February 15, 2022

Bermitra dengan Yat, Browser Opera dapat Membuka Alamat Web Berbasis Emoji

Penulis: Iwan RS
Bermitra dengan Yat, Browser Opera dapat Membuka Alamat Web Berbasis Emoji  

Mobitekno – Opera mengumumkan browser miliknya, baik di platform Windows, Mac, Android, iOS, hingga Opera Crypto Browser Project akan mendukung alamat website berbasis emoji.

Dukungan ini merupakan bagian dari kerjasam Opera dengan Yat, sebuah perusahaan yang menawarkan alamat websiet atau URL dengan string emoji di dalamnya.

EVP Mobile & Web3 Opera, Jorgen Arnesen menyatakan bahwa dukungan ini bertujuan untuk menghadirkan inovasi di dunia Internet. Seperti diketahui, meski pengalamatan world wide web (www) sudah hadir hampir tiga dekade, belum banyak hal baru yang dianggap menarik dan inovatif.

Dengan kemitraan ini, pengguna Opera dapat membuang tulisan .com di ujung setiap alamat website yang akan diakses atau bahkan tidak menggunakan teks sama sekali.

Apabila sebelumnya browser hanya dapat mendukung alamat y.at/👽🎵 untuk membukan website label rekaman Lil Wayne, dengan dukungan ini Opera dapat membuang awalannya dan cukup menggunakan emoji (👽🎵 ) untuk mengakses website tersebut.

Penggunaan emoji sebagai alamat website dapat diterapkan ketika pemilik website membeli serangkaian emoji. Emoji tersebut selanjutnya dapat digunakan sebagai alamat website yang akan mengarahkan pembukanya ke halaman di platform Yat.

Yat menyambut baik kemitraan dengan Opera ini dapat mendorong implementasi alamat website yang lebih ramah pengguna dan ekspresif.

Tidak seperti browser Chrome, Mozilla, dan Vivaldi yang cenderung hati-hati merespons teknologi baru, Opera cenderung lebih ‘gercep’ menyambut tren baru. Salah satu contohnya adalah inisiatif mereka meluncrukan Crypto Browser Project yang ramah teknologi Web3, termasuk penggunaan blockchain dan cryptocurrency.

Tags: , , , , , , ,


COMMENTS