‘Go Private’ Setelah Aksi Beli Saham Dua Perusahaan Investasi Ini

Penulis: Iwan RS
Citrix Dikabarkan akan ‘Go Private’ Setelah Aksi Beli Saham Dua Perusahaan Investasi Ini  

Mobitekno – Citrix, perusahaan virtualisasi dan cloud computing yang dikenal dengan produknya, seperti Workspace, XenHypervisor, atau XenDesktop dikabarkan akan kembali ‘go private’ dibeli oleh Elliott Management Corp dan Vista Equity Partners.

Menurut pinformasi dari pihak yang terlibat, jika kata sepakat berhasil dicapai, kedua perusahaan manajemen investasi tersebut harus mengeluarkan dana untuk membeli Citrix (Citrix Systems Inc) sebesar US$ 13 miliar.

Kesepakatan yang mungkin akan diumumkan dalam waktu dekat ini semakin menguat setelah Elliott dan Vista melakukan permintaan pinjaman untuk mendanai pembelian saham Citrix di harga US$ 104 (per saham). Setelah proses ‘menswastakan’ Citrix selesai, Vista berencana menggabungkannya dengan perusahaan data analytics Tibco yang dimilikinya.

Berbagai solusi atau produk Citrix banyak digunakan oleh karyawan perusahaan untuk mengakses jaringan kantornya secara remote dengan aman dan mudah. Citrix yang cukup lama eksis di industri TI saat ini sedang melakukan proses transisi ke solusi remote cloud storage dan model bisnis berbasis langganan.

Sayangnya, momentum bekerja dari rumah (WFH) selama masa pandemi COVID-19 tampaknya kurang dioptimalkan dengan baik oleh Citrix. Hal ini berujung pada rencananya melakukan restrukturisasi perusahaan yang disampaikan CEO antar waktu Citrix, Robert Calderoni pada laporan keuangan perusahaan belum lama ini.

Meski permintaan untuk layanan cloud Citrix melonjak selama pandemi karena banyak perusahaan ingin beralih ke remote working, laporan pendapatan operasional pada kuartal ketiga mengalami penurunan dari US$128,3 juta menjadi US$ 84,5 juta. Beban operasional yang tinggi dianggap menjadi salah satu penyebab penurunan pendapatan Citrix.

Sejauh ini, kabar penjualan Citrix yang dilansir dari Reuters ini belum dikonfirmasi secara resmi oleh pihak Citrix, Elliott dan Vista.

Tags: , , , ,


COMMENTS