April 12, 2022

Review Galaxy A53 5G, Smartphone Tahan Air dengan Fitur Kamera Makin Keren, Mendekati Flagship

Penulis: Desmal Andi
Review Galaxy A53 5G, Smartphone Tahan Air dengan Fitur Kamera Makin Keren, Mendekati Flagship  

Mobitekno – Samsung Galaxy A53 5G hadir di Indonesia untuk melengkapi jajaran A-Series milik Samsung. Smartphone ini tidak hanya memiliki inovasi baru, tetapi juga menawarkan pengalaman mobile yang lebih baik dari sebelumnya. Didukung prosesor terkini, kamera AI, dan konektivitas 5G, Samsung Galaxy A53 5G bisa menjadi smartphone andalan bagi para generasi muda untuk menciptakan hal-hal kreatif di sekitarnya dengan lebih awesome.

Dengan empat pilihan warna yang mendukung gaya hidup anak muda Indonesia, yaitu Awesome Black, Awesome Blue, Awesome White, dan Awesome Peach, membuat Galaxy A53 5G bisa berpadu-padan dengan fashion yang mereka gunakan. Apalagi didukung juga dengan desain ciamik.

Mobitekno sendiri diberi kesempatan merasakan Galaxy A53 5G ini dengan opsi warna Awesome Blue lebih dari dua minggu. Dan hasilnya memang benar bisa menjadi teman yang menyenangkan. Tidak hanya menemani suasana hati, tetapi juga di semua suasana keadaan cuaca. Hal ini karena Galaxy A53 5G didesain tahan air. Untuk lebih lengkapnya, silakan ikuti ulasan berikut.

20220409 155505
Samsung galaxy A53 5G

Kelengkapan

Untuk kali ini, Samsung menerapkan kemasan Galaxy A-Series sama seperti S-Series. Jadi, jika sebelumnya pembeli Galaxy A-Series mendapatkan paket lengkap, dimana dalam kemasan terdapat adapter untuk proses pengisian daya. Kini tidak lagi. Pembeli Samsung Galaxy A 53 5G tidak mendapatkan adapter charger lagi. Konsumen juga tidak mendapatkan soft case yang biasanya ada dalam kemasan. Jadi kemasannya lebih simpel, kompak, dan tidak berukuran besar.

Di dalam kotak kemasan tersebut terdapat:

  1.       Galaxy A53 5G dengan opsi warna Awesome Blue
  2.       Kabel Charger/data USB-type C
  3.       Buku petunjuk singkat
  4.       SIM Card Ejector.
20220411 104642
Kelengkapan galaxy A53 5G

Kali ini Samsung memang berkomitmen untuk menegaskan kepeduliannya terhadap lingkungan melalui aksi-aksi nyata untuk membantu membuat planet ini jadi lebih sehat pada tahun 2025. Dalam memperkuat upaya keberlanjutan dari Samsung, Galaxy A Series  kini tidak lagi menyertakan kepala charger dan mengurangi ukuran boks kemasan. Pengemasannya pun memanfaatkan kertas ramah lingkungan.

Desain

Saat pertama kali smartphone keluar dari kotak kemasannya, kami cukup kagum dengan desain yang ada di Galaxy A53 5G ini. Smartphone didesain sedemikian rupa sehingga terlihat lebih fashionable. Namun begitu, Samsung tidak melupakan fungsionalitas smartphone ini. Bezelnya begitu tipis dengan sisi-sisi yang terlihat flat, seperti pada desain yang sering ditemukan di smartphone flagship. Tampilannya jadi terlihat stylish. Apalagi dipadukan dengan warna Awesome Blue, membuatnya menjadi lebih menarik saat dibawa jalan, tanpa harus menggunakan casing tambahan.

Samsung Galaxy A53 5G ini memang terlihat ringkas. Ketebalannya hanya sekitar 8,1 mm saja. Sementara dimensi secara keseluruhan adalah 74,8 x 159,6 x 8,1 mm. Berat keseluruhan sekitar 189 gram.

20220409 155447
desain fashionable

Dimulai dari bagian layar. Samsung Galaxy A53 5G ini memiliki layar 6,5 inci FHD+ Super AMOLED, refresh rate 120Hz, dengan mengadopsi Infinity-O Design dimana kamera depan ada persis di tengah atas layar. Kamera depannya sendiri memiliki kemampuan 32MP. Screen to body rationya kurang lebih sebesar 85,4%, sehingga terlihat lega dengan pinggiran layar sedikit berwarna hitam. Layarnya juga sudah dilindungi oleh Corning Gorilla Glass 5.

Beralih ke sisi-sisinya. Di kanan terdapat tombol volume dan power dengan desain yang terlihat menyatu dengan bodi smartphone. Sementara di sisi sebelahnya tidak ada tombol apapun. Oya, untuk tombol-tombol di bagian samping ini dan slot kartu SIM, Samsung menggunakan bahan daur ulang dari post-consumer materials (PCM). Bagian bawah terdapat lot SIM Card yang mengadopsi dual SIM Card. Kemudian di sebelahnya menyusul lubang mikrofon dan port USB Type-C untuk proses pengisian daya atau transfer data. Paling ujung adalah lubang speaker. Sementara di bagian atas juga hanya terdapat lubang mikrofon. Tidak ada lagi port audio 3,5mm untuk wired headphone atau earphone. Jadi, Galaxy A53 5G lebih bersahabat dengan wireless headphone atau earphone. Kecuali kamu menggunakan adapter audio 3,5mm secara opsional.

Di sisi belakang terlihat jelas empat kamera tersusun rapi dalam area karena yang didesain sedikit menonjol, namun pinggiran area kamera ini tidak dibuat tajam, tetapi melandai. Jadi, area kamera ini terlihat menyatu dengan bodi belakang smartphone. Tiga kamera tersusun secara vertikal di bagian kiri. Sementara satu lagi ada di bagian kanannya, dilengkapi dengan LED Flash. Kamera-kamera belakang ini terdiri dari kamera utama 64MP, kamera ultra-wide 12MP, kamera bokeh 5MP, dan kamera makro 5MP.

20220411 104832
Kamera belakang Galaxy A53 5G

Fitur dan Performa

Saat mengaktifkan smartphone dan login ke akun Gmail serta Samsung, akan terasa optimal penggunaan aplikasi yang ada di dalamnya. Galaxy A53 5G ini sudah menggunakan OneUI 4.1 yang berbasis Android 12 terbaru. Jadi cukup update untuk masalah UI ini. Dipadukan dengan prosesor terbaru, navigasi di OneUI 4.1 ini begitu lancar. Swipe ke kiri, kanan, membuka aplikasi, hingga menyalakan kamera, berlangsung lancar tanpa lag. OneUI 4.1 memang menawarkan navigasi yang lebih kaya dan lancar untuk pengguna smartphone Samsung. Bahkan, Samsung menjamin masa penggunaan smartphone yang lebih lama berkat jaminan pembaruan OneUI dan Android OS hingga empat generasi serta pembaruan keamanan hingga lima tahun untuk Galaxy A53 5G ini.

Ada banyak fitur yang terintegrasi dalam Galaxy A53 5G ini yang bahkan sebagian ada di seri flagship. Salah satu contohnya adalah Link to Windows. Kamu bisa menggunakan fitur ini untuk mengkoneksikan pekerjaan dengan aplikasi-aplikasi keluaran microsoft. Jadi, pekerjaan yang dilakukan di smartphone, tersinkronisasi dengan aplikasi Microsoft yang ada di desktop atau laptop.

Satu yang menjadi kebanggaan produk Samsung adalah ekosistem Samsung yang bisa bekerjasama dengan apik dengan perangkat Samsung lainnya. Pengalaman Galaxy bisa kamu dapatkan dengan Galaxy A53 5G ini. Bekerja dengan smartwatch Samsung misalnya. Kamu bisa mengkoneksikan jam tangan pintar tersebut dalam aplikasi Galaxy Wearable. Tidak hanya smartwatch, perangkat audio seperti Galaxy Buds juga bisa diintegrasikan dalam aplikasi ini. Selanjutnya, semua bisa saling sinkron dan bisa dimanfaatkan, misalnya dengan aplikasi lainnya, seperti Samsung Health, untuk mengontrol aktivitas olahraga. Dipadukan dengan aplikasi Smartthings, kamu bahkan bisa memasukkan perangkat Samsung lainnya, seperti Smart TV, smarttag, dan lainnya.

IMG20220329071048
Galaxy Ecosystem

Fitur-fitur seperti Samsung Pay juga sangat bermanfaat untuk mengelola ewallet. Disambungkan dengan aplikasi DANA, urusan keuangan secara digital bisa dilakukan dari sini. Bahkan, memeriksa dan mengisi ulang kartu e-money bisa juga dilakukan. Jadi, saat beraktivitas di perkotaan seperti Jakarta yang sudah sangat mengandalkan uang elektronik bisa dijalankan dengan lebih nyaman.

Salah satu yang menarik dari Galaxy A53 5G adalah adanya sertifikasi IP67. Dengan sertifikasi ini, smartphone bisa tahan air. Dengan begitu, tidak perlu khawatir saat kamu terpaksa beraktivitas di tengah guyuran hujan. Smartphone tetap bisa digunakan walau dalam keadaan basah. Di sisi keamanan juga diberikan fitur yang lengkap. Mulai dari password, PIN, pattern, Face unlock, hingga pemindai sidik jari di bawah layar juga sudah disediakan. Bahkan, smartphone ini juga dilindungi oleh Samsung Knox yang membuat pengguna lebih aman dan nyaman saat menggunakan Galaxy A53 5G.

20220409 155652
Tahan air berkat IP67

Dari sisi kamera, tentunya disediakan banyak fitur di dalamnya. Dengan begitu, momen awesome bisa ditangkap dalam berbagai situasi. Ini bisa membuat para konten kreator lebih kreatif dalam membuat konten dengan kamera-kamera yang ada di Galaxy A53 5G ini. Apalagi, Sistem quad-camera pada Galaxy A53 5G pun sudah dilengkapi dengan OIS Camera 64MP yang didukung teknologi VDIS untuk mengambil gambar yang tajam dan stabil setiap saat. Kamera-kamera ini juga berbasis AI inovatif. Ini bisa membuat setiap gambar terlihat lebih mengagumkan, bahkan dalam kondisi cahaya yang redup. Peningkatan fitur Night Mode-nya bisa menggabungkan hingga 12 gambar sekaligus secara otomatis, sehingga foto jadi lebih terang dengan noise yang semakin minim. Saat merekam video di kondisi low light, Galaxy A Series mampu menyesuaikan frame rate secara otomatis untuk menghasilkan video yang lebih cerah dan jernih.

Ada banyak mode kamera yang disematkan. Tidak hanya Single Take, Macro, Slo-Mo, atau Hyperlapse saja yang bisa ditemukan, Samsung juga kini menyematkan mode Fun Photo. Kamu bisa membuat objek lebih fun untuk menambah keceriaan bersama teman-teman dengan mode ini.

Bahkan, untuk pertama kalinya di Galaxy A Series, fitur Photo Remaster hadir untuk membuat foto-foto lama maupun yang berkualitas rendah kembali hidup, ditambah dengan Object Eraser yang mampu menghapus objek yang mengganggu di foto.

Semua aktivitas tadi tentunya masih didukung dengan baterai besar 5.000mAh yang mendukung pengisian cepat 25W. Kapasitas ini bisa menambah durasi kamu dalam menonton drama favorit di netflix atau mendengarkan musik di Spotify.

Terakhir, performa dari prosesor Exynos 1280 dengan fabrikasi 5nm, mampu membuat penggunaan daya lebih efisien. Selain tentunya performa kencang untuk berbagai aktivitas dengan smartphone ini. Prosesor ini ditemani dengan GPU Mali-G68, serta pilihan memori 6/128GB atau 8/256GB.

Kami mengukur performa ini dalam aplikasi-aplikasi benchmark berikut.

Ini juga hasil foto-foto dengan Galaxy A53 5G

Spesifikasi

Seri Samsung Galaxy A53 5G
Layar 6,5 inci FHD+ Super AMOLED, 120Hz Infinity-O Display
Dimensi dan bobot 74,8 x 159,6 x 8,1mm, 189g
Kamera BelakangL

·         Ultra-Wide 12 MP F2.2

·         Main 64 MP F1.8 OIS

·         Depth 5 MP F2.4

·         Macro 5 MP F2.4

 

Depan : 32 MP F2.2

Prosesor Exynos 1280 5nm
Memori dan storage Opsi 6GB/128GBRAM, 8GB/256GB, microSD: Up to 1TB
Baterai 5.000mAh Fast Charging 25W
Sistem Operasi One UI 4.1 Android 12
Koneksi dan jaringan 5G, LTE, Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac (2.4G+5GHz), Bluetooth v 5.1
Ketahanan Air Sertifikasi IP67
Sensor Accelerometer, Fingerprint Sensor, Gyro Sensor, Geomagnetic Sensor, Hall Sensor, Light Sensor, Virtual Proximity Sensing
Opsi Warna Awesome Black, Awesome White, Awesome Blue, dan Awesome Peach
Harga Rp5.999.000 (8GB/128GB) dan Rp6.499.000 (8GB/256GB)

Kesimpulan

Dengan Galaxy A53 5G, menikmati aktivitas harian bisa menjadi lebih menyenangkan. Mulai dari produktivitas dengan aplikasi seperti Link to Windows, entertainment dengan dukungan refresh rate 120Hz, audio yang bisa terintegrasi dengan Galaxy Buds Pro, hingga kreativitas dengan dukungan pada fitur-fitur kamera, bisa menambah pengalaman kamu dengan smartphone lebih awesome. Apalagi didukung juga dengan baterai besar 5.000mAh yang bisa tahan seharian penuh.

Dengan desain yang fashionable, Galaxy A53 5G juga bisa diajak untuk aktivitas lifestyle kamu. Opsi warna yang disediakan dapat menyatu dengan outfit yang kamu gunakan. Sebenarnya, tanpa casing tambahan, Galaxy A53 5G ini akan terlihat lebih modis. Namun, permukaan bodinya yang agak licin membuat harus berhati-hati saat memegangnya.

20220411 104525
Galaxy A53 5G dengan kotak kemasannya

Kelebihan lainnya adalah sertifikasi IP67. Ini bisa membuat pengguna smartphone menjadi lebih nyaman lagi karena tidak perlu takut saat digunakan di kondisi cuaca sedang hujan. Penggunaan prosesor dengan fabrikasi 5nm juga membuat kinerja smartphone menjadi lebih kencang, tetapi tetap lebih hemat daya dibandingkan sebelumnya.

Tags: , , , , ,


COMMENTS