January 27, 2022

Kulkas Samsung Family Hub Hadir di Indonesia, Bawa Ekosistem Pintar di Dalamnya

Penulis: Desmal Andi
Kulkas Samsung Family Hub Hadir di Indonesia, Bawa Ekosistem Pintar di Dalamnya  

Mobitekno – Dahulu mungkin hanya menjadi sebatas khayalan dimana sebuah perangkat di dapur bisa berinteraksi dengan penggunanya. Namun kini, berkat kemajuan teknologi serta inovasi yang tanpa batas hal tersebut sudah bisa diwujudkan. Salah satunya adalah produk kulkas yang diperkenalkan Samsung Electronics Indonesia pada hari ini, Kamis, 27 Januari 2022. Samsung memperkenalkan keluaga baru dari jajaran Home Appliance miliknya, yaitu kulkas pintar Family Hub yang bisa berinteraksi dengan perangkat pintar lainnya di rumah Anda.

“Saat ini Home Appliance tidak hanya menawarkan solusi, tetapi juga real life solution. Di Samsung, kami mengantarkan inovasi. Family Hub misalnya. Ini membuat kehidupan menjadi lebih mudah dan menyenangkan, real life solution. Dengan Family Hub, anggota keluarga bisa saling terhubung dan berkomunikasi dari dapur, sehingga bisa mempererat interaksi mereka,” ujar Simon lee, President Samsung Electronics Indonesia, saat meluncurkan Samsung Family Hub di Samsung Multi-Experience Store, Senayan Park, 27/1/2022.

Kulkas sendiri merupakan perangkat rumah tangga yang memiliki peran penting di dapur. Selain dapat menyimpan makanan agar tetap segar, peran kulkas juga bisa menjadi perangkat untukmenjaga kesehatan keluarga. Namun apa yang dilakukan Samsung menjadi selangkah di depan. Melalui Samsung Family Hub, Samsung menyuguhkan kulkas yang bisa berinteraksi dengan anggoa keluarga lainnya melalui ekosistem Samsung SmartThings.

presdir samsung
Simon lee, President Samsung Electronics Indonesia

“Mengapa perlu Family Hub? Hal ini karena Samsung membidik pasar kulkas ini untuk generasi milenial dan Generasi Z. Kedua generasi ini biasanya tidak hanya membutuhkan perangkat yang mudah, praktis, dan fun saja, tetapi manfaatnya tetap ada. Jadi, Samsung Family Hub ini bisa menjadi pusat dari seluruh anggota keluarga. Tidak hanya menawarkan kebanyakan fungsi kulkas untuk menjaga makanan tetap segar, tetapu dengan Family Hub bisa mengantarkan fungsi lainnya, seperti komunikasi keluarga, memasak dengan lebih mudah berkat adanya resep dari ekosistem kulkas, hingga entertainment,” kata Melvin Rubianto, Head of Home Appliances Product Marketing, Samsung Electronics Indonesia.

“Kulkas Samsung Family Hub tak ubahnya asisten pintar yang akan membantu Anda menjadi chef andal di rumah, membuat Anda senantiasa terhubung dengan keluarga, membangun mood saat memasak melalui musik atau serial favorit, dan menjadi bagian dari smart home hingga mampu terhubung dengan berbagai perangkat pintar lainnya di rumah, seperti smartphone andalan para konsumen. Benar-benar (ref)olutionary real-life solution,” lanjut Melvin.

Fungsi pintar di Samsung Family Hub

Samsung Family Hub ini memang berbeda dari kulkas-kulkas lainnya. Terhubung dengan ekosistem SmartThings, kulkas bisa berinteraksi dengan berbagai perangkat pintar lainnya di rumah. Sejumlah fitur menarik pun disematkan di dalamnya. Misalnya saja fitur memo yang dapat menggantikan cara klasik dalam meninggalkan pesan melalui stiker post it. Cukup dengan menuliskan di layar sentuh yang ada di pintu kulkas, catatan-catatan penting bisa tampil jelas dan bisa diketahui oleh semua anggota keluarga yang terhubung.

20220127 125531
Samsung Family Hub juga menawarkan fungsi SpaceMax dengan kompartemen yang lega

Selain itu, ada juga fungsi Calendar dimana semua anggota keluarga bisa melakukan sinkronisasi jadwalnya. Pengguna Family Hub bisa berbagi atau mengecek jadwal keluarga, memasukkan jadwal baru langsung di layar Samsung Family Hub atau di smartphone. Bahkan, di layar ini juga disediakan browser untuk mengakses berbagai website atau membaca berita terkini.  Sementara aplikasi lainnya seperti Spotify atau YouTube juga bisa di-install agar bisa menambah faktor fun di area dapur.

Bagi yang suka memasak, Samsung Family Hub menghadirkan fitur Smart Recipe. Fitur ini bisa merekomendasikan resep maakan yang sudah dikurasi terlebih dahulu. Sehingga bisa menyesuaikan dengan preferensi pengguna.

“Menariknya, di kulkas Family Hub ini bisa memfilter bahan masakan yang tidak diinginkan oleh salah satu anggota keluarga. Misalnya aku, alergi dengan produk diary, aku tinggal memasukkan bahan tersebut, maka kulkas tidak akan menampilkan bahan tersebut saat menampilkan resep. Ketika resep keluar, bahan tersebut tidak akan ada. Family Hub menjadi kulkas yang mengerti keinginanku,” ujar Anissa Aziza, seorang aktris Indonesia yang sudah merasakan kulkas Family Hub ini.

anissa
Melvin dan Anissa menginformasikan berbagai fitur pintar di Samsung Family Hub

Salah satu hal menarik lainnya adalah adanya fitur kamera. Dengan kamera ini, isi kulkas bisa dilihat dari perangkat smartphone. Dengan begitu, walau dari jarak jauh sekalipun, anggota keluarga bisa memeriksa isi kulkas. Jika ada bahan makanan yang kurang, mereka pun bisa membelinya dengan lebih mudah.

Bagian dari smart home

Di tengah tren smart home, Samsung melengkapi rangkaian smart home dengan kehadiran Samsung Family Hub. Kulkas Samsung ini juga mampu terhubung dengan sejumlah perangkat pintar di rumah kamu dengan aplikasi SmartThings. Mulai dari menyalakan atau mematikan smart device, men-setting, atau membatasi penggunaan listriknya.

Samsung Family Hub terbaru juga sudah terhubung dengan Bixby yang memungkinkan kamu melakukan perintah suara, mulai dari mengatur alarm sampai menyarankan resep.

20220127 125610
Dibekali kamera untuk melihat isi dalam kulkas Samsung Family Hub

Menariknya, walau kamu sedang sibuk memasak, kamu bisa tetap terhubung dengan orang lain. Takkan ada panggilan penting yang terlewatkan, sebab kulkas Samsung Family Hub bisa terhubung ke smartphone kamu melalui Bluetooth. Sehingga kamu bisa menerima panggilan atau melakukan panggilan melalui layar Family Hub.

Sebagai kulkas, Samsung Family Hub sudah dilengkapi berbagai teknologi inovatif, seperti SpaceMax Technology untuk menyimpan makanan dengan rapi dan tetap segar lebih lama. Teknologi ini memungkinkan dinding kulkas yang lebih tipis dengan insulasi tinggi, sehingga tersedia ruang yang lebih luas di dalamnya tapi pendinginannya tetap efisien sehingga hemat energi. Diperkuat dengan Digital Inverter Technology, kulkas pun bekerja dengan efisiensi tinggi, lebih senyap, dan tahan lama.

Samsung Family Hub tersedia di Samsung.com mulai tanggal 27 Januari 2022, dengan harga Rp29.999.000 dan selama periode promo dapatkan bonus langsung senilai total Rp2.799.000 berupa Samsung Galaxy M12 serta cashback senilai hingga Rp1.000.000. Tersedia juga cicilan 0% hingga 24 bulan dengan kartu kredit rekanan bank yang berpartisipasi. Promo ini berlaku mulai dari 27 Januari hingga 6 Februari 2022.

Tags: , , , ,


COMMENTS