January 28, 2022

Versi Beta Pertama iOS 15.4 Perkenalkan Fitur Face ID Dukung Wajah Bermasker

Penulis: Iwan RS
Versi Beta Pertama iOS 15.4 Perkenalkan Fitur Face ID Dukung Wajah Bermasker  

Mobitekno – Apple telah membagikan versi beta pertama sistem operasi iOS 15.4 dengan sejumlah fitur baru menarik, diantaranya fitur Face ID yang mendukung penguna yang memakai masker dan. Selain itu, masih ada sederet fitur baru lainnya, seperti Universal Control, koleksi emoji baru, Personal Automations untuk shortcuts, Apple Card Widget, kontrol keyboard brightness, iCloud Keychain Notes, dan dukungan aplikasi untuk refresh rate 120Hz di iPhone 13 Pro.

Dukungan untuk wajah bermasker menjadi fitur Face ID baru yang paling relevan saat ini terkait masih masih perlunya pengguna mematuhi prokes di tempat umum (public places). Dengan fitur ini, pengguna tidak perlu lagi membuka masker saat ingin membuka layar iPhone.

Apple iOS 15.4 01

Menurut Apple, fitur tersebut bekerja dengan mendeteksi ciri unik di sekitar mata untuk tujuan autentikasi biometrik. Apabila ingin mengaktikan atau menggunakan fitur, pengguna perlu melakukan proses pemindaian ulang wajah untuk Face ID. Selanjutnya Face ID akan dapat dapat digunakan membuka layar iPhone yang terkunci meski pengguna masih mengenakan masker.

Opsi baru “Use Face ID with a Mask” yang terdapat di menu “Setting | Face ID & Passcode” ini dapat diaktifkan atau dinonaktifkan kembali jika diinginkan pengguna. Selain fitur ini, Apple juga menambahkan fitur “Add Glasses” agar pemindai Face ID bisa lebih akurat mendeteksi pengguna yang memakai kacamata dan masker pada saat yang bersamaan.

Perlu diketahui, Apple tetap mengingatkan bahwa pengaturan Face ID yang paling akurat adalah dengan pengenalan wajah penuh (full-face) dan fitur ini tidak berlaku untuk pengguna yang mengenakan kacamata hitam.

Face ID dengan dukungan masker ini juga dapat melakukan autentikasi pembayaran Apple Pay dan dapat digunakan sebagai pengganti login dan kata sandi di aplikasi yang mendukung Face ID, tidak seperti fitur Face ID yang ada pada Apple Watch sebelumnya.

Untuk saat ini penggunaan Face ID dengan masker hanya bekerja pada model iPhone 12 atau iPhone 13 dan belum dapat digunakan untuk model iPhone 11 atau yang lebih lama saat ini.

Apple iOS 15.4 02
Fitur Universal Control memungkinkan pengguna mengontrol Mac dan iPad menggunakan keyboard dan mouse/trackpad yang sama.

 

Fitur lainnya yang juga menarik bagi pengguana iPad dan MacOS device adalah Universal Control. Fitur ini membantu pengguna bekerja dengan mouse dan keyboard pada perangkat komputer Mac dan iPad. Pengguna dapat memindahkan dokumen, foto atau video antar komputer Mac dan iPad secara mudah.

Apple juga mengenalkan koleksi Emoji baru update iOS 15.4 Beta 1. Emoji versi 14 ini menambahkan 37 emoji baru dengan 75 detail berdasarkan warna kulit. Sehingga totalnya adalah 112 karakter baru. Beberapa karakter dan emoji baru diantaranya melting face, saluting face, face with open eyes, hand over mouth, face with peeking eye, face with diagonal mouth, dan dotted line face.

Apple iOS 15.4 03

Tags: , , , , , ,


COMMENTS