September 28, 2022

Begini Kontribusi tiket.com pada Ajang World Tourism Day di Bali

Penulis: Rizki R
Begini Kontribusi tiket.com pada Ajang World Tourism Day di Bali  

Mobitekno – Indonesia resmi menjadi tuan rumah World Tourism Day atau Hari Pariwisata Sedunia Selasa (27/9) di Bali, Indonesia. Keputusan ini telah disahkan pada tanggal 30 November 2021 ketika Sidang Majelis Umum ke-24 Organisasi Pariwisata Dunia (UNWTO) berlangsung di Madrid, Spanyol.

Mengangkat tema Rethinking Tourism, ajang Hari Pariwisata Sedunia jadi salah satu pemicu kebangkitan pariwisata nasional yang mengarah ke pariwisata berkualitas dan berkelanjutan, serta berdampak positif ke lapangan pekerjaan dan komunitas sekitar.

Tiket.com turut berkontribusi dengan melakukan serangkaian kegiatan berskala nasional dan internasional bersama para pemangku kepentingan pariwisata dalam rangka memanfaatkan momentum Hari Pariwisata Sedunia 2022 ini.

Gaery Undarsa, Co-Founder dan Chief Marketing Officer, tiket.com, menyatakan, “Kami merasa bangga karena dipercaya untuk turut berkontribusi dalam ajang selebrasi Hari Pariwisata Sedunia bersama Kemenparekraf. tiket.com terus membina hubungan dengan para pemangku kepentingan pariwisata agar dapat bersama-sama mencari solusi unggul bagi industri pariwisata semasa pandemik,”

“Momentum ini tidak hanya sebuah selebrasi, namun juga jadi momentum yang patut dioptimalkan secara bijak, sehingga berdampak positif bagi semua pelaku dan penggiat pariwisata.” kata Gaery.

Dalam rangka selebrasi World Tourism Day 2022, tiket.com menjalankan serangkaian kegiatan baik tingkat nasional dan internasional. Di tingkat internasional, tiket.com ditunjuk oleh Kemenprekraf RI menjadi Official Travel and Transportation Partner World Tourism Day 2022 dalam ajang World Tourism Day 2022.

Tiket.com ditunjuk untuk memimpin para undangan delegasi internasional dalam kegiatan bertajuk “Magical Bali, Wonderful Indonesia Tour”, yang bertujuan mempromosikan wisata dan berbagi pengetahuan mengenai budaya Bali. Tur ini akan membawa delegasi untuk mengunjungi Desa Wisata Penglipuran (Kabupaten Bangli), menikmati keindahan alam di Kintamani dan hiburan Tari Kecak di Uluwatu sembari menikmati sunset.

Mitra-mitra tiket.com seperti desa wisata, penyedia jasa transportasi darat, hingga atraksi tari Kecak turut menjadi bagian dalam tur yang telah dirancang sedemikian rupa oleh tiket.com bersama Kemenparekraf, sehingga mitra tersebut mendapatkan kesempatan promosi yang langka dan berharga karena dinikmati oleh rombongan delegasi internasional terpilih.

Sandiaga Uno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, menjelaskan, “Masa-masa ini adalah waktu yang tepat untuk menggencarkan pembangunan pariwisata dengan kolaborasi dan kemitraan antara para pemangku kepentingan. World Tourism Day menjadi saksi pentingnya kolaborasi guna mencapai tujuan yang serupa, yaitu pemulihan industri pariwisata yang mantap dan berkelanjutan. Rethinking Tourism merupakan wadah sempurna untuk menyatukan ragam pemikiran dan mencari solusi cerdas guna memulihkan pariwisata nasional.”

“Dengan perayaan World Tourism Day ini, mari kita lanjutkan perkembangan melalui penyesuaian kebijakan untuk menghadapi tantangan di depan mata. Mari kita bangun kondisi sosio-ekonomi masyarakat secara komprehensif dengan tujuan peningkatan taraf hidup masyarakat, kebangkitan ekonomi dan penciptaan lapangan kerja. Target kami adalah penciptaan 1,1 juta lapangan kerja di tahun 2022 dan 4,4 juta lapangan kerja di tahun 2024,” tegas Sandi.

Pada hari yang sama di Jakarta, tiket.com akan berpartisipasi dalam sebuah acara tingkat nasional, yaitu Jejaring Lokal Keren, yang merupakan kegiatan akbar dari Indonesia Creative Cities Network, yang bertujuan mengumpulkan 200 jejaring kota/kabupaten se-Indonesia untuk menginspirasi inisiatif dan kemitraan guna dorong pendekatan inklusif dan holistik dengan mengedepankan inovasi, digitalisasi, dan modalitas budaya sebagai kunci pokok akselerasi pemulihan ekosistem pariwisata.

Seminar bertema ‘Inclusively Creative: A Global Recovery’ dimana Dimas Surya Yaputra, Co-Founder & Chief Commercial Officer, tiket.com, akan berbicara di hadapan para peserta yang terdiri dari para decision makers pariwisata nasional mengenai best practices tiket.com dalam menavigasi rintangan yang disebabkan oleh pandemi hingga persiapan sambut influx di masa pasca pandemi.

Kemudian, di tingkat daerah, tiket.com juga akan melanjuti Multi Stakeholder Forum, sebuah lokakarya edukatif hasil kerjasama dengan Kemenparekraf RI bagi para pelaku, penggiat, dan pebisnis pariwisata di kota Samarinda dan sekitarnya, yang bertujuan memberikan edukasi dan keterampilan dalam mengoptimalkan usaha pariwisata dengan pemanfaatan pemasaran digital. Samarinda merupakan kota ke-lima tahun ini, dimana sebelumnya tiket.com sudah menggelar kegiatan ini di Belitung, Banyuwangi, Tanjung Bira, dan Bogor.

“Hari Pariwisata Sedunia menjadi momen sempurna untuk mengobarkan semangat semua pemangku kepentingan agar bahu membahu sambut potensi kebangkitan dunia pariwisata Indonesia,” pungkas Gaery.

Tags: , , , , ,


COMMENTS