February 25, 2022

Review realme 9 Pro, Flagship in Mid-Range dengan Performa Kencang dan Fitur Inovatif

Penulis: Desmal Andi
Review realme 9 Pro, Flagship in Mid-Range dengan Performa Kencang dan Fitur Inovatif  

Mobitekno – Kehadiran realme 9 Pro ini dilakukan di waktu yang sama dengan realme 9 Pro+. Jika realme 9 Pro+ lebih menonjolkan sisi fotografi, maka realme 9 Pro lebih mengarah ke performa. Hal ini disebabkan realme 9 Pro menggunakan prosesor Qualcomm Snapdragon 695 5G yang dibuat dengan teknologi 6nm. Namun, realme 9 Pro juga tetap membawa slogan Capture The Light, sama dengan realme 9 Pro+. Hal ini karena realme juga membawa fitur fotografi yang andal yang bisa digunakan di kombinasi tiga kamera utamanya.

Kehadiran realme 9 Pro ini juga menyasar ke anak-anak muda Indonesia yang aktif. Mereka yang membutuhkan sebuah perangkat smartphone dengan performa kencang untuk melakukan banyak hal, tetapi dengan harga yang terjangkau, serta desain kekinian. Oleh sebab iu, sisi performa yang ditonjolkan pada realme 9 Pro sangat pas dengan kebutuhan anak muda Indonesia. Berbagai aktivitas bisa dilakukan secara multitasking dalam realme 9 Pro. Dan semuanya tanpa lag.

Mobitekno mendapatkan kesempatan untuk menguji realme 9 Pro ini dalam beberapa minggu, bahkan dimulai sebelum peluncuran resminya. Kami membawa smartphone ini ke beberapa tempat menarik untuk mendapatkan gambar dan foto-foto yang menarik, untuk menguji fitur Street Photography 2.0 yang diusung realme 9 Pro ini. Kami juga menjadikan smartphone ini sebagai daily driver agar bisa merasakan kemampuannya saat digunakan untuk aktivitas rutin. Dan hasilnya bisa dibaca dalam ulasan Mobitekno berikut ini.

Material belakang bisa berubah warna

Kelengkapan

realme 9 Pro hadir dalam kotak kemasan berwarna kuning, ciri khas dari produk-produk realme selama ini, terutama yang mengusung edisi number series. Tidak perlu menunggu waktu yang lama, kami buka kotak kemasan realme 9 Pro ini. Dan inilah yang terdapat di dalam kotak kemasan penjualannya.

  1.       Satu unit smartphone realme 9 Pro dengan opsi warna Sunrise Blue berlayar 6,6 inci
  2.       Soft case transparan untuk perlindungan ekstra
  3.       Kabel USB Type C untuk proses pengisian daya dan transfer data
  4.       Adaptor yang mendukung 33W Dart Charge
  5.       SIM Card Ejector
  6.       Buku petunjuk singkat dan kartu garansi
Kelengkapan realme 9 Pro

Desain

Hadir dengan bentang layar 6,6 inci membuat smartphone ini terbilang besar di kelasnya. Layarnya menggunakan jenis IPS LCD dengan resolusi 2412 x 1080 piksel. Resolusi yang cukup besar sehingga dapat menampilkan detail gambar yang baik. Screen to body ratio-nya sekitar 84,4% membuatnya masih menyisakan area tipis berwarna gelap di setiap sisi layar. Yang menarik adalah layar realme 9 Pro sudah mendukung refresh rate 120HZ. Ini membuatnya realme 9 Pro bisa mendukung game-game yang juga sudah mendukung refresh rate yang sama. Namun, default-nya nilai refresh rate ini diatur secara otomatis antara 60Hz hingga 120Hz. Jika Anda ingin mematok di angka 120Hz saja, bisa diubah di menu Settings dengan memilih opsi “High” pada bagian Screen refresh rate.

realme 9 pro memiliki dimensi 164.3 x 75.6 x 8.5 mm dan bobot 195gram. Cukup ringan di smartphone yang memiliki layar 6,6 inci. Di sisi layar ini juga tersemat kamera selfie 16MP dengan desain punch hole, berada di sisi kiri atas layar. Setiap ujung layar juga didesain sedikit membulat, membuat kesan dinamis karena sisi luar pada bagian bodinya juga mengikuti alur membulat ini. Jadi, tidak ada kesan kaku yang terlihat pada realme 9 Pro ini.

sudut tidak kaku, nyaman digenaggam

Setelah di sisi layar, beralih ke empat sisi smartphone. Berbeda dengan kebanyakan smartphone yang menempatkan tombol power dan volume sejajar dalam satu area, realme 9 pro memisahkan kedua tombol tersebut. Tombol power berada di sisi kanan. Tombol power ini juga berfungsi sebagai pemindai sidik jari. Menurut Mobitekno, ada kelebihan tersendiri pemindai sidik jari ini diletakkan di sisi kanan smartphone karena akan lebih mudah memindai sidik jari saat smartphone sedang digenggam.

Tombol power yang juga berfungsi pemindai sidik jari

Di sisi sebaliknya, terdapat tombol volume. Posisinya berada di bawah slot SIM Card. realme 9 Pro menggunakan jenis Hybrid SIM tray, dimana satu posisi Nano SIM Card bisa juga sebagai tempat memori tambahan.

Untuk sisi bawah, terdapat port USB type C yang diletakkan persisi di tengah-tengah. Port ini diapit oleh lubang microfon yang berada di sisi kiri dan speaker di sisi kanan. Sementara paling kiri terdapat port audio 3,5mm. Jadi, realme 9 Pro masih memikirkan para konsumennya yang menggunakan wired headphone.

Sisi atasnya hanya terdapat lubang mikrofon untuk membantu proses audio saat digunakan berkomunikasi. Selebihnya, tidak ada tombol atau fungsi lainnya.

Sisi bawah realme 9 Pro

Di bagian belakang, terdapat tiga kamera utama yang terdiri dari kamera utama 64MP, kamera ultra-wide 8MP, dan kamera makro 2MP. Ketiga kamera ini ditemani satu lampu flash untuk membantu pencahayaan dalam melakukan aktivitas fotografi. Dan ketiga kamera ini diposisikan dalam satu area kotak yang sedikit menonjol di bodi belakang di bagian kiri atas. Logo realme jelas tercetak di bagian bawahnya.

Kamera utama realme 9 Pro

Ada yang menarik pada material bodi bagian belakang ini. realme mendesain khusus pada bagian ini dengan material premium, khas smartphone flagship. Mengusung konsep Light Shift Design, material bodi belakang realme 9 Pro dengan opsi warna Sunrise Blue ini ternyata bisa berubah warna. Coba saja letakkan di bawah paparan sinar ultraviolet dari matahari. Dalam waktu sekitar 3 detik saja, bagian belakang smartphone akan berubah warna dari biru menjadi agak kemerahan. Keunikan ini bisa menambah daya kreasi penggunanya. Letakkan bentuk-bentuk menarik yang bisa dibuat sendiri di bagian belakang saat smartphone diberi paparan sinar matahari. Ini akan membuat bagian tersebut tetap dengan warna aslinya. Jadi akan timbul desain menarik, mengikuti prinsip photochromic.

Fitur dan Performa

Setelah desain yang cukup menarik banyak orang untuk meliriknya, realme juga menyematkan banyak fiur di dalamnya, terutama di bagian kamera. Saat dinyalakan dan memasukkan akun Google ke dalamnya, tampilan dari realme UI 3.0 berbasis Android 12 langsung muncul di layar. Usap kanan, usap kiri, usap ke atas dan ke bawah, semuanya dapat dilakukan dengan lancar, tanpa lag. Ini tidak hanya berlaku saat smartphone masih dengan aplikasi bawaan saja. Saat kami sudah meng-install banyak aplikasi pun, navigasi tetap lancar dan mulus, tanpa hambatan.

Oya, di saat-saat awal, realme 9 pro juga menghadirkan dua opsi navigasi untuk smartphone. Pertama adalah berdasarkan gesture dimana proses back, melihat aplikasi sebelumnya, dilakukan dengan cara mengusap layar dari sisi kanan atau kiri atau bawah layar. Opsi yang kedua adalah berdasarkan tiga tombol khas, yaitu tombol home, recent, dan back. Kalau dari Mobitekno sendiri, kami lebih memilih opsi tiga tombol. Namun, untuk mengubah-ubah opsi ini, Anda bisa menemukannya di menu Settings. Cukup ketikkan kata kunci “System Navigation” saja.

Tampilan yang berbasis Android 12 ini juga menawarkan mode light dan dark. Namun, hal ini juga bisa diubah melalui menu notifikasi saat menarik bagian atas layar ke bawah pada bagian Ultra Vision Engine. Android 12 sendiri juga sudah membawa banyak fitur menarik, seperti Nearby share untuk melakukan proses transfer data dengan smartphone lainnya dengan lebih cepat. Salah satunya adalah Smart Sidebar yang bisa membantu akses banyak aplikasi dengan lebih cepat.

Khusus untuk para orangtua yang ingin realme 9 Pro-nya juga diakses oleh anak-anak, realme menyediakan fitur Kid Space. Ini adalah area khusus yang bisa melakukan banyak filter terhadap berbagai aplikasi yang terinstall di smartphone. Jadi, anak hanya bisa mengakses aplikasi-aplikasi yang sudah mendapat izin saja. Di Kids Space ini, melalui fungsi parental control, orangtua juga bisa memberi waktu akses serta bagaimana cara smartphone mengakses data, apakah dengan koneksi Wi-fi saja atau menggunakan mobile data juga.

realme 9 pro juga sudah membawa fitur NFC untuk membantu penggunanya dalam masalah transaksi keuangan non tunai.

Dari sisi performa, realme 9 pro menggunakan prosesor Snapdragon 695 5G yang dibuat dengan fabrikasi 6nm dan sudah mendukung konektivitas 5G. Mengandalkan arsitektur CPU Kryo 660 dan GPU Adreno 619, Snapdragon 695 mengusung Qualcomm AI Engine yang diproses oleh prosesor Hexagon Vector Extensions dan mendukung spektrum mmWave 5G.

realme juga dilengkapi fitur Dynamic RAM Expansion. Fitur ini menambah daya tarik realme 9 Pro karena bisa menambah kapasitas memori yang sudah ada sebesar 5GB lagi. Ini membuat pengoperasian banyak aplikasi menjadi lebih nyaman. Adapun, memori tambahan ini diambil dari ruang ROM yang tidak terpakai. Namun, sistem bekerjanya dijalankan secara otomati.

Beralih ke sisi yang banyak perhatian pengguna realme, kamera. Di sektor kamera, realme 9 Pro menggunakan tiga kamera di bagian belakang. Kamera utamanya yang berkemampuan 64MP ini memiliki aperture f/1.79. Kamera wide-angle yang berkemampuan 8MP juga dapat menangkap sudut tangkapan sebesar 119 derajat. Sementara kamera makro 2MP bisa menangkap objek-objek dengan jarak yang begitu dekat.

Performa kamera smartphone ini didukung oleh fitur unggulan Street Photography 2.0 yang terdiri dari mode Smart Long Exposure, Peak & Zoom dan 90’s Pop Filter yang memudahkan anak muda berkreasi dalam memotret hanya dalam satu klik. Kamera depan dari realme 9 Pro memiliki resolusi 16MP dan 79,3o wide-angle serta dukungan fitur Front Super Nightscape, Portrait Bokeh+HDR Selfie dan Portrait Bokeh+HDR Video yang menghasilkan foto dan rekaman video selfie lebih kaya akan detail dan warna.

Dengan bantuan AI, mode Street Photography pada realme 9 Pro bisa membuat hasil kamera lebih menarik. Gunakan mode ini, Anda bisa melakukan pengambilan gambar atau foto dengan hasil yang mengagumkan. Anda bisa menggunakan teknik foto Neon Trail, Light Trail, Rush Hour, atau Light Painting dengan kemampuan Long Exposure.

Mode Ultra macro juga bisa menangkap objek dengan detail dalam jarak yang pendek. Sementara mode dual video bisa digunakan untuk melakukan vlog, dimana dua kamera, baik depan maupun belakang bisa bekerja secara bersamaan. Mode-mode lainnya juga sangat menarik untuk dicoba, seperti Starry Mode, Slo-Mo, Time lapse, Tilt Shift, hingga Pro.

Terakhir pada bagian baterai. realme menyediakan baterai bertenaga besar, yaitu 5.000mAh. Baterai ini dapat bertahan lama hingga 581 jam dalam mode siaga. realme 9 Pro juga menjadi smartphone flagship performance di segmen menengah yang dilengkapi dengan pengisian daya 33W Dart Charge lengkap dengan VCVT Intelligent Tuning Algorithm dan 5 lapis sistem pengamanan cerdas (intelligent five-core protection system). Ini menambah kenyamanan pengguna dalam menggunakan smartphone realme 9 Pro.

Dari hasil pengujian tiga aplikasi benchmark. Hasilnya juga tinggi, melebihi kebanyakan smartphone-smartphone di kelas menengah. Bahkan, skor Antutu-nya bisa melewati 400.000. Tidak heran, jika realme menjulukinya, smartphone flagship in mid-range.

Hasil benchmark

Hasil foto

Spesifikasi

Tipe Realme 9 Pro
Dimensi / bobot 164.3 x 75.6 x 8.5 mm / 195gram
Layar 6,6 inci IPS LCD 120Hz, 2412 x 1080 piksel
Prosesor Snapdragon 695 5G (6 nm)
GPU Adreno 619
Opsi Memori 6GB/128GB dan 8GB/128GB
Memori Tambahan MicroSD
Jaringan 3G/LTE/5G
Kamera Utama 64MP main camera, 8MP Ultrawide, 2MP Macro
Kamera Selfie 16MP
Fitur NFC, Nearby Share, Fingerprint, USB On The Go, Bluetootth 5.1, Wi-fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual band, Dynamic RAM Expansion
Baterai 5.000mAh dengan 33W Dart Charge

Kesimpulan

Dengan harga yang ditawarkan realme dimana tidak sampai 4 juta rupiah, realme 9 Pro menjadi pilihan ideal untuk menemani aktivitas anak muda Indonesia sehari-hari. Performa kencangnya dari penggunaan prosesor Snapdragon 695 5G membuat smartphone ini bisa bekerja multitasking. Mulai dari bermain game hingga menikmati hiburan, bisa dilakukan tanpa lag.

Kemampuan kameranya juga tidak perlu diragukan. realme memberikan banyak fitur untuk sisi kamera ini. Mulai dari berbagai mode pengambilan gambar yang didukung teknologi AI hingga mode street photography 2.0 bisa dimanfaatkan untuk mengambil objek dengan hasil yang ciamik.

Desainnya yang tidak kaku dan mengadopsi Light Shift Design, membuat daya tarik tersendiri bagi realme 9 Pro. Hal ini karena warna yang berubah-ubah bisa menjadi identitas tersendiri bagi para pemilik realme 9 Pro. Ini adalah desain premium yang biasanya hadir di smartphone flagship berharga tinggi.

Dengan dua opsi memori, yaitu 6GB/128GB dan 8GB/128GB, menambah daya tarik anak muda Indonesia. Memorinya sudah besar, tetapi masih didukung teknologi Dynamic RAM Expansion yang bisa menambah kepasitas memori sebesar 5GB lagi.

 

Tags: , , ,


COMMENTS