January 19, 2022

Telkomsel Dirikan PT Telkomsel Ekosistem Digital, Begini Fokus Bisnisnya

Penulis: Muhammad R
Telkomsel Dirikan PT Telkomsel Ekosistem Digital, Begini Fokus Bisnisnya  

Mobitekno – Telkomsel belum lama ini mengumumkan telah membentuk PT Telkomsel Ekosistem Digital sebagai anak perusahaan baru. Sesuai namanya, PT Telkomsel Ekosistem Digital akan fokus mengembangkan portofolio bisnis Telkomsel di ranah digital.

Selain itu, anak perusahaan tersebut juga akan memberikan solusi yang sesuai dengan kebutuhan dan gaya hidup digital pelanggan Telkomsel.

Direktur Utama Telkomsel, Hendri Mulya Syam, menyatakan bahwa berdirinya PT Telkomsel Ekosistem Digital ini sejalan dengan komitmen Telkomsel.

Menurut Hendri, Telkomsel sendiri ingin terus meningkatkan kapabilitas digital trifecta (digital connectivity, digital platform, dan digital service) untuk mendorong perluasan portofolio bisnis di berbagai sektor, terutama yang dapat memperkuat perekonomian digital nasional.

“Kami berharap PT Telkomsel Ekosistem Digital mendorong lebih banyak solusi karya talenta digital lokal serta membuka peluang kolaborasi bersama para pelaku bisnis dan perusahaan digital terdepan,” kata Hendri melalui keterangan tertulis kepada Mobitekno, Selasa (18/1).

Selain itu, ia juga berharap anak perusahaan Telkomsel yang baru ini akan dapat meningkatkan potensi talenta digital anak bangsa sehingga dapat semakin mematangkan kemandirian digital Indonesia.

Di awal kehadirannya ini, anak perusahaan baru Telkomsel ini fokus pada tiga sektor industri digital, yakni edu-tech, health-tech, dan gaming.

Telkomsel menilai, ketiga lini bisnis tersebut memiliki potensi besar untuk mendorong perekonomian digital nasional.

Dalam keterangan tertulis yang sama, Telkomsel juga mengungkap sejumlah nama yang memimpin PT Telkomsel Ekosistem yakni sebagai berikut:

  1. Chief Executive Officer (CEO) – Andi Kristianto
  2. Chief Financial Officer (CFO) dan Chief Human Resource Officer (CHRO) – Andry Firdiansyah
  3. Chief Technology Officer (CTO) – Luthfi K

PT Telkomsel Ekosistem Digital juga akan segera mengumumkan brand yang ke depannya akan digunakan sebagai identitas bisnis.

“PT Telkomsel Ekosistem Digital akan mengoptimalkan keunggulan aset dan kapabilitas yang berada di ekosistem Telkomsel di segala aspek. Untuk mengeksplorasi potensi sehingga mampu berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi digital nasional serta menjadikan Indonesia sebagai digital powerhouse di Asia Tenggara,” ungkap Andi Kristianto, CEO PT Telkomsel Ekosistem Digital.

Dalam waktu dekat ini, Telkomsel juga mengungkapkan rencananya untuk melakukan pemekaran usaha melalui pemisahan keseluruhan bisnis aplikasi Kuncie dan Fita untuk dialihkan kepada PT Telkomsel Ekosistem Digital.

Tujuannya tak lain adalah untuk memperkuat penetrasi bisnis vertikal masing-masing di sektor edu-tech dan health-tech.

Aplikasi Kuncie sendiri merupakan platform yang menyediakan berbagai konten video edukasi untuk masyarakat Indonesia.

Aplikasi ini diluncurkan Telkomsel pada Juli 2021 lalu. Sementara aplikasi pendukung gaya hidup sehat, Fita, diluncurkan pada November 2021 lalu.

Untuk sektor gaming sendiri, Telkomsel juga mengaku telah mengalihkan kontrak usaha patungan untuk mendirikan perusahaan Joint Venture (JV) yang memiliki fokus bisnis sebagai perusahaan penerbit (publisher) gaming kepada PT Telkomsel Ekosistem Digital.

Tags: , , , ,


COMMENTS