July 12, 2022

Harga iPhone 14 Series Diprediksi Lebih Mahal Rp1,5 Juta dari iPhone 13, Ini Alasannya

Penulis: Rizki R
Harga iPhone 14 Series Diprediksi Lebih Mahal Rp1,5 Juta dari iPhone 13, Ini Alasannya  

Mobitekno – Harga iPhone 14 Series diprediksi lebih mahal 100 USD atau Rp1,5 juta dari iPhone 13. Hal ini diungkap oleh Analis dari perusahaan asal Amerika Serikat, Wedbush Securities.

“Kenaikan harga 100 USD ini akan tiba untuk iPhone 14,” ujar Analis Wedbush Securities, Dan Ives, dilansir dari Apple Insider, Selasa (12/7).

Kenaikan ini bukan tanpa alasan. Analis menyebutkan saat ini harga telah meningkat di seluruh rantai pasokan. Akibatnya, perusahaan asal Cupertino tersebut perlu memberikan biaya tambahan untuk iPhone terbarunya.

Seperti diketahui, industri komponen untuk ponsel memang mulai menaikkan harga produknya. Misalnya Samsung yang menaikkan harga produksi chip sebesar 20 persen pada Mei kemarin, begitu pula dengan perusahaan semikonduktor lainnya.

Faktor lain seperti lockdown Covid-19 juga menyebabkan banyak masalah untuk rantai pasokan Apple, yang membuat mitranya harus mengejar ketertinggalan produksi.

Sementara itu, analis dari CCS Insight, Ben Wood mengatakan hal serupa. Ia mengaku kalau kenaikan harga bisa saja terjadi, tapi semua itu tergantung dari cara Apple untuk mengatasinya.

“Tidak diragukan lagi bahwa biaya produksi dan komponen terus meningkat untuk semua produsen elektronik konsumen. Dalam kasus Inggris, nilai tukar juga merupakan faktor,” ujar Wood.

Ia menambahkan, faktor-faktor itu bisa menyebabkan kenaikan harga. Tetapi Apple mungkin berubah pikiran ketika mereka mempertimbangkan adanya kenaikan untuk biaya hidup.

Jika Apple memang menaikkan harga iPhone 14, varian standar diyakini bakal lebih mahal. Sebagai ilustrasi, harga iPhone 13 dan iPhone 13 Pro masing-masing dijual 799 dan 999 USD atau Rp 11,9 juta dan Rp 14,9 juta. Jadi harga iPhone 14 nantinya bisa naik menjadi 899 dan 1.099 USD atau Rp 13,4 juta dan Rp 16,4 juta.

Tapi karena varian Mini dihilangkan, maka harga iPhone 14 tetap 799 USD karena harga iPhone 13 Mini saat ini dijual 699 USD.

Tags: , , , , ,


COMMENTS