December 21, 2022

SES Berhasil Luncurkan Dua Satelit mPOWER O3b Pertamanya ke Luar Angkasa

Penulis: Desmal Andi
SES Berhasil Luncurkan Dua Satelit mPOWER O3b Pertamanya ke Luar Angkasa  

Mobitekno – SES, perusahaan yang bergerak di solusi konektivitas konten global melalui satelit, belum lama ini mengumumkan bahwa dua satelit mPOWER O3b pertama telah berhasil diluncurkan ke luar angkasa. Dua satelit ini dibawa oleh roket SpaceX Falcon 9 dari Stasiun Angkatan Luar Angkasa Cape Canaveral di Florida, Amerika Serikat, pada 16 Desember 2022, pukul 17:48 waktu setempat.

Kedua satelit ini dibangun oleh Boeing dan dirancang khusus agar bisa memberikan kinerja yang belum pernah ada sebelumnya. Satelit memiliki muatan berbasis perangkat lunak pertama di jenisnya, yaitu O3b mPOWER. Ini adalah sistem orbit bumi menengah (MEO) generasi kedua SES. Pelanggan yang memanfaatkan O3b mPOWER bisa mengubah operasi mereka dan mendapatkan banyak keuntungan. Diantaranya adalah

  • skala tingkat terabit
  • throughput tertinggi, paling fleksibel, dan terjamin
  • latensi bolak-balik kurang dari 150 milidetik dan
  • ketersediaan layanan yang tak tertandingi.

“Lebih dari sekadar peluncuran lainnya, peluncuran satelit ini menandai tonggak berikutnya dari perjalanan MEO kami. Sejak memulai perjalanan ini, kami telah memberikan dampak positif bagi jutaan orang di seluruh dunia. Dengan O3b mPOWER generasi kedua, kami menghadirkan yang memberikan kombinasi unik throughput beberapa gigabit per detik di lokasi mana pun, jaminan keandalan, dan fleksibilitas layanan yang merupakan yang pertama di industri ini,” kata Steve Collar, CEO SES.

Ekosistem mPOWER O3b mudah diskalakan dan terdiri dari 11 satelit awal yang kuat, masing-masing dilengkapi dengan lebih dari 5.000 pancaran yang dibentuk secara digital, dan infrastruktur darat mPOWER O3b generasi berikutnya yang ekstensif. Hal ini memungkinkan SES untuk memenuhi kebutuhan konektivitas saat ini dan masa depan untuk pemerintah, operator jaringan seluler, perusahaan energi, kapal pesiar kelas dunia, dan perusahaan di seluruh dunia.

O3b mPOWER constellation 2
O3b mPOWER_constellation

Pelanggan utama yang telah mendaftar untuk O3b mPOWER termasuk Microsoft, Princess Cruises, Marlink, Jio Platforms, Orange, Claro Brasil, dan Vodafone Cook Islands yang baru diumumkan.

“Dari konsep menjadi kenyataan, ini adalah pencapaian yang luar biasa dari kemitraan dengan SES. Teknologi pertama di jenisnya sungguh luar biasa,” kata Jim Chilton, Wakil Presiden Senior Boeing Space and Launch.

“Beberapa bulan ke depan akan menjadi periode kolaborasi kritis lainnya saat kami mempersiapkan sembilan satelit berikutnya untuk diluncurkan dan memungkinkan satelit pertama ini memenuhi misi mereka untuk menghubungkan orang-orang di seluruh dunia.”

Layanan komersial O3b mPOWER diharapkan akan dimulai pada kuartal ketiga tahun 2023

Tags: , ,


COMMENTS