May 13, 2022

Pixel Buds Pro: TWS Premium Google dengan Fitur ANC dan Baterai Tahan 11 Jam

Penulis: Iwan RS
Pixel Buds Pro: TWS Premium Google dengan Fitur ANC dan Baterai Tahan 11 Jam  

Mobitekno – Bersamaan dengan pengumumkan ponsel Pixel mid-range Pixel 6a, Google juga memperkenalkan produk TWS (True Wireless Stereo) baru Pixel Buds Pro. TWS ini merupakan earbud nirkabel premium pertama Google yang dilengkapi dengan fitur ANC (Active Noise Cancellation), transparency mode, voice control, automatic switching, spatial audio, dan ‘Find My Device’.

Pixel Buds Pro juga diperkuat chip audio khusus (6 core) dan driver speaker 11mm. Ukuran driver-nya sedikit lebih kecil dari driver 12mm pada TWS Google Pixel Buds A-Series yang dirilis pertengahan 2021 lalu.

Teknologi AND pada Buds Pro dilengkapi fitur khusus yang disebut “Silent Seal”. Fitur ini diklaim dapat beradaptasi dengan telinga pengguna untuk memaksimalkan seberapa banyak kebisingan yang dihilangkan. Terdapat juga sensor built-in yang mengukur tekanan pada i saluran telinga untuk memastikan kenyamanan saat digunakan dalam waktu yang lama.

Tidak kalah pentingnya dukungan konektivitas Bluetooth multipoint sehingga Pixel Buds Pro dapat secara otomatis beralih antar perangkat, seperti smartphone Android, laptop, TV, tablet, bahkan iPhone. Seperti halnya produk Google lain, Buds Pro juga dilengkapi fungsi Google Assistant bawaan. Salah satu manfaat penting bagi pengguna adalah kemampuannya melakukan penerjemahan 40 bahasa secara real-time.

Untuk daya tahan baterai sekali pengsisian, Google mengklaim durasi hingga 11 jam dengan fungsi ANC tidak aktif dan 7 jam dengan fitur ANC aktif. Durasi penggunaan akan bertambah jika casing Buds Pro digunakan untuk pengisian daya nirkabel, dengan total penggunaan hingga 31 jam tanpa ANC dan 20 jam saat ANC diaktifkan.

Terkait fungsi spatial audio yang kompatibel dengan ponsel Pixel, Google menjanjikan akan menghadirkannya melalui proses update di akhir tahun. Menyoal ketahanannya, Buds Pro sudah berstandar IPX4, sedangkan case-nya sudah berstandar tahan air IPX2. Meski hanya water resistant dan bukan waterproof, Buds Pro sudah layak digunakan saat berolahraga.

Pixel Buds Pro hadir dalam warna Coral, Lemongrass, Fog, dan Charcoal, semuanya dengan sentuhan matte (doff). Pre-order dimulai pada 21 Juli seharga US$199 (~Rp2,9 juta). Perlu diketahui, seperti umumnya produk hardware Google, pasar Indonesia bukanlah menjadi target utamanya. Jadi, bagi peminat di tanah air tentu harus mencarinya sendiri di jalur penjualan ‘alternatif’.

Tags: , , , ,


COMMENTS