October 21, 2022

Intel Janjikan Thunderbolt Generasi Mendatang akan Lipatgandakan Bandwidth Hingga 120Gbps

Penulis: Iwan RS
Intel Janjikan Thunderbolt Generasi Mendatang akan Lipatgandakan Bandwidth Hingga 120Gbps  

Mobitekno – Belum lama ini Intel membagikan informasi terkait standar konektivitas Thunderbolt generasi berikutnya yang disebutnya sebagai The next generation of Thunderbolt. Intel belum memberikan nama resmi dan jadwal rilis Thunderbolt mendatang tersebut, meskipun interface untuk docking station dan berbagai perangkat eksternal ini mungkin akan dinamakan Thunderbolt 5.

Dari penjelasan Intel, Thunderbolt mendatang ini akan mendukung bandwidth dua arah (bidirectional bandwidth) hingga 80Gbps dan dapat mengirimkan data hingga 120Gbps. Janji peningkatan yang cukup signifikan. Meski masih prototipe awal, Intel mengatakan bahwa Thunderbolt mendatang ini selaras dengan spesifikasi USB4 v2 dari USB-IF yang baru-baru ini diumumkan.

Intel Thunderbolt 02

Di atas kertas, generasi Thunderbolt generasi mendatang Intel ini akan menjamin transmisi bandwidth dua arah hingga 80Gbps, bahkan 120Gbps pada kondisi tertentu. Ini berarti pada meningkat hingga dua kali lipat hingga tiga kali lipat dari standar Thunderbolt 4 (40Gbps) saat ini.

Selain mengusung kemampuan dan spesifikasi USB4 v2, Thunderbolt generasi mendatang juga dapat mendukung DisplayPort 2.1 yang baru dirilis. Untuk kecepatan transfer file, standari ini mampu mengirimkan data PCIe hingga dua kali lipat yang menjadikannya ideal untuk media penyimpanan yang lebih cepat atau menghubungkan kartu grafis eksternal GPU.

Intel Thunderbolt 04

“Intel selalu menjadi pelopor dan pemimpin industri untuk solusi konektivitas kabel, dan Thunderbolt saat ini telah menjadi port mainstream pada mobile PC dan terintegrasi pada tiga generasi Intel mobile CPU,” ujar Jason Ziller, GM Intel Client Connectivity Division.

“Kami sangat bersemangat untuk memimpin industri ke depan dengan generasi Thunderbolt berikutnya yang dibangun di atas spesifikasi USB4 v2, yang dikembangkan ke generasi berikutnya oleh Intel dan anggota Grup Promotor USB lainnya,” tambah Jason.

Intel Thunderbolt 03

Intel tidak secara khusus mengatakan kapan generasi baru Thunderbolt akan diluncurkan, tetapi melalui rilis resminya dikatakan bahwa konsumen akan dapat mengetahui lebih banyak mengenai merek, fitur, dan kemampuan standar Thunderbolt terbaru ini pada tahun depan.

Tags: , , , , , , , , , , ,


COMMENTS