March 25, 2022

Apple Sedang Berwacana untuk Hadirkan Layanan Berlangganan Produk iPhone

Penulis: Iwan RS
Apple Sedang Berwacana untuk Hadirkan Layanan Berlangganan Produk iPhone  

Mobitekno – Apple dikabarkan sedang mengembangkan layanan berlangganan untuk produk andalannya iPhone, sehingga konsumen dapat membayar ongkos lebih rendah daripada harus membelinya dengan harga penuh.

Menurut leakster terpercaya Mark Gurman dari Bloomberg, Apple ingin ‘mengikat’ konsumen dengan menghubungkannya dengan Apple ID yang biasanya digunakan untuk membeli aplikasi dan layanan Apple lain, seperti iCloud atau Apple Music.

Gurman mengatakan bahwa itu layanan berlanggan produk Apple ini mungkin akan mirip dengan layanan penyewaan/rental mobil, yang pendapatannya bersumber dari jasa untuk memfasilitasi pelanggan dapat menggunakan produk mahal dengan cara membayar biaya lebih rendah (ongkos pakai).

Jadi, layanan ini bukanlah program cicilan membeli produk dengan termin pembayaran dalam waktu yang ditentukan, melainkan biaya bulanan untuk menyewa yang tarifnya tergantung pada produk yang yang dipilih.

Kuntungan program atau layanan ini, pelanggan akan memiliki opsi untuk mengganti iPhone yang mereka pakai dengan model terbaru setiap tahun dengan biaya bulanan yang selama ini diterapkan. Opsi ini mungkin lebih menarik daripada harus membayar iPhone baru setiap kali ingin melakukan upgrade perangkat baru.

Apple dikabarkan telah mempertimbangkan program ini selama berbulan-bulan tetapi belum memberi keputusan final dan memilih untuk menawarkan program “beli sekarang, bayar nanti” untuk Apple Pay.

Menurut Gurman, layanan berlangganan iPhone mungkin akan dirilis pada akhir tahun ini, tetapi dapat ditunda hingga tahun depan atau mungkin saja malah dibatalkan. Belum ada yang dapat dikonfirmasi hingga saat ini karena Apple menolak berkomentar terkait rumor tersebut.

Program ini bisa saja menarik bagi mereka yang secara teratur membeli iPhone terbaru. Beberapa perusahaan atau organisasi ada yang lebih menyukai sistem rental produk hardware daripada harus membelinya. Ada beberapa keuntungan yang diperoleh, diantaranya lebih hemat anggaran, mudah meng-upgrade, lebih fleksibel sesuai kebutuhan, dan layanan purna jual yang lebil terjamin.

Tags: , , , ,


COMMENTS