June 23, 2022

Bakal Hadir di 2025, Standar PCIe 7.0 Janjikan Bandwidth Hingga 4 Kali Lipat PCIe 5.0. Untuk Apa Saja?

Penulis: Iwan RS
Bakal Hadir di 2025, Standar PCIe 7.0 Janjikan Bandwidth Hingga 4 Kali Lipat PCIe 5.0. Untuk Apa Saja?  

Mobitekno – PCI Express (Peripheral Component Interconnect Express) yang biasanya disingkat PCIe atau PCI-E adalah standar koneksi untuk perangkat internal di komputer. Meski slot PCIe umumnya digunakan untuk graphics card (PCIe x16) dan SSD/storage card, slot ini juga dapat digunakan untuk berbagai expansion card lainnya, seperti network card, sound card, RAID controller card, video-capture card, TV-tuner card dan lain sebagainya.

Meskipun perangkat yang mendukung standar PCIe 5.0 (bandwidth throughput 32 GB/s), seperti NVMe SSD card baru saja hadir tahun ini, PCI Special Interesting Group (PCI-SIG) sudah melihat jauh ke depan. Kini, mereka telah mengumumkan standar PCIe masa depan PCIe 7.0 untuk digunakan di tahun 2025 nanti.

Pada acara PCI-SIG Developers Conference 2022 di California belum lama ini, versi spesifikasi PCIe masa depan sudah diumumkan. Hal ini dilakukan setelah konsorsium baru saja merilis spesifikasi akhir standar PCIe 6.0 pada bulan Januari lalu.

Seperti generasi sebelumnya, PCIe 7.0 menggandakan bandwidth pendahulunya (PCIe 6.0), dari 64 GT/s menjadi 128 GT/s, sama dengan throughput dua arah hingga 512 GB/s (sebelum memperhitungkan overhead dan efisiensi header) melalui jalur koneksi (lane) x16. Dengan kata lain, PCIe 7.0 akan menyediakan bandwidth maksimum hingga empat kali lipat dari PCIe 5.0.

Sebagai informasi, GB/s atau Gbps (gigabits per second adalah kecepatan data efektif PCIe sementara GT/s (gigatransfers per second) adalah kecepatan mentah (raw measure).

Spesifikasi baru akan menggunakan Flow Control Unit (FLIT) encoding mode 1b/1b dan didasarkan pada Pulse Amplitude Modulation dengan empat level (PAM4) yang diperkenalkan di standar PCIe 6.0. PCI-SIG juga menyatakan fokusnya pada peningkatan efisiensi daya sekaligus latensi rendah dan reliabilitas tinggi. Seperti sebelumnya, standar PCIe 7.0 akan kompatibel dengan semua generasi teknologi PCIe sebelumnya.

Pertanyaan klasiknya mungkin adalah apa manfaat atau peruntukan bandwidth besar tersebut? PCIe 7.0 diperkirakan akan diaplikasikan untuk 800G Ethernet, Artificial Intelligence, Machine Learning, cloud computing, dan quantum computing. Standar ini juga akan membantu sektor yang melibatkan data secara intensif, seperti hyperscale data center (AWS, Azure, Google Cloud, IBM), super komputer, HPC (High-Performance Computing), dan militer atau kedirgantaraan.

Meski spesifikasinya PCIe 7.0 akan mendarat pada tahun 2025, butuh waktu setidaknya 2-3 tahun untuk perangkatnya (expansion card) hadir di tengah konsumen. Selain perangkat PCIe 5.0 yang baru saja hadir tahun ini (didukung platform AMD Zen 4 dan Intel Alder Lake), perangkat berikutnya dengan standar PCIe 6.0 juga masih menunggu giliran hadir di pasaran.

Tags: , , , , , , ,


COMMENTS