July 14, 2022

Google Kurangi Rekrutmen Karyawan Baru

Penulis: Rizki R
Google Kurangi Rekrutmen Karyawan Baru  

Mobitekno – Google baru-baru ini mengambil langkah strategis untuk mengurangi perekrutan karyawan baru selama sisa akhir tahun 2022 ini. Upaya ini mengikuti jejak sejumlah perusahaan teknologi raksasa.

Sebelumnya sudah ada Microsoft, Nvidia, Intel hingga Meta yang melakukan hal yang sama.

Kabar itu berasal dari memo internal Google yang ditulis oleh CEO Google, Sundar Pichai, kepada karyawan Google. Dalam memonya, Pichai mengatakan, meski menjadi perusahaan mesin pencarian raksasa, Google tidak kebal terhadap tantangan ekonomi yang sedang melanda global. Hal inilah yang membuat Google perlu mengurangi jumlah rekrutmen karyawan baru.

Kendati adanya pengurangan rekrutmen, CEO Google itu mengatakan bahwa Google masih tetap melakukan perekrutan karyawan baru. Namun sebatas untuk posisi-posisi penting di perusahaannya.

“Untuk keseimbangan tahun 2022 dan 2023, kami akan memfokuskan perekrutan kami pada peran insinyur, teknis, dan peran penting lainnya,” tulis Pichai dalam memonya dikutip dari The Verge.

“Kami ingin memastikan talenta hebat yang kami rekrut selaras dengan prioritas jangka panjang kami,” tambahnya.

Dengan mengurangi rekrutmen karyawan baru, Pichai mengatakan bahwa perusahaan mau tak mau menghentikan pengembangan di sejumlah sektor. Perusahaan akan mengalihkan sumber daya perusahaan ke sektor prioritas lainnya. Sayangnya, Pichai tidak merinci sektor Google mana yang bakal lebih mereka prioritaskan dan sektor mana yang bakal mereka korbankan.

Yang jelas, ia mengatakan bahwa ke depannya, Google harus lebih agresif baik dari sisi bisnis maupun layanannya.

Sebelum Google, Meta yang merupakan perusahaan induk Facebook, WhatsApp, dan Instagram, sudah lebih dulu mengumumkan pemangkasan target rekrutmen engineer baru hingga sekitar 30 persen untuk tahun ini.

CEO Meta Mark Zuckerberg merinci, awalnya, Meta menargetkan untuk merekrut 10.000 engineer baru sepanjang tahun 2022. Namun, dengan pemangkasan hingga 30 persen tadi, membuat Meta hanya akan menarik 6.000-7.000 engineer baru untuk bergabung dengan perusahaan.

Tags: , , , ,


COMMENTS