January 17, 2022

Setelah BMW, Kunci Digital CarKey dari Apple akan Diperluas ke Mobil Hyundai dan Genesis

Penulis: Iwan RS
Setelah BMW, Kunci Digital CarKey dari Apple akan Diperluas ke Mobil Hyundai dan Genesis  

Mobitekno – Bukan Apple jika tidak menginginkan pengguna semua perangkatnya ada dalam satu ekosistem. Produsen berlogo apel yang digigit ini tampaknya ingin menghilangkan semua yang ada di saku pengguna yang bukan terkait platform iOS atau MacOs. Setelah menghadirkan e-wallet via Apple Pay kini Apple juga tertarik mengganti kunci mobil Anda. Hadir pertama kali di sistem iOS 14, CarKey merupakan fitur terbaru yang didukung fungsi API yang bertujuan untuk mengganti kunci mobil dengan kunci digital yang terpasang di perangkat iPhone atau Apple Watch.

Saat diumumkan tahun 20202 lalu, fitur CarKey baru mendukung mobil dari BMW. Kini, menurut kabar dari Mark Gurman, jurnalis teknologi Bloomberg, kunci digital itu juga bakal mendukung mobil asal Korea Selatan, Hyundai dan lini Genesis (berinduk ke Hyundai Motor Group) pada pertengahan tahun ini.

CarKey saat peluncuran awal hanya mendukung model BMW yang dibuat setelah 1 Juli 2020. Dengan kumci digital ini, pengguna dapat mengunci, membuka, dan menyalakan mobil mereka dari iPhone menggunakan kunci yang ada pada aplikasi Wallet. Sebelumnya mobil harus dilengkapi dengan teknologi NFC agar kompatibel dengan platform CarKey.

Apple belum melakukan banyak peningkatan fitur sejak debutnya, kecuali menambahkan dukungan terhadap UWB (Ultra Wide Band) untuk iPhone yang telah mengsung chip Apple U1 yang memungkinkan entri secara pasif. Info dukungan terhadap mobile di luar BMW diketahui beberapa bulan yang lalu dari informasi ditemukannya kode oleh MacRumors pada file konfigurasi iOS 15 untuk fungsi NFC Apple Pay. Pada file tersebut disebutkan nama mitra, yaitu Genesis Hyundai.

Apple bukan satu-satunya produsen smartphone yang menghadirkan kunci digital untuk mobil. Bahkan Apple sedikit tertinggal dalam hal kemitraan jika dibandingkan dengan saingannya Samsung yang telah mengumumkan rencananya untuk mendukung beberapa mitar produsen mobil, yakni Audi, BMW, Ford, dan Genesis, meskipun baru terbatas pada seri Genesis GV60 di Korea Selatan.

Apple ingin merangkul sebanyak mungkin mitra produsen mobil, seperti yang ditegaskan oleh Craig Federighi, senior Apple Senior VP Software Engineering bahwa CarKey ingin hadir untuk “mobil apa saja” yang secara teknis sudah dapat mendukung teknologi kunci digital. Kita tunggu saja.

Tags: , , , , , ,


COMMENTS