March 21, 2022

Durasi Video TikTok Bisa 10 Menit, Yuk Bikin Konten Lebih Menarik dengan Kamera Galaxy S22 5G dan S22+ 5G

Penulis: Desmal Andi
Durasi Video TikTok Bisa 10 Menit, Yuk Bikin Konten Lebih Menarik dengan Kamera Galaxy S22 5G dan S22+ 5G  

Mobitekno – Pada awal-awal populernya platform video pendek TikTok, durasi video yang diberikan hanya selama 1 menit saja. Kemudian, seiring dengan semakin banyaknya pengguna dan semakin populernya aplikasi ini, terutama di masa pandemi Covid-19, durasi video TikTok pun semakin bertambah. TikTok pun membuatnya menjadi 3 menit. Dan kini, durasi yang diberikan semakin panjang, yaitu bisa untuk video berdurasi 10 menit. Dengan durasi yang cukup panjang ini, tentunya akan ada banyak ide menarik untuk membuat scene-scene video yang lebih baik. Pengguna pun bisa lebih bebas berekspresi. Oleh sebab itu, dibutuhkan kemampuan kamera smartphone yang mumpuni untuk mewujudkan hal ini. Dan, Samsung Galaxy S22 5G serta Galaxy S22+ 5G bisa menjadi solusinya.

 Samsung telah mengintegrasikan kamera terbaik pada kedua smartphone ini. Keberadaan pro-grade camera di Galaxy S22 5G dan Galaxy S22+ 5G tentunya bisa menghadirkan konten-konten epic.  Apalagi kemampuan menangkap gambar dan video ini juga sudah didukung kemampuan hardware dan software di dalamnya. Dari sisi hardware, Samsung memberikan kamera utama berkemampuan 50MP untuk kedua smartphone ini. Sementera kamera selfienya juga tidak kalah bagus, yaitu 10MP. Kemampuan kamera ini masih ditunjang oleh fitur Super Clear Glass dan Adaptive Pixel yang bisa membuat penggunanya merekam dengan lebih jelas dan detail, tanpa peduli intensitas cahaya yang berlebih. Hal ini tentunya bisa memberikan kesan positif saat pengguna memulai membuat konten foto atau video.

Nah, kemampuan dan keunggulan kamera di Galaxy S22 5G dan Galaxy S22+ 5G ini bisa membuat video TikTok lebih menarik karena bisa diisi dengan hasil tangkapan kamera yang aesthetic. Jadi, bagaimana memanfaatkan kamera-kamera ini untuk mendapatkan hasil visual yang ciamik? Berikut ini beberapa tipsnya.

1. Perbanyak shoot dan post di aktivitas harian

Seringkali momen-momen menarik didapat saat kita sedang beraktivitas rutin. Saat sedang berjalan di trotoar, aktivitas-aktivitas oeang lain di sekitar Anda, bisa menjadi tangkapan menarik bagi kamera Galaxy S22 5G dan Galaxy S22+ 5G. Melalui mode portrait yang ada di dalamnya, Anda bisa mendapatkan efek bokeh dan smooth yang lebih halus. Hal ini bisa terjadi karena kamera di kedua smartphone ini sudah dilengkapi teknologi AI Stereo Depth Map yang bisa membuat subjek kamera yang difoto lebih detail dan tajam.

Untuk membuat hasil tangkapan kamera sesuai yang diinginkan, kedua smartphone cukup pintar dalam memanfaatkan cahaya di sekitarnya. Jadi Anda bisa mendapatkan hasil foto yang benar-benar epic. Untuk keadaan malam hari, fitur Nightography bisa dimanfaatkan karena fitur ini bisa memadukan nuansa gelap dan terang dengan lebih pintar. Bikin konten malam maupun siang pun bisa dibuat lebih dramatis.

2. Manfaatkan Teknologi Super HDR

Tidak hanya foto, kedua smartphone ini juga bisa menangkap momen epic. Berkat teknologi Super HDR yang ada di dalam smartphone, Anda bisa menciptakan hasil rekaman yang lebih realistis dengan kontras warna pada tiap-tiap titik gelap dan terang dengan lebih optimal. Didukung dengan fitur Super Steady System, pergerakan kamera pun bisa terlihat lebih halus dan cinematic. Ini seperti menggunakan gimbal sehingga hasil kamera akan memiliki pergerakan yang sangat halus. Menariknya lagi, video yang lebih vivid dan stabil ini juga bisa langsung di shoot lewat in-app camera di Instagram sama Tik Tok, jadi Anda bisa posting video yang aesthetic dan berkualitas tinggi di social media dengan lebih gampang.

Portrait Video pada In-App Camera Galaxy S22 Series 5G, Memberikan Efek Bokeh yang Lebih Nyata

3. Buat Video Semenarik Mungkin dengan Auto Framing dan Vlogger View

TikTok tidak hanya digunakan untuk menampilkan diri Anda sendiri. Saat sedang berkumpul dengan teman atau bersilaturahmi dengan keluarga, momen ini pun bisa dijadikan konten TikTok dengan menarik. Jumlah orang yang akan direkam terlalu banyak? Tenang saja, karena baik Galaxy S22 5G maupun Galaxy S22+ 5G sudah dilengkapi dengan fitur Auto Framing, Fitur ini bisa mendeteksi hingga 10 orang dalam satu frame. Dengan begitu, semua wajah yang ada dalam frame akan terlihat lebih fokus dan detail. Ini tentu bisa membuat Anda lebih maksimal dan kreatif dalam membuat viro pendek maupun panjang.

Selain Auto Framing, ada juga fitur Vlogger View yang bisa dimanfaatkan untuk jenis konten tutorial. Misalnya saja konten memasak. Vlogger View bisa membuat kedua kamera baik depan maupun belakang bisa bekerja secara bersamaan. Dengan Vlogger View, maka wajah Anda pun bisa terlihat. Jadi, baik pembuat video maupun orang yang sedang dibidik, semuanya bisa terlihat dalam satu frame. Mode ini cocok untuk membuat video tutorial, seperti cara memasak, cara berkebun, atau cara mengolah sesuatu yang bermanfaat.

4. Ingin Mendapatkan Gambar dan Video Lebih Baik, Gunakan Fungsi Pro-Grade Camera

Baik Samsung Galaxy S22 5G maupun Galaxy S22+ 5G sudah dilengkapi dengan fitur pro grade camera. Masuk saja ke fitur ini, Anda bisa mendapatkan banyak fungsi kontrol untuk foto maupun video. Jadi, Anda bisa lebih bebas mengatur kamera. Mau video dengan vibe tertentu? Bisa. Anda tinggal atur setting-nya. Bahkan dengan pengaturan ISO secara manual, pengaturan shutter, hingga penentuan white balance, bisa membuat gambar atau video yang tadinya terlihat gelap menjadi lebih terang saat direkam. Fungsi Pro-Grade camera ini membuat fungsi kamera di smartphone seperti menggunakan kamera profesional.

5. Manfaatkan Fungsi Editing Bawaan

Tidak perlu mengolah gambar di aplikasi PC atau laptop untuk menghilangkan satu subjek dalam foto yang tidak dikehendaki. Samsung Galaxy S22 5G dan Galaxy S22+ 5G bisa melakukannya dengan lebih cepat melalui fungsi editing foto di dalamnya. Fungsi Photo Remastering dan Object Eraser bisa dimanfaatkan untuk mempercantik foto yang baru saja dijepret. Bahkan, kalau mau hasil yang lebih Pro, bisa edit dengan Adobe Lightroom langsung dari aplikasi Expert RAW. Dengan kemampuannya ini, Anda bisa melakukan banyak bereksperimen dengan berbagai gaya warna pada foto dan suka menggunakan preset-preset kekinian yang lagi trending di media sosial, seperti untuk membuat konten TikTok.

Foto RAW dengan Photo Remastering yang didukung AI cerdas membuat warna foto lebih tajam dengan sekali klik

Semua aktivitas tadi, akan menjadi lebih nyaman dikerjakan tanpa takut baterai smartphone cepat habis. Samsung telah memberikan baterai berkapasitas besar pada kedua smartphone ini. Jadi, untuk bisa masuk FYP, Anda hanya perlu upload kreasi di saat-saat prime time.

Dengan tips tadi, diharapkan konten yang aesthetic pun bisa didapat. Durasi video TikTok yang 10 menit tentunya bisa memuat video yang lebih panjang. Jadi, Anda pun tidak perlu memotong bagian-bagian video terlalu banyak lagi.

 

Tags: , ,


COMMENTS