September 27, 2022

Pabrik Daur Ulang Tesla Gigafactory Berlin Hangus Dilalap Api

Penulis: Rizki R
Pabrik Daur Ulang Tesla Gigafactory Berlin Hangus Dilalap Api  

Mobitekno – Kebakaran terjadi di pabrik daur ulang Tesla Gigafactory Berlin pada Senin (26/9) dini hari. Divisi pemadaman kebakaran Tesla di Gigafactory Berlin dengan segera menelepon pemadam kebakaran kotamadya Grünheide, tempat pabrik itu berada untuk meminta bantuan.

Menurut laporan dari Märkische Oderzeitung, sebuah surat kabar lokal, setumpuk besar karton dan kayu terbakar di fasilitas daur ulang yang terletak di pabrik.

“Kebakaran terjadi pada Senin malam di tempat Tesla’s Gigafactory di Grünheide. Pemadam kebakaran kotamadya Grünheide dipanggil pada pukul 03.33 pagi oleh pemadam kebakaran pabrik Tesla. Tumpukan karton telah terbakar di lokasi tersebut. Menurut informasi dari kantor regional Oderland, beberapa pemadam kebakaran dari kotamadya Grünheide dan tangga putar dari Erkner digunakan,” tulis surat kabar itu.

Sekira delapan ratus meter kubik kertas, karton, dan kayu telah mengakibatkan api membumbung tinggi. Dilaporkan butuh berjam-jam dan 50 petugas pemadam kebakaran, termasuk 12 dari brigade Tesla sendiri untuk mengendalikan api pagi ini.

“Untungnya, tidak ada yang terluka dan api tidak merambat ke bagian lain dari pabrik,” lanjut surat kabar itu.

Atas kejadian ini, sejumlah penentang proyek Tesla Gigafactory Berlin menyerukan penghentian produksi akibat kebakaran.

Meskipun proyek tersebut disambut baik oleh penduduk setempat, ada sejumlah orang yang keberatan dengan Tesla yang mendirikan pabrik di lokasi tersebut. Alasannya, karena berdampak buruk terhadap lingkungan setempat dan terutama pada pasokan air minum.

Kini, salah satu kelompok yang masih melawan proyek tersebut menyerukan penghentian produksi segera atas kebakaran yang terjadi.

Salah seorang perwakilan kelompok penentang Steffen Schorcht, menegaskan, “Ketakutan terburuk kami menjadi kenyataan. Kami menuntut penghentian produksi sampai penyebab dan keadaan telah diklarifikasi,dan semua tindakan terkait keselamatan di area perlindungan air telah diterapkan,”

Hingga berita ini ditulis belum ada pernyataan dari Tesla terkait kebakaran yang melanda pabrik daur ulang mereka.

Tags: , , , ,


COMMENTS