April 23, 2022

Dapat Sertifikat TKDN, Samsung Bersiap Pasarkan Galaxy A13 5G di Indonesia

Penulis: Iwan RS
Dapat Sertifikat TKDN, Samsung Bersiap Pasarkan Galaxy A13 5G di Indonesia  

Mobitekno – Samsung cukup konsisten meluncurkan ponsel terbaru seri Galaxy A untuk pasar tanah air. Wajar, mengingat nilai pasar entry level yang menjadi sasaran seri ini dianggap Samsung Indonesia mencapai separuh nilai pasar total.

Meski segmen entry level Samsung juga dihuni oleh ponsel Samsung seri Galaxy M, keduanya menargetkan pasar berbeda meski berada di segmen yang sama.

Setelah resmi menghadirkan Galaxy A73 5G di Indonesia minggu lalu, Samsung juga diketahui sedang bersiap meluncurkan seri Galaxy A lainnya, yakni Galaxy A13 5G. Seri ini merupakan upgrade dari ponsel Galaxy A13 yang baru diluncurkan Samsung pada akhir Maret lalu.

Berdasarkan data yang diperoleh dari website P3DN Kemenperin, Galaxy A13 5G sudah masuk daftar atau mendapatkan sertifikat TKDN (Tingkat Komponen Dalam Negeri) untuk dipasarkan di Indonesia.

Galaxy A13 5G terdaftar di website P3DN dengan sertifikat 1153/SJ-IND.8/TKDN/4/2022 atas nama pemohon PT Samsung Electronics Indonesia.

Ponsel dengan nomor model Samsung SM-A136B ini diketahui sudah memilki spesifikasi 5G dan nilai TKDN sebesar 37.60 persen. Sejauh ini Samsung Indonesia belum memberikan konfirmasi resmi jadwal kehadirannya di Indonesia. Sejauh ini, Galaxy A13 5G sudah dirilis untuk pasar Amerika Serikat sejak Desember tahun lalu.

Selain sudah mendukung konektivitas 5G, ponsel ini juga menawarkan sejumlah peningkatan dibanding model 4G sebelumnya (Galaxy A13), seperti pada fitur kamera.

HP Samsung A13 5G mengusung layar Infinity V berukuran 6.5 inci (HD+, 720 x 1.600 piksel). Meski masih mengadopsi resolusi HD+, layar sudah mengusung adaptive refresh rate 120 Hz.

Ponsel ini mengadopsi desain layar notch (poni) berbentuk V di tengah atas untuk memuat kamera selfie (5 MP f/2.0). Sedangkan untuk kamera utama/belakang terdapat tiga kamera yang terdiri dari kamera utama 50 MP (f/2.8), kamera macro 2 MP (f/2.4), kamera 2 MP (depth sensor, f/2.4).

Untuk dapaur pacu, ponsel ini mengandalkan chipset MediaTek Dimensity 700 dengan RAM 4 GB dan internal storage 64 GB. Kapasitas baterainya tergolong besar (5,000 mAh) dan sudah mendukung fast charging (15W, USB-C).

Ponsel dengan satu speaker via standar jack audio 3,5mm ini dipasrkan di pasr AS dalam dua varian warna (black dan light green)seharga US$ 250 (sekitar Rp 3,5 juta). Kita tunggu saja berapa harga yang dipatok Samsung untuk pasar Indonesia.

Tags: , , ,


COMMENTS