September 28, 2022

Hands-On ROG Phone 6 Series, Performa Kencang dengan Fitur Gaming yang Lengkap

Penulis: Desmal Andi
Hands-On ROG Phone 6 Series, Performa Kencang dengan Fitur Gaming yang Lengkap  

Mobitekno – ASUS ROG Phone 6 series telah hadir di Indonesia sejak 21 September 2022. Tentunya seri terbaru ini memiliki performa yang lebih buas dibandingkan sebelumnya karena menggunakan prosesor kencang Qualcomm Snapdragon 8+ Gen 1. Ada dua varian yang masuk pasar Indonesia, yaitu ROG Phone 6 dan ROG Phone 6 Pro. Walau menggunakan prosesor yang sama, tetapi ada perbedaan di sisi fitur antara ROG Phone 6 dan ROG Phone 6 Pro. Namun, sebagai gaming phone, keduanya memiliki sistem pendinginan terbaru GameCool 6 dan layar 165Hz yang dapat menghadirkan pengalaman gaming tanpa yang lebih luas.

ROG Phone 6 sendiri hadir dalam varian RAM 8GB + 256GB serta 12GB + 256GB. Dan untuk ROG Phone 6 Pro tampil lebih gahar lagi dengan kapasitas memori 18GB + 512GB. Mobitekno mendapatkan kesempatan untuk melakukan hands-on pada produk ini dan mencoba bermain game yang ada di dalamnya. Berikut ini ulasannya.

ASUS ROG Phone 6 Series

Kelengkapan

ASUS ROG Phone 6 series hadir dengan item-item pendukung yang lengkap. Dalam kemasannya, selain mendapatkan perangkat smartphone ROG Phone 6 Series, mereka juga mendapatkan aksesori pendukung lainnya, seperti Hypercharge Power adapter, kabel data type C, hingga aero case.

Kemasan ROG Phone 6 Series

Desain

Dari sisi desain, perangkat ini tampil cukup elegan dan trendi. Ini penting untuk sebuah smartphone gaming karena tentunya akan dilihat oleh orang di sekitarnya ketika pengguna sedang memanfaatkannya bermain game. Jika dilihat secara detail, bagian tepi-tepinya dibuat membulat. Desain ini membuat tangan terasa lebih nyaman untuk menggenggamnya. Kemudian di bagian belakang juga tampil dengan desain ciamik khas ROG dengan tampilan ROG Vision. Bagian belakang ini juga sudah dilindungi oleh proteksi Gorilla Glass 3. Ini berbeda dengan bagian layar yang sudah menggunakan Corning Gorilla Glass Victus.

Hadir dalam dua pilihan warna yaitu Storm White dan Phantom Black, keduanya memiliki karakter desain yang berbeda. Pilihan Storm White pada ROG Phone 6 memiliki panel belakang kaca frosted. Sementara untuk Phantom Black memiliki logo ROG yang dapat menyala, berpadu dengan efek gradien yang enak dipandang.

Untuk varian ROG Phone 6 Pro, pilihan Storm White juga memiliki panel belakang kaca frosted dan layar PMOLED ROG Vision yang memiliki daya tarik tersendiri. Layar PMOLED ini dapat menampilkan grafik yang dapat disesuaikan dengan skenario yang pengguna tetapkan. Jadi, PMOLED ini bisa bereaksi saat ada panggilan masuk, memulai game, mengisi daya, memasuki mode X, dalam animasi-animasi menarik. ASUS bahkan telah menambahkan 60 animasi baru ke tampilan ROG Vision di ROG Phone 6 Pro ini.

ROG Vision

ASUS ROG Phone 6 series ini juga hadir dengan layar lega 6,78 inci AMOLED dengan sertifikasi HDR 10+. Layar depannya mampu mencapai tingkat kecerahan (brightness) hingga 800 nits, sehingga semakin mantap saat digunakan di bawah paparan sinar matahari. Refresh rate-nya hingga 165Hz. Gamers pun bisa menikmati permainan dengan lebih nyaman untuk mata. Selain 165Hz, smartphone ini juga menyediakan pilihan refresh rate 144Hz, 120Hz, 90Hz, 60Hz dan mode auto yang dapat menyesuaikan dengan tampilan game.

Untuk kenyamanan sentuhan jari di layar, ROG Phone 6 series juga memiliki touch sampling rate 720Hz dan touch latency hanya 23ms. Ini membuatnya tak hanya cepat, tetapi juga membuat permainan lebih lancar karena respon yang cepat dari sentuhan jari.

Fitur dan Performa

Salah satu yang menjadi ciri khas ROG Phone series adalah fitur game yang ada did alamnya. Pada ASUS ROG Phone 6 series ini juga menggunakan dashboard Game Genie yang sudah melegenda. Namun kali ini ASUS telah melakukan peningkatan fungsi. Game Genie akan aktif secara otomatis saat pengguna memainkan game, dan bisa diakses dengan mudah hanya dengan melakukan swipe di sudut atas layar.

Di dalam Game Genie sendir terdapat banyak fungsi, seperti shortcut ke Armory Crate, fitur blokir notifikasi dan panggilan masuk, setting untuk mengubah brightness secara mendadak, mengubah refresh rate, melepaskan RAM yang tidak digunakan oleh aplikasi di latar belakang, mengaktifkan perekam layar, hingga melakukan pencarian di internet tanpa harus meninggalkan permainan.

Dalam Game Genie juga terdapat fitur Key Mapping. Key Mapping akan memetakan dan mensimulasikan ketukan di layar dan gestur gerakan ke tombol fisik pada gamepad atau mouse dan keyboard. Fitur ini bekerja dengan game apapun sehingga pengguna akan memiliki keunggulan kompetitif apapun game yang dimainkan.

Satu fitur khas lagi adalah X Mode. Saat diaktifkan, baik melalui quick menu di Armory Crate Console maupun penekanan dua Air Triggers dalam posisi portrait, semua ikon yang ada akan memiliki cincin merah dan wallpaper ROG akan aktif. Logo ROG juga menyala di bagian belakang.

Karena menggunakan prosesor Snapdragon 8+ Gen 1, sudah tentu smartphone ini memiliki performa buas. Dibandingkan dengan pendahulunya, Snapdragon® 8+ Gen 1 menghadirkan kecepatan clock CPU ultra-cepat hingga 3,2 GHz. Kinerja CPU dan GPU 10 persen lebih tinggi. Efisiensi daya CPU juga meningkat 30 persen. Untuk meminimalisir bottleneck, ROG Phone 6 diperkuat RAM LPDDR5 hingga 18GB dan penyimpanan SSD UFS3.1 hingga 512GB.

Hasil pengujian untuk beberapa skenario juga menunjukkan hasil memuaskan. Pengujia Antutu 9.3.8 saat X Mode aktif bahkan mencapai 1.123.010. Ini menjadikannya sebagai smartphone paling joss atau bertenaga untuk saat ini.

Diuji dengan bermain Genshin Impact, performanya luar biasa. Jika dimainkan tanpa cooler selama 60 menit, kecepatannya bisa mencapai 59,39 fps, temperatur 480C dan efisiensi power 5,88 W. Bila dimainkan dengan AeroActive Cooler 6 selama 60 menit tapi tanpa power eksternal, ASUS ROG Phone 6 series mencapai kecepatan 59,73 fps, temperatur 43,30C dan efisiensi power 10,2 W. Sementara dengan power eksternal, ia mampu mencapai 59,77 fps, dan temperatur 39,90C.

AeroActive Cooler 6 dapat bikin smartphone tidak cepat panas

Kehadiran AeroActive Cooler 6 memang akan mengoptimalkan pembuangan panas dan meningkatkan kinerja smartphone ini. Sebab AeroActive Cooler 6 yang baru memiliki Thermoelectric AI Cooling System terintegrasi, berbasis chip Peltier di dalam cooler. Cooler dapat memilih mode pendinginan optimal tergantung pada suhu CPU. Misalnya, saat memainkan game yang berat, cooler akan menyalakan chip pendinginnya untuk menghasilkan pendinginan yang optimal.

Kesimpulan

Dengan hasil-hasil tadi, membuat ASUS ROG phone 6 series menjadi smartphone gaming paling layak untuk dimiliki gamers saat ini, terutama bagi mereka yang menginginkan perangkat smartphone gamng yang tidak hanya memiliki performa kencang, tetapi juga desain enak dipandang.

Performa gaharnya juga menjadikan ROG Phone 6 series sebagai smartphone gaming tercepat untuk saat ini. Produk ini mampu memainkan game-game berat dengan performa gahar dan konsisten. Apalagi dilengkapi dengan teknologi pendinginan yang mengagumkan.

Layarnya yang lega dengan kemampuan refresh rate hingga 165Hz membuat mata menjadi lebih nyaman saat melihat tampilan game yang berjalan. Pengalaman visual pun menjadi lebih luas. Ditambah dengan dashboard Game Genie yang legendaris membuat gamer memiliki keunggulan kompetitif di semua game yang sedang dimainkan.

Permainan pun semakin nyaman berkat dukungan baterai besar 6000mAh dalam format dual cell. Sistem pengisian dayanya juga menggunakan adapter Hypercharge 65W sehingga tidak perlu menunggu wa ROG Phone 6 series tersedia dalam dua warna, Phantom Black dan Storm White. Pelanggan dapat memesan dengan sistem pre-order. ROG Phone 6 tersedia dengan harga Rp10.999.000 untuk varian 8GB/256GB dan Rp13.999.000 untuk varian 12GB/256GB serta ROG Phone 6 Pro untuk varian 18GB/512GB dengan harga Rp18.999.000. Selama periode pre-order, pelanggan berkesempatan mendapatkan item bundling spesial atau Aero Active Cooler 6 secara gratis dengan jumlah terbatas ditambah dengan 6 bulan garansi ekstra. Pre-order ini tersedia secara eksklusif di: Erafone, Eraspace, Urban Republic, ROG Store, ASUS Exclusive Store, ASUS Authorized Dealers, dan mitra e-commerce eksklusif kami, JD.ID.

Terdapat juga kegiatan dan promosi spesial yang dihadirkan pada rangkaian kegiatan Consumer Launch di Central Park Mall, Jakarta pada tanggal 21-25 September 2022. Pelanggan yang melakukan pre-order di kegiatan consumer launch ini akan mendapatkan tambahan eksklusif merchandise dari kolaborasi ROG X ONIC Esports. Selain itu, terdapat beberapa kegiatan menarik lainnya, seperti Talk Show dan Gaming Coach bersama ONIC Esports Team, Meet and Greet dengan ROG Goddess, RRQ Hide Esports team, Gaming Battle, turnamen Call of Duty Mobile dan Free Fire, serta aktivitas dengan hadiah-hadiah menarik lainnya.ktu lama untuk terisi kembali secara penuh.

 

Tags: , , , ,


COMMENTS