October 26, 2022

Kemendikbudristek Bersama TikTok Berdayakan Kreator Lewat Kampanye #SerunyaBelajar Terbaru

Penulis: Karyo
Kemendikbudristek Bersama TikTok Berdayakan Kreator Lewat Kampanye #SerunyaBelajar Terbaru  

Mobitekno –  TikTok, kembali meluncurkan kampanye edukasi #SerunyaBelajar edisi terbaru. Mengusung semangat Hari Sumpah Pemuda yang kental akan persatuan untuk membawa perubahan positif, kampanye ini diharapkan dapat memperkuat semangat belajar mengenai topik apa pun dan di mana pun.

Diawali dengan penandatanganan Nota Kesepahaman dengan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek), kampanye tersebut akan dimeriahkan dengan berbagai kegiatan seru dan bermanfaat, termasuk pelatihan bootcamp untuk mengembangkan skill.

Kampanye #SerunyaBelajar berupaya untuk membuat belajar jadi lebih menyenangkan, sekaligus meningkatkan pengetahuan dan keterampilan individu, khususnya kaum muda dan komunitas TikTok.

Dukungan dari Kemendikbudristek dikukuhkan dengan penandatanganan Nota Kesepahaman antara kedua pihak.

Kolaborasi tersebutr pun menjadi wujud nyata TikTok dalam mewujudkan proses belajar yang seru, sekaligus menginspirasi para komunitas TikTok dalam rangka meningkatkan transformasi pendidikan di Indonesia, khususnya di sektor digital, di mana hal ini sejalan dengan salah satu visi besar Pendidikan Indonesia tahun 2035, yakni untuk membangun rakyat Indonesia untuk menjadi pembelajar seumur hidup yang unggul dan terus berkembang.

“Generasi muda membutuhkan wadah melalui sistem pembelajaran yang dapat mendukung potensi, kreativitas, dan kemampuan berpikir kritis. Program Merdeka Belajar dapat mendukung semua transformasi di sektor pendidikan yang didukung dengan pemanfaatan teknologi digital,” ungkap Plt. Kepala Biro Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat, Sekretariat Jenderal, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia, Anang Ristanto, Senin ( 24/10/2022).

Penandatangan Nota Kesepahaman TikTok dan Kemendikbudristek RI untuk Kampanye #SerunyaBelajar

“Melalui program #SerunyaBelajar yang diadakan oleh TikTok ini, kami berharap wadah tersebut dapat dimanfaatkan dengan baik oleh generasi muda untuk menggali potensi diri, tidak hanya di bidang akademik saja, namun juga kemampuan literasi digital yang baik,” ujar Anang Ristanto.

Sementara itu, Faris Mufid, Public Policy & Government Relations, TikTok Indonesia mengungkapkan bahwa kategori konten edukasi di bawah tagar #SerunyaBelajar terus meningkat di TikTok dan telah memiliki lebih dari 13 miliar views.

Hal ini menunjukkan adanya semangat belajar yang terus tumbuh di antara komunitas TikTok, “ ujar Faris.

“Di TikTok, kami melihat bahwa belajar merupakan kegiatan yang dapat dilakukan dengan cara menyenangkan, mulai dari belajar hal-hal akademik maupun non-akademik, sehingga generasi muda dapat terus menjadi agen perubahan dan penggerak sektor kreatif di Indonesia. Untuk mendukung hal tersebut, di kampanye #SerunyaBelajar kali ini.

Kami pun fokus untuk mengajak komunitas, khususnya generasi muda, untuk terus berkembang bersama,” jelas Faris

Kampanye #SerunyaBelajar terbaru menghadirkan rangkaian kegiatan seru untuk mendukung dan memberdayakan komunitas dalam menghasilkan karya kreatif dan positif di Indonesia. Kegiatan ini di antaranya:

  • Kompetisi #SerunyaBelajar. Kompetisi atau hashtag challenge bagi pengguna TikTok berusia minimal 18 tahun untuk berbagi konten edukasi, termasuk edukasi terkait food, kecantikan dan fesyen, olahraga, game dan lainnya
  • Bootcamp #SerunyaBelajar. Kegiatan pelatihan intensif untuk 100 kreator terbaik pemenang kompetisi #SerunyaBelajar pada 19 November 2022. Pelatihan ini akan diisi oleh sejumlah profesional diharapkan dapat membantu para kreator memaksimalkan platform digital untuk memberikan konten edukasi yang kreatif dan bermanfaat bagi Indonesia.
  • TikTok LIVE. Sesi diskusi bersama para pakar, acara memasak, hingga diskusi terkait fesyen dan kecantikan dari kreator TikTok.
  • Festival #SerunyaBelajar. Festival dengan berbagai kegiatan seru, diantaranya eksperimen sains dan DIY, sesi sharing dan diskusi bersama top kreator TikTok, hingga penampilan musik dari berbagai musisi yang akan diselenggarakan secara luring pada tanggal 19 November 2022 dan terbuka untuk umum.

Untuk menyebarluaskan semangat belajar para kaum muda ini, TikTok juga mengajak penyanyi, aktris, penggiat edukasi serta campaign ambassador dari #SerunyaBelajar, Mikha Tambayong; platform Sekolah.mu yang didirikan oleh praktisi pendidikan Najeela Shihab; serta dengan kreator Putih Abu-Abu dalam peluncuran lagu berjudul “Serunya Belajar” sebagai jingle resmi kampanye #SerunyaBelajar, untuk ikut menyebarkan semangat Sumpah Pemuda kepada komunitas muda TikTok dalam menghidupkan semangat belajar menjadi lebih seru di TikTok.

“Saya menyadari bahwa transformasi digital di era sekarang telah banyak membantu saya untuk belajar dan memperluas cakrawala saya sebagai generasi muda. Selaras dengan momentum Sumpah Pemuda, kita sebagai generasi muda dapat membawa perubahan positif,”  ujar Mikha Tambayong, Penyanyi, Aktris, Penggiat Edukasi, dan #SerunyaBelajar Campaign Ambassador

“Misalnya dengan meningkatkan pendidikan dan literasi digital, serta mendorong semua orang untuk selalu belajar karena belajar tidak selalu harus terkait dengan bidang akademik, tetapi kita dapat belajar dari apa saja dan di mana saja, termasuk di TikTok,” lanjut Mikha.

“Oleh karena itu hadirnya kampanye #SerunyaBelajar ini saya harap dapat menjadikan generasi penerus bangsa Indonesia lebih berkualitas dan berdaya saing dalam menghadapi globalisasi,” jelas  Mikha

 

 

Tags: , , ,


COMMENTS