March 30, 2022

Resmi Meluncur di Indonesia, POCO M4 Pro Lanjutkan Tradisi Ponsel Spesifikasi Masif, Harga Atraktif

Penulis: Iwan RS
Resmi Meluncur di Indonesia, POCO M4 Pro Lanjutkan Tradisi Ponsel Spesifikasi Masif, Harga Atraktif  

Mobitekno – Kurang lebih sebulan setelah diperkenalkan di ajang MWC Barcelona 2022, POCO Indonesia akhirnya resmi menghadirkan smartphone terbaru POCO M4 Pro di tanah air. Melalui peluncuran yang dimeriahkan dengan konser musik virtual (29/3/2022), smartphone/ponsel dengan spesifikasi menarik resmi dibanderol dengan harga yang ramah kantong.

“Peluncuran Poco M4 Pro yang dirayakan melalui sebuah konser musik virtual ini merupakan cara POCO Indonesia memberikan pengalaman baru yang ekstrem bagi generasi muda Indonesia,” ujar Andi Renreng selaku Head of Marketing POCO Indonesia.

POCO Indonesia patut percaya diri dengan prospek penjualan ponselnya di Indonesia, terlebih dengan hadirnya M4 Pro yang ditawarkan dengan harga yang sangat terjangkau. Menurut pengakuan Andi, laporan penjualan sepanjang tahun lalu amat memuaskan. Selama periode tersebut, ponsel POCO laku terjual lebih dari 1,6 juta unit. Ini berarti terjadi peningkatan 11 kali lipat dari tahun 2020 (sekitar 140 ribu unit).

Ada dua faktor yang mendorong melonjaknya penjualan ponsel POCO di tahun 2021. Faktor tertama adalah portofolio produk yang beragama (M, X, dan F series) dan kedua adalah perubahan kebiasaan konsumen di tahun 2021, dimana banyak yang melakukan aktivitas di rumahnya masing-masing.

Tongkat estafet untuk mempertahankan kesuksesan penjualan POCO tahun lalu kini diemban M4 Pro di kuartal pertama 2022. Kombinasi harga terjangkau dan spesifikasi menggoda M4 Pro mulai terlihat dari layar 6,43 inci yang menggunakan panel Super AMOLED dengan resolusi FHD+, kecerahan 1.000 nits, dan refresh rate 90Hz.

Touch sampling rate 180Hz layarnya juga menjamin pengguna nyaman bermain game, mengetik, atau interaksi lainnya dengan layar. Sebagai proteksi layar dan bodi, M4 Pro menggunakan corning Gorilla Glass 3 dan bersertifikasi IP53 (tahan debu dan percikan air).

Setelah layar, kamera M4 Pro pun tidak kalah menggoda dengan mengusung kombinasi tiga kamera belakang. Masing-masingnya terdiri dari kamera utama 64MP, kamera ultrawide 8MP (118 derajat), dan kamera berlensa makro 2MP.

Kamera selfie/depannya juga sama sekali kamera ‘penggembira’, tapi sudah mengusung sensor 16MP. POCO tampaknya paham betul bahwa kamera selfie menjadi salah satu faktor penting bagi konsumen Gen MZ dalam mebeli ponsel.

Dapur pacu Poco M4 Pro mengandalkan chipset MediaTek Helio G96 yang dikombinasikan dengan dua opsi RAM/internal storage, yaitu 6GB/128GB dan 8GB/256GB. Terkait kapasitas RAM, fitur Dynamic RAM Expansion Technology mungkin akan menarik bagi pengguna yang seringkali menjalnkan banyak aplikasi sekaligus.

Fitur Dynamic RAM Expansion Technology memungkinkan M4 Pro ‘menambahkan’ kapasitas RAM agar aplikasi berjalan lebih lancar saat melakukan multitasking. Dengan fitur ini, varian RAM 6GB dapat ditambah sebanyak 2GB, sedangkan RAM 8GB dapat diperluas kapasitasny menjadi 3GB.

Ponsel yang sudah menjalankan MIUI 13 (Android 12 based) mendapat sumber daya yang dipasok baterai 5.000mAh yang sudah mendukung fitur fast charging 33W (Pro Fast Charging). Poco M4 Pro juga didukung teknologi MMT, Mi-FC, dan LiquidCool Technology 1.0 Plus yang diklaim bisa mempercepat pengisian baterai.

Bobot ponsel berdimensi 159,87 x 73,87 x 8,09 mm ini relatif ringan digenggam (179,5 gram). Adapun fitur lainnya adalah sensor sidik jari di sisi samping bodi, Bluetooth 5.0, NFC, dual SIM, 4G, Wi-Fi dual-band, GNSS, NFC, dan USB Type-C. Menariknya, POCO masih mempertahankan warisan fitur ponsel Xiamoi yakni IR Blaster dan konektor audio 3,5 mm.

POCO Indonesia yang akan tersedia dalam tiga pilihan warna (Power Black, Cool Blue, POCO Yellow) akan ditawarkan dengan harga Rp 2.999.000 untuk varian 6GB+128GB dan Rp 3.499.000 untuk 8GB+256GB.

Kedua model ponsel ini awalnya akan tersedia di layanan penjualan online resmi POCO, seperti po.co.id, Shopee, Bukalapak, Tokopedia, Lazada, JD.id. Akulaku, dan Blibli. Harga resmi sudah diumumkan, tertarik belanja ponsel baru di awal tahun ini?

Tags: , , ,


COMMENTS