February 10, 2022

Zyllem Hadirkan Layanan SaaS untuk Optimalkan Logistik dan Distribusi di Industri E-Commerce Tanah Air

Penulis: Iwan RS
Zyllem Hadirkan Layanan SaaS untuk Optimalkan Logistik dan Distribusi di Industri E-Commerce Tanah Air  

Mobitekno – Industri e-commerce di Indonesia yang meningkat berdampak pada kebutuhan akan layanan logistik yang semakin efisien. Penyedia solusi platform logistik berbasis cloud Zyllem ingin menawarkan solusiya bukan hanya bagi pelaku e-commerce tapi juga sektor ritel, distribusi, farmasi, F&B dan lainnya.

Startup asal Singapura pada 2014, Zyllem telah berkembang menjadi perusahaan yang menyediakan layanan SaaS (Software as a Service) bagi perusahaan di 8 negara Asia dalam mengendalikan sistem distribusinya dalam suatu platform yang terintegrasi dan sentral.

Baru-baru ini (9/2/2022), Zyllem memalui acara online menyampaikan pandangannya terkait pentingnya suatu sistem logistik yang efisien bagi pelaku e-commerce di Indonesia di tengah persaingan yang semakin kompetitif. Bukan hanya menekan biaya operasional, platfom Zyllem SaaS juga akan membawa dampak bagi kepuasaan pelanggan e-commerce.

Menurut laporan Mordor Intelligence, sektor logistik dan transportasi memiliki potensi pasar sebesar US$ 81,3 miliar yang untuk siap digarap melalui solusi digital. Hal ini mendorong Zyllem menghadirkan layanannya logistiknya untuk e-commerce dan sektor lainnya di Indonesia.

Menurut Zyllem, Indonesia memiliki tantangan tersendiri terkait proses pengiriman logistik. Misalnya kondisi geografis yang membuat bergantung kepada transportasi laut untuk pengiriman domestik dan internasional.

Berbagai perusahaan juga masih bergantung pada sistem distribusi multimoda yang penanganan logistik dan distribusi kian kompleks. Situasi dan kondisi infrastruktur yang masih belum memadai dan bencana alam juga membuat penangan logistik menjadi tantangan tersendiri tugas besar bagi banyak perusahaan di tanah air.

Hal tersebut menjadikan pesatnya perkembangan industri e-commerce semakin membutuhkan ekosistem yang cepat dan efisien guna mendukung kelancaran operasionalnya.

“Indonesia memiliki jaringan logistik yang rumit dengan berbagai tantangan di setiap proses pemenuhan rantai pasokan,” ujar Joanna Pawluczuk, Head of Sales Zyllem.

Zyllem memilki solusi optimal dengan mencatat seluruh kegiatan operasional logistik ke dalam sebuah dashboard intuitif dan lengkap yang dapat dilihat dan diatur dengan mudah oleh pengguna.

Menurut Joanna, solusi Zyllem dapat mengurangi waktu perencanaan hingga 85% dan memungkinkan untuk meningkatkan produktivitas hingga 30% per hari. Sistem pengiriman yang lebih cepat dan pelacakan real-time juga membuat pengalaman nyaman dan mengurangi keluhan bagi pelanggan.

Sebagai perusahaan berbasis cloud telah yang terpilih sebagai Technology Pioneer di 2021 oleh World Economic Forum, Zyllem mengharapkan solusinya dapat membantu perusahaan dalam mengelola dan mengoperasikan seluruh jaringan distribusi logistik secara efisien, mudah, dan transparan.

Sejauh ini Zyllem sudah dipercaya berbagai perusahaan besar di Indonesia, seperti PT Anugerah Pharmindo Lestari (APL), Datascrip, Garudafood, dan Informa.

Tags: , , , , ,


COMMENTS