March 30, 2022

Ini Tips Bikin Jepretan Kamera Galaxy S22 Series 5G di Instagram, TikTok, dan Snapchat Jadi Lebih Keren

Penulis: Desmal Andi
Ini Tips Bikin Jepretan Kamera Galaxy S22 Series 5G di Instagram, TikTok, dan Snapchat Jadi Lebih Keren  

Mobitekno – Dalam peluncurannya beberapa waktu lalu di acara Galaxy Unpacked, Samsung memamerkan terobosan inovasi kameranya yang ada di Galaxy S22 Series 5G. Smartphone flagship ini mengalami peningkatan kualitas kamera, tidak hanya dari sisi hardware, tetapi juga software atau aplikasi. Hal ini tentunya bisa meningkatkan daya saing Galaxy S22 Series 5G di pasar smartphone Indonesia. Salah satu yang menarik perhatian dari peningkatan fungsi kamera ini adalah kolaborasinya dengan Instagram, TikTok, dan Snapchat. Ya, Samsung mengintegrasikan kemampuan kameranya ke dalam tiga aplikasi tersebut (In-App Camera).

Dengan inovasi ini, tentunya pengguna Samsung Galaxy S22 Series 5G tidak perlu repot-repot lagi menggunakan aplikasi kamera bawaan smartphone terlebih dahulu, sebelum akhirnya di-posting ke Instagram, TikTok, atau Snapchat. Menariknya lagi, semua fitur yang ada di aplikasi kamera bawaan smartphone bisa digunakan dalam aplikasi kamera ketiga aplikasi media sosial tersebut. Fitur-fitur menarik, seperti Auto Framing, Night Portrait, hingga zoom.

Lalu, mengapa hal ini kini bisa dilakukan Samsung Galaxy S22 Series 5G di tiga aplikasi media sosial tersebut. Berkat kolaborasi Samsung dengan Snapchat, TikTok, dan Instagram, kini seluruh seluruh kamera yang ada di smartphone bisa berfungsi di ketiga media sosial tersebut. Sebelumnya hal ini tidak bisa dilakukan. Bahkan, kamera telefoto pun juga bisa dimanfaatkan oleh aplikasi-aplikasi tersebut. Inilah yang membuat para kreator konten tidak perlu lagi bolak-balik ke aplikasi kamera bawaan tersebut untuk mendapatkan hasil terbaik terlebih dahulu sebelum membuka aplikasi media sosial. Kini, hal tersebut bisa dilakukan langsung dari fungsi kamera di Instagram, Snapchat, dan TikTok.

Membidik lebih jauh

Fungsi zoom dihadirkan Samsung untuk melihat sebuah benda atau objek yang jaraknya sangat jauh. Untuk mendapatkan zoom maksimal ini tentunya sebelumnya akan sangat sulit dilakukan oleh Instagram, TikTok, maupun Snapchat. Berkat keberadaan Samsung Galaxy S22 Series 5G, fungsi zoom dalam aplikasi media sosial tersebut sangat mudah dilakukan. Buka aplikasi Instagram, TikTok, atau  Snapchat. Kemudian buka fungsi untuk membuat konten baru. Di Instagram, Anda bahkan bisa memanfaatkannya untuk Instastory juga. Setelah itu, pilih opsi Camera untuk mengambil gambar atau video langsung dari aplikasi. Bidikan awal akan terlihat dengan ukuran 1X. Kini gunakan dua jari untuk melakukan zoom-out dan zoom-in. Lakukan perlahan agar hasilnya terlihat halus. Di aplikasi Snapchat, Anda bisa mendapatkan zoom-in yang sangat jauh. Bahkan sangat berbeda dengan aplikasi kamera standar Snapchat sebelumnya. Di tiga aplikasi media sosial lainnya yaitu Instagram dan TikTok juga bisa mendapatkan zoom-in yang jauh. Namun, hasil terjauh bisa dilakukan Snapchat, karena Snapchat sepertinya bisa memanfaatkan seluruh sensor kamera yang ada di smartphone.

in app
In-App Camera di Instagram, TikTok, dan Snapchat

Manfaatkan Ultra-Wide

Kamera ultra-wide memungkinkan tangkapan kamera menjadi lebih luas. Jadi, Anda bisa mendapatkan lebih banyak detail pada hasil foto maupun video dari kamera smartphone. Namun, penggunaan kamera ultra-wide ini sebelumnya hanya berlaku pada aplikasi kamera bawaan smartphone. Namun kini, Samsung Galaxy S22 Series 5G bisa melakukannya di aplikasi Instagram, TikTok, dan Snapchat.

Caranya, buka salah satu aplikasi tersebut. Instagram salah satu contohnya. Buat konten baru dengan icon yang berada di bagian atas. Anda bebas memilih jenis konten, apakah berupa Sotry, Reels, Live, atau Post. Selanjutnya pilih opsi Camera untuk menggunakan kamera secara langsung di aplikasi Instagram. Berbeda dengan perbesaran, kini lakukan zoom-out sampai mentok. Kini Anda bisa mendapatkan tangkapan foto atau video yang lebih luas. Insta Story pun menjadi lebih menarik. Hal ini juga berlaku di aplikasi TikTOk dan Snapchat.

Foto Portrait dengan lebih mudah

Jenis foto portrait atau bokeh memang akan terlihat sangat bagus, terutama untuk tangkapan wajah. Kesan blur di latar belakang membuat objek kamera akan terlihat lebih fokus. Banyak smartphone bisa melakukan hal ini. Namun, di Galaxy S22 Series 5G, portrait mode ini bisa dilakukan langsung dari aplikasi Instagram, TikTok, maupun Snapchat. Caranya, buka salah satu aplikasi tersebut. Lalu buat konten baru. Sekarang arahkan kamera ke wajah model yang ingin dijadikan objek kamera. Persempit jarak antara kamera dengan objek yang dibidik. Ada baiknya, antara objek dan latar belakang juga memiliki jarak yang tidak terlalu dekat sehingga bisa menampilkan efek blur yang lebih baik. Kini jepret dengan menekan tombol shutter. Selanjutnya, Anda bisa menambahkan caption dan langsung upload di timeline Instagram. Cukup mudah bukan?

Nightography di aplikasi media sosial

Siapa bilang hasil foto malam dari Galaxy S22 Series 5G hanya bisa dilakukan dari aplikasi kamera bawaan. Silakan buka aplikasi Instagram, TikTok, atau Snapchat. Buat konten baru dan pilih opsi camera. Sebelumnya, tentukan lokasi yang memiliki antara titik gelap dan terang yang baik. Ada bagusnya titik gelap berada di bagian depan. Sementara titik terang ada di bagian belakang. Jika sudah mendapatkan komposisi yang baik, silakan tekan tombol shutter. Oya, untuk mendapatkan hasil foto malam yang sempurna, Anda bisa menambahkan tripod agar foto yang diambil bisa lebih stabil. Tanpa perlu repot, hasilnya bisa langsung di-upload di media sosial Instagram, TikTok, atau Snapchat.

Tags: , , , , ,


COMMENTS