July 30, 2022

Kembangkan Dunia Metaverse Metanesia, Telkom Umumkan Kehadiran Metaverse Mall dan Showroom di Ajang Digiland 2022

Penulis: Iwan RS
Kembangkan Dunia Metaverse Metanesia, Telkom Umumkan Kehadiran Metaverse Mall dan Showroom di Ajang Digiland 2022  

Mobitekno – PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (TLKM) akan memperkenalkan Metaverse Mall untuk masyarakat Indonesia yang dinamakan Metanesia. Metaverse ini diumumkan secar resmi dalam ajang Digiland 2022 (DIGItal isLAND 2022) sebagai puncak perayaan hari ulang tahun Telkom ke-57, pada Minggu (31/7/2022) di Istora Senayan, Jakarta.

Seperti diketahui, PT Telkom Indonesia melalui Leap Telkom Digital mengembangkan metaverse dengan sentuhan lokal bernama metaNesia yang merupakan akronim dari Metaverse Indonesia.

Direktur Utama Telkom Ririek Adriansyah mengatakan Digiland 2022 menjadi salah satu bukti nyata untuk menyampaikan pesan kepada masyarakat tentang langkah transformasi Telkom menjadi digital telco.

Telkom metaverse 02
Dirut Telkom Indonesia, Ririek Adriansyah saat jumpa pers meyambut digelarnya festival Digiland 2022 di Istora Senayan Jakarta, Jumat (29/07/2022).

 

“Pada Digiland 2022 terdapat beragam produk digital, pameran startup, area games hingga bazaar UMKM yang memanfaatkan teknologi untuk menjalankan bisnisnya. Kami berharap, Digiland 2022 dapat membangun awareness masyarakat bahwa Telkom memang tengah bertransformasi,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Jumat (29/7/2022).

Ririek menyatakan bahwa Telkom baru memulai kerja sama dengan beberapa perusahaan terkait proyek Metanesia ini mengingat dunia metaverse masih sangat baru dalam dunia bisnis. Dia menyebut perlu dibangun kesadaran sejumlah perusahaan besar, tentang penggunaan metaverse dalam pengembangan bisnis.

Salah satu industri yang mulai digandeng Telkom adalah perusahaan otomotif di tanah air untuk menampilkan produk-produk mobil melalui showroom di dunia virtual. Pengguna dapat mendatangi showroom mobil tersebut di dunia metaverse dan melihatnya secara langsung.

Showroom mobil di Metanesia diharapkan memiliki diferensiasi tersendiri, misalnya menampilkan bagian-bagian detail mobil, seperti kolong mobil, rangka mobil yang tidak dapat dilakukan di showroom dunia nyata.

Acara Digiland 2022 akan dilaksanakan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19. Semua pengunjung diwajibkan untuk menggunakan aplikasi PeduliLindungi sebelum memasuki area Digiland 2022. Selain itu, pengunjung juga diharuskan untuk mengenakan masker selama berada di area acara.

Selain memperkenalkan Metaverse Mall, Digiland 2022 juga akan menghadirkan berbagai area yang dapat dikunjungi dan dinikmati, antara lain Music Land, Creation Land, Connectivity Land, dan Pasar Rakyat.

Pada Connectivity Land, terdapat pameran startup dan area games digital. Pada Creation Land, pengunjung dapat merasakan sensasi teknologi metaverse di Metanesia dan art installation “time travel train”.

Telkom metaverse 01

Selanjutnya pengunjung dapat menikmati beragam kuliner rakyat dan kekinian serta berbelanja di area bazar Pasar Rakyat.

Puncaknya, berbagai hiburan dari penyanyi papan atas nasional hadir di Music Land, di antaranya BCL, RAN, Maliq & D’essentials, Padi Reborn, Ungu, Idgitaf, Vierratale, Fourtwnty, Jamrud, Potret, KLA Project, Oom Leo Berkaraoke, White Shoes & The Couples Company, Wika Salim, dan PMR feat Om Jois.

Tags: , , , , , , ,


COMMENTS