March 11, 2022

WhatsApp Web ‘Pertebal’ Lapisan Keamanan

Penulis: Muhammad R
WhatsApp Web ‘Pertebal’ Lapisan Keamanan  

Mobitekno – WhatsApp dilaporkan telah menambahkan lapisan keamanan melalui ekstensi browser web yang disebut kode verifikasi. Lapisan tersebut menyediakan verifikasi pihak ketiga secara nyata berupa kode yang menjalankan WhatsApp Web pengguna.

Melansir laman Business Standard, kode verifikasi telah tersedia sebagai ekstensi browser web yang secara otomatis memverifikasi keaslian kode WhatsApp Web yang disajikan ke browser pengguna dan mengonfirmasi kode tersebut tidak dirusak atau diubah.

“Ada banyak faktor yang dapat melemahkan keamanan browser web yang tidak ada di ruang aplikasi seluler, seperti ekstensi browser. Seiring pertumbuhan penggunaan WhatsApp Web, kami juga ingin memperkuat perlindungan keamanan kami,” kata perusahaan, Jumat (11/3).

Melalui langkah ini, platform perpesanan milik meta tersebut, akan semakin memperkuat keamanannya untuk pengguna non-seluler. Kode verifikasi juga merupakan bersumber terbuka sehingga layanan perpesanan lain dapat memungkinkan orang untuk memverifikasi bahwa kode yang mereka sajikan di web sama dengan yang digunakan orang lain.

“Cara yang baik untuk memikirkan verifikasi kode adalah lampu lalu lintas untuk keamanan Web WhatsApp Anda. Jika kode cocok dan divalidasi, ikon verifikasi kode di browser Anda akan berubah menjadi hijau,” lanjutnya.

Untuk verifikasi kode, platform perpesanan telah menjalin kemitraan dengan perusahaan keamanan siber Cloudflare untuk menyediakan verifikasi kode pihak ketiga yang independen dan transparan kepada pengguna WhatsApp Web di browser web FireFox, Edge, dan Chrome.

“Setelah Anda menginstal ekstensi kode verifikasi, itu akan secara otomatis disematkan ke browser Firefox atau Edge, dan pengguna Chrome perlu menyematkannya untuk penggunaan yang optimal,” tambahnya.

Kemudian ketika seseorang menggunakan WhatsApp Web, ekstensi kode verifikasi secara otomatis membandingkan kode yang diterima browser dari WhatsApp Web, membuat sidik jari kode, dan mencocokkannya dengan sidik jari WhatsApp Kode web yang dibagikan dengan CloudFlare.

Tags: , , , ,


COMMENTS