February 24, 2022

Sediakan Platform Ramah Pengembang, Akamai Akuisisi Linode

Penulis: Rizki R
Sediakan Platform Ramah Pengembang, Akamai Akuisisi Linode  

Mobitekno – Akamai Technologies, Inc. (NASDAQ: AKAM), baru-baru ini mengumumkan bahwa mereka telah menjalin kesepakatan untuk mengakuisisi Linode, salah satu penyedia platform infrastructure-as-a-service (IaaS) yang paling mudah digunakan dan tepercaya.

Akamai telah menjadi mitra utama bagi para pemimpin dunia dalam industri ini selama beberapa dekade dengan mendukung dan melindungi aplikasi di multi-cloud dan multi-platform saat ini. Bersama dengan Linode, yang telah membuat penggunaan komputasi cloud sederhana, terjangkau, dan mudah diakses oleh pengembang, Akamai akan menjadi platform komputasi paling terdistribusi di dunia, mulai dari cloud hingga edge.

“Kesempatan untuk menggabungkan kemampuan komputasi cloud ramah pengembang Linode dengan layanan keamanan dan platform edge yang unggul di pasar milik Akamai adalah transformasional bagi Akamai,” kata Dr. Tom Leighton, chief executive officer dan salah satu pendiri, Akamai Technologies.

Leighton menjelaskan bahwa Akamai telah menjadi pelopor dalam bisnis komputasi edge selama lebih dari 20 tahun, dan saat ini perusahaan bersemangat untuk memulai babak baru dalam evolusi kami dengan menciptakan platform cloud yang unik dalam membangun, menjalankan, dan mengamankan aplikasi mulai dari cloud hingga edge.

“Ini sangat menguntungkan bagi pengembang yang kini dapat membangun aplikasi di sebuah platform yang memberikan skala, jangkauan, performa, keandalan, dan keamanan yang belum pernah ada sebelumnya.” ungkapnya.

Christopher Aker, pendiri dan chief executive officer Linode menambahkan, “Kami membangun Linode 19 tahun yang lalu untuk mendukung cloud yang lebih sederhana dan lebih mudah diakses. Seiring waktu, kami membangun platform komputasi cloud yang dipercaya oleh pengembang dan bisnis di seluruh dunia,”

Saat ini, para pelanggan tersebut menghadapi tantangan baru karena layanan cloud mencakup semua hal, termasuk komputasi, penyimpanan, keamanan, dan pengiriman dari inti hingga ujung.

Menyelesaikan tantangan tersebut membutuhkan integrasi dan skala yang luar biasa yang ingin disatukan oleh Akamai dan Linode bersama. Ini menandai babak baru yang menarik bagi Linode dan langkah maju yang besar bagi calon pelanggan saat ini dan pelanggan kami di masa mendatang.

Berdasarkan ketentuan dalam kesepakatan ini, Akamai telah setuju untuk mengakuisisi semua ekuitas Perusahaan Perseroan Terbatas Linode yang telah diterbitkan senilai sekitar $900 juta, setelah memperhitungkan penyesuaian harga pembelian.

Sebagai hasil dari penataan transaksi sebagai pembelian aset, Akamai berharap dapat menghemat pajak penghasilan tunai selama 15 tahun ke depan dengan perkiraan nilai saat ini bersih sekitar $120 juta. Transaksi ini diharapkan akan ditutup pada kuartal pertama tahun 2022 dan tunduk pada ketentuan penutupan biasa.

Untuk tahun fiskal 2022, akuisisi Linode diperkirakan akan memberikan pendapatan senilai $100 juta, dan sedikit meningkatkan EPS non-GAAP dalam rentang sekitar $0,05 hingga $0,06. Akamai akan menyediakan detail tambahan mengenai Linode, bersama dengan hasil keuangan Q4 dan akhir tahun 2021 dan panduan setahun penuh dalam panggilan pendapatannya pada 15 Februari 2022, pukul 16.30 ET atau 16 Februari 2022 WIB.

Tags: , , ,


COMMENTS