October 28, 2022

Xiaomi Luncurkan Redmi A1, Bawa TKDN Paling Besar 40,3 Persen

Penulis: Desmal Andi
Xiaomi Luncurkan Redmi A1, Bawa TKDN Paling Besar 40,3 Persen  

Mobitekno – Xiaomi kembali melakukan inovasinya dalam menghadirkan produk smartphone. Kali ini, Xiaomi menghadirkan Redmi A1, smartphone entry level yang dapat mendukung aktivitas masyarakat Indonesia sehari-hari dengan harga yang terjangkau. Memanfaatkan hari Sumpah Pemuda, Xiaomi ingin smartphone ini menjadi perangkat ideal bagi seluruh lapisan masyarakat Indonesia.

Ada yang menarik dari produk baru ini, yaitu tingkat kandungan lokal (TKDN) yang mencapai angka 40,3%. Hal ini tentunya bisa menjadi standar baru sebuah smartphone yang ditujukan untuk masyakarat Indonesia. Selain itu, desain kemasannya juga spesial karena hasil desain dari Xiaomi Fans asal Yogyakarta, yaitu Sigit Styo Nugroho.

“Xiaomi meyakini bahwa semua masyarakat di dunia berhak menikmati inovasi teknologi, oleh karena itu Redmi A1 hadir di Indonesia guna memberikan akses bagi seluruh lapisan masyarakat dalam mengakses teknologi yang dapat memengaruhi kehidupannya sehari-hari menjadi lebih baik,” kata Direktur Xiaomi Technology Indonesia Manish Dang.

Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) sebesar 40,3% ini tidak lain berkat adanya aspek manufaktur seperti penyediaan mesin produksi, penggunaan tenaga kerja lokal, penambahan proses SMT untuk perakitan PCB. Selain itu ada juga dukungan software secara lokal dan pengembangan aplikasi yang bekerjasama dengan mitra lokal.

20221028 103910
Xiaomi redmi A1

Sebagai smartphone yang diharapkan bisa menjadi produk ideal, Redmi A1 membawa baterai besar 5.000mAh dengan dukungan fast charging 10W, dan tersedia dalam paket penjualannya. Performanya ditenagai prosesor octa core dari MediaTek yang mendukung jaringan 4G dengan kecepatan hingga 2.0GHz. memorinya sudah menggunakan LPDDR4X + eMMC 5.1 dengan teknologi ekspansi RAM. Smartphone ini juga dapat mengaktifkan dua SIM Crd secara bersamaan dan memiliki slot MicroSD hingga 1TB.

Untuk kebutuhan foto dan video, Redmi A1 dibekali juga dengan dual camera yang terdiri dari kamera utama 8MP dan kamera depan 5MP dengan teknologi AI. Layarnya berukuran 6,52 inci resolusi HD+. Sementara sistem operasinya menggunakan Android Go berbasis Android 12.

Untuk pasar Indonesia, Xiaomi Redmi A1 dibanderol dengan harga Rp 1.149.000 untuk varian 2GB + 32GB dengan ekspansi RAM hingga 2GB. Sementara varian satunya lagi yaitu Rp 1.249.000 untuk 3GB + 32GB dengan ekspansi RAM 2GB. Produk ini akan dijual perdana pada 4 November 2022.

20221028 103003
Peluncuran Xiaomi redmi A1 dengan desain kemasan yang unik

Kerjasama dengan Telkomsel

Dalam memasarkan Xiaomi Redmi A1 ini, Xiaomi juga melakukan kerjasama dengan Telkomsel untuk menunjang paket data di dalamnya. Bundling dengan Telmosel ini berupa paket data terjangkau BundlingMax dengan kuota hingga 8GB+3GB dan mulai dari harga Rp 30 ribu.

Kerjasama dengan pihak Telkomsel ini juga sekaligus memperkuat komitmen keduanya untuk menyediakan akses terhadap teknologi bagi seluruh lapisan masyarakat Indonesia karena Telkomsel baru-baru ini telah melakukan peningkatan layanan jaringan 3G ke 4G di 19 kota atau kabupaten yang tersebar di Sumatra, Kalimantan, Maluku, dan Jawa Tengah.

Tags: , ,


COMMENTS