February 17, 2022

Susul BRI, Satu Lagi Bank Himbara Bakal Buka Cabang di Metaverse

Penulis: Iwan RS
Susul BRI, Satu Lagi Bank Himbara Bakal Buka Cabang di Metaverse  

Mobitekno

Tranformasi digital yang gencar dilakukan pihak perbankan makin tancap gas. Setelah BRI menyatakan niatnya mengadopsi teknologi metaverse, satu lagi bank lokal milik negara atau bank Himbara (Himpunan Bank-Bank Milik Negara), yakni BNI (PT Bank Negara Indonesia) yang menyatakan ikut mengadopsi dunia ‘alternate reality’ tersebut.

Metaverse semakin dianggap menjadi sektor baru bagi perbankan untuk melakukan ekspansinya. Pelaku bisnis dari berbagai sektor industri mulai menyiapkan strategi untuk mengoptimalkan peningkatan nilai tambah ekonomi digital, salah satu dengan mengadopsi metaverse.

PT Bank Negara Indonesia (BNI) Tbk meyakini penggabungan teknologi VR (Virtual Reality), AR (Augmented Reality), dan AI (Artificial Intelligence) dalam metaverse di Indonesia akan memberikan pengalaman baru bagi nasabah untuk menikmati layanan perbankan digital.

Senior Executive VP Divisi Digital BNI, Rian Eriana Kaslan, mengatakan metaverse akan mengubah banyak hal dalam aktivitas perbankan ke depan.

“Jika dahulu transaksi menggunakan mobile banking, ini satu step [ke depan] lagi di mana memberikan akses kepada orang-orang terhadap layanan dan produk-produk kami, secara lebih nyata,” ujar Eriana.

Seperti juga BRI menggandeng WIR Group untuk pengembangan metaverse, BNI juga menggandeng startup teknologi asal Indonesai tersebut untuk mengembangkan layanan perbankan. Hal ini menjadi langkah awal dari journey BNI mengembangkan layanan perbankan di dunia yang lebih dari sekadar digital ini.

Penandatangan kerjasama keduanya yang dihadiri oleh Direktur IT & Operasi Bank BNI, Y.B Hariantono dan CEO dan CoFounder WIR Group, Michael Budi berlangsung belum lama ini (15/2/2022) menandai langkah awal perjalanan BNI dalam pengembangan layanan perbankan di dunia yang lebih dari sekadar digital.

Menurut Hariantono, BNI ingin terdepan depan dalam pengembangan layanan digital, termasuk membangun dunia Metaverse di Indonesia untuk membentuk ekosistem bisnis baru di dalamnya. Diantaranya, digital branch, digital product, new services, dan engagement kepada nasabah yang attached dengan Metaverse.

Tags: , , ,


COMMENTS