October 27, 2022

Dukung SDM Lokal, Pabrik OPPO di Periuk Mampu Serap 35% Pekerja Lokal Kota Tangerang

Penulis: Desmal Andi
Dukung SDM Lokal, Pabrik OPPO di Periuk Mampu Serap 35% Pekerja Lokal Kota Tangerang  

Mobitekno – Sejak Agustus 2022, OPPO telah memindahkan operasional pabriknya dari yang lama ke pabrik baru di Periuk, Kota Tangerang. Pabrik baru OPPO ini dibangun di atas lahan seluas 10 hektar. Dan menariknya, pabrik ini dapat menyerap ribuan tenaga kerja. Dalam merekrut tenaga kerja, OPPO Manufacturing Indonesia telah menjalin kerja sama dengan Bursa Kerja Khusus (BKK) Kota Tangerang yang menaungi sekitar 40 sekolah di wilayah kota Tangerang. Tenaga kerja yang diserap, 35% nya meliputi tenaga kerja pada wilayah kota Tangerang,

Salah satu tenaga kerja yang bergabung melalui proses perekrutan ini adalah Ernia Lestari, yang kini bekerja pada posisi operator produksi pada lini OPPO A17. “Aku tahu tentang perekrutan ini dari link di group chat yang dikirimkan pihak guru sekolah, ternyata link ini merupakan informasi rekrutment di pabrik OPPO. Saya langsung coba daftar untuk bergabung, selain tertarik karena pabriknya hp OPPO, jarak tempuhnya juga sangat dekat dari rumah ke pabrik,” ungkap Ernia di sela kunjungan media ke lini produksi OPPO A77s.

Ernia bertempat tinggal di Bayur, Kota Tangerang, tepatnya berada di sekitar Masjid Pintu Seribu yang lokasinya sangat dekat dengan lokasi OPPO Manufacturing Indonesia. Dalam merekrut karyawan, OPPO Manufacturing Indonesia berupaya  memprioritaskan warga sekitar Bayur untuk menjadi tenaga kerja, yang tentunya akan dilihat kesesuaian dengan kemampuan masing – masing. Secara luas, mengikuti instruksi Dinas Tenaga Kerja Kota Tangerang, , OPPO Manufacturing Indonesia juga memberikan kesempatan bagi tenaga kerja Kota Tangerang.

“Sesuai dengan permintaan Dinas Tenaga Kerja Kota Tangerang, kami diberikan mandat untuk memenuhi setidaknya 40% tenaga kerja dari kota Tangerang. Saat ini, posisi OPPO Manufacturing Indonesia telah memenuhi angka 35% tenaga kerja Kota Tangerang dari target yang diberikan, kami berupaya memenuhi angka tersebut pada perekrutan selanjutnya,” ujar Ziyad, HRD Manager OPPO Manufacturing Indonesia.

Ernia yang ditugaskan pada bagian pemasangan baterai cover perangkat OPPO A17 juga membagikan pengalaman dan suka duka yang ia rasakan saat bekerja di OPPO Manufacturing Indonesia.

“Lebih banyak sukanya daripada dukanya. Untuk sukanya, aku senang banget bisa keterima disini, karena jarak dari rumah ke pabrik juga dekat. Dan untuk dukanya, mungkin aku terpisah dengan teman-teman sekolah yang diterima bersamaan, mereka saat ini ditugaskan di lini produksi yang berbeda. Yang tidak terhitung adalah rasa bangga saat melihat produk OPPO A17 banyak digunakan masyarakat, itu hasil perakitan saya,” ungkap Ernia.

Ernia Lestari Pekerja Lokal Kota Tangerang
Ernia Lestari Pekerja Lokal Kota Tangerang

Untuk memanjakan para pekerjanya, pabrik baru OPPO ini juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas terbaik mulai dari fasilitas olahraga berupa lapangan sepak bola, mini soccer, running track, lapangan basket outdoor, voli, tennis meja, biliar hingga gym. Untuk fasilitas kesehatan, OPPO juga menyediakan klinik yang dapat dimanfaatkan oleh karyawan dan secara rutin melakukan pemeriksaan kesehatan tiap tahunnya. Fasilitas lain berupa kantin yang terdiri dari dua lantai yang mampu melayani 1.000 pekerja dan juga sarana ibadah berupa musholla yang mampu menampung 1.000 orang.

Tags: , , ,


COMMENTS