March 19, 2022

Berkolaborasi dengan WWF, Epson Ingin Solusi Berkelanjutan untuk Masa Depan Rendah Karbon

Penulis: Desmal Andi
Berkolaborasi dengan WWF, Epson Ingin Solusi Berkelanjutan untuk Masa Depan Rendah Karbon  

Mobitekno – Dengan lebih dari 6.000 spesies ikan, 76% spesies karang dunia, dan kawasan paling kaya bakau di planet ini, Segitiga Terumbu Karang dikenal sebagai pusat keanekaragaman hayati laut di Bumi. Sebagai bagian penting dari Asia Tenggara, dan membentang ke selatan menuju Pasifik, sumber daya laut dan pesisir dari Segitiga Terumbu Karang secara langsung menopang makanan dan mata pencaharian lebih dari 130 juta orang, dengan miliaran lainnya menelusuri sumber makanan mereka kembali ke wilayah ini.

Namun, penangkapan ikan yang berlebihan selama beberapa dekade, pariwisata dan urbanisasi yang tidak berkelanjutan, dan krisis iklim mengancam untuk menghancurkan habitat laut dan pesisir yang kritis di dalam dan sekitar Segitiga Terumbu Karang.

Inilah salah satu alasan Epson melakukan kolaborasi dengan World Wide Fund for Nature (WWF), untuk bersama-sama menciptakan solusi berkelanjutan dalam menjaga kelestaria alam, sekaligus mengedukasi masyarakat. Kolaborasi ini juga bertujuan untuk mengurangi dampak konversi laut dan solusi iklim di Asia Tenggara.

“Keberlanjutan telah dan akan terus menjadi fokus utama Epson sebagai bagian dari pembaruan Visi Perusahaan Epson ke- 25,” kata Siew Jin Kiat, Managing Director Regional, Epson Southeast Asia.

“Di luar upaya berkelanjutan kami untuk membeikan teknologi dan solusi berkelanjutan kepada pelanggan dan mitra kami, kami sangat bangga dapat memperluas fokus keberlanjutan ini ke tempat kami beroperasi dengan menciptakan segudang solusi eco-innovative bersama WWF dan komunitas lokal untuk hari esok yang lebih hijau,” lanjut Siew Jin Kiat.

Dari kiri ke kanan_ Ms. Tan May Lin, Mr. Siew Jin Kiat, Mr. R. Raghunathan, Ms. Elizabeth Clark

Tidak hanya untuk Indonesia, kolaborasi ini juga akan melakukan restorasi karang di Malaysia, Thailand, Singapura, dan Filipina. Tentunya langkah ini harus bekerjasama juga dengan para pemangku kepentingan dan institusi lokal. Hal ini menjadi penting karena dampak perubahan iklim semakin sering dan membawa bencana sangat terasa di Asia Tenggara. Dan, Vietnam secara konsisten menduduki peringkat atas sebagai salah satu negara yang paling rentan terhadap iklim. Secara tradisional bergantung pada batu bara, sektor energi negara itu sekarang siap untuk transisi energi menuju sumber-sumber terbarukan.

“Dampak konservasi yang abadi dicapai melalui kolaborasi dengan mitra yang tulus,” Mr. R. Raghunathan, CEO WWF-Singapura mengatakan, “Kami berharap dapat bekerja sama dengan Epson yang berkomitmen pada aksi iklim nyata dan untuk mendorong upaya yang berarti untuk memastikan konservasi lingkungan kita sejalan dengan pemberdayaan ekonomi dan manusia yang hidup selaras dengan alam.”

Bersama-sama Lindungi Ekosistem Laut

Karyawan Epson akan belajar bagaimana komunitas lokal dan bisnis bersatu dalam upaya bersama untuk melindungi ekosistem laut, menyelamatkan spesies yang terancam punah, dan mendukung mata pencaharian penting dan ketahanan pangan bagi masyarakat Asia Tenggara.

Setelah itu, WWF akan bekerja sama dengan tim Epson Asia Tenggara lokal untuk meluncurkan program pendidikan yang mencakup webinar tentang belanja konsumen yang berkelanjutan, museum virtual tentang pengurangan konsumsi energi dan jejak karbon, serta kampanye perlindungan hutan.

 

Tags: , , ,


COMMENTS