May 13, 2022

Intel Project Amber, Solusi Keamanan Berbasis Layanan Inovatif untuk Lingkungan Cloud-to-Edge dan On-Premise

Penulis: Desmal Andi
Intel Project Amber, Solusi Keamanan Berbasis Layanan Inovatif untuk Lingkungan Cloud-to-Edge dan On-Premise  

Mobitekno – Di hari kedua ajang Intel Vision 2022, Intel memperkenalkan Project Amber. Ini adalah sebuah solusi keamanan yang penting bagi banyak perusahaan karena memiliki lauanan inovatif di dalamnya. Dengan solusi ini, Intel telah mempersiapkan kebutuhan keamanan bagi banyak perusahaan untuk menghadapi berbagai tantangan di masa depan. Di hari yang sama, Intel juga mendemonstrasikan fokusnya dalam mendukung AI yang aman dan bertanggung jawab, dan menguraikan strateginya untuk lebih lanjut membangun kriptografi yang quantum-resistant di era komputasi kuantum yang akan datang.

“Saat berbagai organisasi/perusahaan terus memanfaatkan nilai dari cloud, keamanan tidak pernah sepenting ini. Kepercayaan berjalan saling beriringan dengan keamanan, dan itulah yang diharapkan dan dibutuhkan oleh pelanggan kami ketika menjalankan misi mereka dengan menggunakan teknologi Intel,” kata Greg Lavender, chief technology officer, senior vice president, dan general manager Software and Advanced Technology Group di Intel.

“Dengan memperkenalkan Project Amber, Intel membawa confidential computing ke tingkat yang lebih tinggi dalam komitmen kami menggunakan pendekatan zero trust dalam proses pembuktian (attestation) dan verifikasi aset-aset komputasi di dalam jaringan, edge, dan cloud,” lanjut Lavender.

Greg Lavender at Intel Vision Day 2
Greg Lavender, chief technology officer, senior vice president, dan general manager Software and Advanced Technology Group di Intel

Solusi Terbaik untuk Lingkungan Kerja Hybrid

Saat ini, mulai banyak perusaahaan yang menggantungkan dirinya pada teknologi cloud untuk mendukung tenaga kerjanya yang bekerja secara remote. Oleh sebab itu, cara kerja seperti ini biasanya membutuhkan banyak perangkat. Selain itu juga butuh akses tanpa gangguan dan tool untuk beroperasi. Project Amber memberikan verifikasi kepercayaan secara remote terhadap aset-aset komputasi di lingkungan cloud, edge, dan on-premise bagi berbagai organisasi/perusahaan. Layanan ini beroperasi tanpa tergantung pada penyedia infrastruktur yang menjalankan beban kerja confidential computing.

Confidential computing sendiri adalah proteksi terhadap data yang digunakan dengan menjalankan komputasi dalam trusted execution environment (TEE)  berbasis hardware. Fondasi kepercayaan dalam lingkungan confidential computing dibangun melalui proses yang disebut attestation. Verifikasi kepercayaan ini merupakan persyaratan penting bagi pelanggan untuk melindungi data dan kekayaan intelektual mereka, saat mereka memindahkan beban kerja yang sensitif ke cloud.

AI yang Semakin Aman dan Bertanggung Jawab

Intel juga menyoroti masalah AI yang kini semakin berkembang lebih baik. Kini, Artificial Intelligence (AI) mendorong teknologi lebih jauh, melahirkan berbagai insight dan otomatisasi untuk menangani skala yang lebih besar. Dengan pertumbuhan penggunaan informasi yang sensitif ini, lanskap ancaman pun semakin besar, demikian juga masalah keamanan di sekitarnya. Itulah mengapa Intel berkomitmen untuk mengembangkan kecerdasan buatan yang aman dan bertanggung jawab.

Mempertahankan integritas, akurasi, dan privasi data adalah inti dari upaya Intel melakukan berbagai penelitian terdepan di industri. Intel mendemonstrasikan bagaimana percepatan penggunaan AI dengan cara yang bertanggung jawab dan aman, akan membantu pelanggan dan mitra memecahkan berbagai masalah yang kompleks.

Oleh sebab itu, Intel memperkenalkan BeeKeeper AI yang menggunakan kemampuan keamanan berbasis hardware dari Intel SGX dan infrastruktur confidential computing dari Microsoft Azure untuk menyediakan platform zero-trust. Intel juga melakukan kerja sama riset dengan Federated Tumor Segmentation dari Perelman School of Medicine di University of Pennsylvania, atau dikenal sebagai inisiatif FeTS. Kerja sama ini guna mendorong teknologi Intel untuk membantu memastikan setiap institusi bisa berpartisipasi dalam meningkatkan fidelity dan kualitas dari algoritma inferensi dengan menggunakan Open Federated Learning (OpenFL).

Kriptografi yang Quantum-Resistant untuk Masa Depan

Komputasi kuantum berdampak pada kriptografi kunci, baik yang simetris maupun publik, dan seluruh ekosistem perlu berkolaborasi untuk menemukan berbagai solusi. Untuk kesiapan terhadap Y2Q atau quantum-resistant pada tahun 2030, sekarang adalah saatnya untuk bertindak. Intel sedang mengembangkan pipeline teknologi kriptografi yang kaya sehingga dapat memimpin industri dengan berbagai inovasi yang quantum-resistant, termasuk akselerasi kripto terintegrasi dalam platform 3rd Gen Intel Xeon Scalable yang hadir dengan fitur-fitur keamanan generasi terbaru tanpa mengorbankan kinerja.

Intel bekerja secara proaktif untuk mengatasi ancaman yang ditimbulkan oleh komputer kuantum. Perusahaan mengembangkan pedoman kripto untuk berbagai produk Intel dan secara aktif berkontribusi pada upaya standarisasi post-quantum crypto serta mengevaluasi keluarga baru algoritma kripto yang akan distandarisasi oleh National Institute of Standards and Technology Secure (NIST).

Teknologi keamanan harus mengakomodasi tidak hanya kebutuhan hari ini, tetapi juga kebutuhan masa depan. Keluasan dan kedalaman teknologi hardware dan software dari Intel memungkinkan para pelanggan memperoleh nilai tambah dari platform yang sudah ada.

Tags: , , ,


COMMENTS