January 24, 2022

Upgrade Semua Layanan ke 4G, Telkomsel Mulai Tinggalkan 3G

Penulis: Rizki R
Upgrade Semua Layanan ke 4G, Telkomsel Mulai Tinggalkan 3G  

Mobitekno – Telkomsel sebagai salah satu operator seluler terbesar kini perlahan mulai meninggalkan 3G. Hal tersebut menyusul hadirnya 5G di Indonesia yang secara bertahap mendorong komitmen untuk membawa 4G merata ke seluruh pelosok Indonesia.

Informasi terbaru yang dibagikan Telkomsel menyatakan bahwa mereka secara bertahap melakukan upgrade seluruh layanan 3G ke 4G di sepanjang tahun 2022.

Langkah ini diklaim sejalan dengan arahan pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) RI untuk pengkajian penghapusan layanan 3G.

“Tahun ini, Telkomsel akan melakukan percepatan upgrade layanan jaringan 3G ke 4G/LTE sebagai kelanjutan komitmen kami selaku leading digital telecommunication company, untuk terus membuka peluang lebih luas bagi seluruh lapisan masyarakat,” ujar Direktur Utama Telkomsel Hendri Mulya Syam.

“Kami harap, langkah ini mampu mengoptimalkan lebih banyak potensi di berbagai wilayah melalui transformasi digital lintas sektor yang lebih terakselerasi, sehingga dapat memperkuat ekonomi digital nasional ke depan,” urainya.

Telkomsel mengklaim langkah yang diambil akan tetap mempertimbangkan kesiapan infrastruktur dan migrasi layanan hingga kualitas layanan yang diterima masyarakat pada setiap daerah.

Sementara itu, Direktur Network Telkomsel, Nugroho, mengatakan, “Telkomsel telah mempersiapkan seluruh action plan mulai dari persiapan teknis, sosialisasi kepada pelanggan, hingga tahapan mitigasi dengan optimal, guna memastikan proses upgrade layanan 3G ke 4G/LTE secara bertahap dan terukur,”

BTS

Nugroho menjelaskan bahwa penggunaan 4G/LTE untuk pelanggan ritel (B2C) dapat menyediakan pengalaman aktivitas digital yang lebih baik dibandingkan saat di jaringan 3G.

Maka proses upgrading layanan 3G ke 4G/LTE secara bertahap dan terukur ini juga akan diprioritaskan percepatannya di wilayah yang sudah memiliki pemanfaatan layanan 4G/LTE yang merata dan matang.

Telkomsel juga menyiapkan kemudahan bagi pelanggan untuk percepatan migrasi layanan. Telkomsel memberikan ragam pilihan saluran bagi pelanggan dalam melakukan upgrade kartu SIM non 4G ke uSIM 4G, baik secara online maupun offline yang dapat dilakukan dengan cepat dan mudah.

Tags: , , ,


COMMENTS