January 10, 2022

Review vivo V23e, Tidak Hanya Menawarkan Fitur Pintar, Tetapi Juga Fashionable

Penulis: Desmal Andi
Review vivo V23e, Tidak Hanya Menawarkan Fitur Pintar, Tetapi Juga Fashionable  

Mobitekno – Seperti yang terdapat pada seri V sebelumnya, vivo V23e yang hadir di Indonesia pada akhir November 2021 ini juga mengunggulkan fitur kamera. Seri V dari vivo memang lebih menonjolkan sisi kamera, terutama kamera depan. Tidak heran, pada vivo V23e ini, kamera depannya sudah membawa fitur 50MP AF Night Portrait.

Dari awal seri V hadir di Indonesia, kamera depannya menjadi andalan para pengguna untuk menampilkan foto selfie atau wefie yang lebih sempurna. Oleh sebab itu, tidak heran, vivo juga menyematkan banyak filter dan fitur pendukung pada jajaran smartphone V-Series.

Namun begitu, bukan hanya mengandalkan kamera depan sebagai bahan untuk menarik perhatian para konsumen smartphone di Indonesia. Vivo juga menyematkan beragam fitur menarik lainnya. Misalnya adalah NFC Mutifunction, desain yang menawan, prosesor yang kencang, hingga daya baterai yang besar, lengkap dengan dukungan pengisi daya flash charge yang dapat mengisi daya dari 1% hingga 69% hanya dalam waktu 30 menit saja.

Mobitekno mendapat kesempatan untuk menguji smartphone ini dalam beberapa minggu. Ada dua warna yang ditawarkan vivo untuk V23e ini, yaitu Moonlight Shadow dengan tampilan klasik hitam dan Sunshine Coast yang memiliki warna lebih terang. Kami mendapatkan unit dengan opsi warna Sunshine Coast.

20220110 071129
vivo V23e

Kelengkapan

Seperti ciri khas kemasan vivo seri V lainnya, pada V23e ini, kemasannya juga hadir dengan desain yang padat, berbahan karton tebal, sehingga terlihat kokoh. Warna kemasannya juga cukup menarik, menggambarkan warna yang digunakan oleh vivo V23e, fashionable.  Teks V23e terlihat begitu dominan di bagian depan kemasan. Sementara di baliknya tertera sedikit spesifikasi dari smartphone ini.

Begitu kami buka segelnya dan kami tarik tutup kemasan kardusnya, tampak vivo V23e Sunshine Coast di dalamnya. Vivo Indonesia memberikan paket yang lengkap, termasuk charger yang mendukung flash charge 44W. Dengan begitu, konsumen tidak perlu lagi memikirkan untuk membeli charger secara terpisah. Berikut ini isi kemasan paket vivo V23e.

  1. Satu unit vivo V23e berwarna Sunshine Coast
  2. Kabel USB type C dengan warna putih
  3. Adapter charger 44W Flash Charge
  4. SIM Card Ejector
  5. Konektor Type C to Jack Audio 3,5mm
  6. Earphone standar
  7. Soft case transparan untuk melindungi smartphone
  8. Buku petunjuk singkat dan kartu garansi.
kelengkapan
Kelengkapan

Desain

Saat diperhatikan, cico V23e ini membawa desain ciamik. Bodinya terlihat tipis namun tidak berat. Bahkan, varian Sunshine Coast ini memiliki warna bodi yang bisa berubah-ubah, tergantung dari sudut mana penggunanya memandang. Penampilan warna yang bisa berubah ini tentunya semakin menambah kesan wewah produk ini. Tidak hanya mewah, kesan fashionable juga melekat pada vivo V23e. Jadi, smartphone dapat berpadu dengan OOTD penggunanya, dan sangat nyaman dipandang saat sedang digunakan di ruang publik.

Warna yang dapat berubah-ubah ini, menurut vivo karena teknik pewarnaannya menggunakan teknik Dual Layer Coating. Dipadukan dengan tekstur Satin AG Glass yang halus, membuat warna yang menarik ini tidak begitu licin saat digenggam oleh penggunanya. Bahkan, permukaan bodinya tidak meninggalkan jejak sidik jari. Dengan begitu, penampilan smartphone bisa tetap kinclong dan bersih.

Dimensi smartphonenya memiliki sudut-sudut yang melengkung halus. Ketebalannya hanya 7,41mm (opsi warna sunshine coast) dengan ukuran layar 6,44 inci. Mengusung Ultra Slim Design, maka beratnya hanya sekitar 172gram saja. Layarnya menggunakan jenis panel AMOLED dengan resolusi 2400 x 1080 piksel (FHD+). Bezelnya juga begitu tipis sehingga layar terlihat lebih luas. Screen to body ratio-nya sekitar 83,8% dengan rasio layar 20:9.

Ultra Slim Design
Ultra Slim Design

Masih di bagian layar, posisi kamera depan persis berada di tengah atas dengan mode notch. Kamera depannya yang berkemampuan besar 50MP AF Night Portrait ini, tentunya bisa membuat penggunanya bebas berekspresi dan bereksperimen tanpa khawatir hasilnya kurang memuaskan.

Berali ke bagian sisi-sisi kiri dan kanan. Tombol power dan volume berada di bagian kanan sementara di bagian sebaliknya tidak ada satu pun tombol atau slot fungsi. Bagian atasnya juga hanya terdapat lubang mikrofon. Sementara di bagian bawahnya terdapat slot SIM Card yang hbaru bisa dibuka melalui SIM Card Ejector. Disampingnya terdapat port USB Type C untuk kebutuhan charging atau memasang kabel data. Dan di sebelahnya lagi terdapat lubang speaker. Di sini, vivo V23e tidak menyediakan lagi port audio 3,5 mm. Jadi, produk ini lebih memprioritaskan headset dengan teknologi nirkabel. Namun, jika Anda masih ingin menghubungkan headset dengan kabel, vivo menyediakan konektor Type C ke audio 3,5mm. Jadi, pengguna mash bisa menghubungkan headset atau earphone kabel miliknya.

Tampilan sisi sisi V23e
Tampilan sisi-sisi V23e

Beralih ke bodi belakang. Seperti yang sudah diceritakan sebelumnya, bodi belakang ini didesain dengan menggunakan teknik Dual Layer Coating dan tekstur Satin AG Glass. Jadi, warna yang dihasilkan bisa berubah-ubah, tergantung dari sudut mana Anda melihatnya. Sementara posisi kamera belakang berada di kanan atas bodi belakang dengan frame berbentuk kotak. Di dalamnya terdapat AI Triple Camera dengan kamera utama 64MP, kamera ultra wide angle 8MP, dan kamea Super Makro 2MP.

Kamera
Desain kamera belakang dan depan

Lalu, dimana letak pemindai sidik jarinya? Untuk fitur keamanan ini, vivo menggunakan teknologi pemindai di balik layar. Jadi, Anda tinggal menekan area pemindai di layar bagian bawah untuk mendeteksi sidik jari, agar fungsi smartphone bisa terbuka.

Fitur dan Performa

Vivo menyematkan begitu banyak fitur pada smartphone ini. Selain kemampuan kamera depan yang begitu menonjol, vivo V23e juga memiliki fitur-fitur canggih dan kekinian, sehingga cocok digunakan oleh generasi muda saat ini.

Hadir dengan Fun Touch OS 12 berbasis Android 11, vivo V23e ini begitu nyaman digunakan. Sistem operasi ini membawa banyak kemudahan dan lebih menyenangkan. Anda bisa menemukan banyak widget, pengaturan, bahkan stiker menarik di dalamnya.

FunTouch
FunTouch OS 12 Berbasis Android 11

Vivo V23e juga menyematkan fitur kekinian NFC Multifunction. Fitur ini tidak hanya bisa membaca kartu e-money yang Anda miliki, tetapi juga bisa melakukan top-up. Karena membawa nama Multifunction, NFC pada smartphone ini juga bisa melakukan fungsi lainnya, seperti file sharing atau sebagai access card Duplication.

NFC
Fitur NFC Multifunction yang salah satunya bisa membaca saldo dan topup kartu uang elektronik Anda

Untuk urusan performa, vivo V23e menggunakan chipset MediaTek Helio G96 Octa-core (2×2.05 GHz Cortex-A76 & 6×2.0 GHz Cortex-A55), yang masih dibuat dengan fabrikasi 12nm. Chipset ini dipasangkan dengan GPU Mali-G57 MC2. Sementara memori bawaannya adalah 8GB. Paduan ketiganya tentunya bisa membawa performa tinggi yang dapat mendukung aktivitas harian, menikmati hiburan, hingga bermain game. Menariknya lagi, memorinya juga dibekali teknologi Extended RAM yang dapat menambah kapasitas memorinya sebesar 4GB lagi. Kapasitas tambahan ini diambil dari storage smartphone yang tidak terpakai.

memori besar
Memori besar dengan fitur Extended RAM yang membuat memori bisa diperluas 4GB lagi

Storagenya juga cukup nbesar, yaitu 128GB, sehingga bisa menyimpan banyak file, dokumen, foto, hingga video di dalamnya. Storage ini masih bisa diperluas lagi berkat adanya slot microSD di dalam slot SIM Card. Namun, karena desainnya hybrid, penggunaan MiroSD bergantian dengan SIM Card kedua.

Beralih ke bagian yang menjadi keunggulan smartphone ini, yaitu kamera. Kamera depannya yang memiliki kemampuan 50MP AF Night Portrait menjadi salah satu daya tarik dari smartphone ini.  Dengan resolusi ini, Anda bisa mendapatkan hasil foto terbaik, dengan gambar yang jernih, baik di dalam kondisi siang maupun malam hari.

fitur kamera
fitur-fitur kamera

Kamera depan vivo V23e dibekali dengan berbagai fitur andalan, seperti fitur AF Front Camera dan Eye Autofocus. Ada juga fitur Fun Portrait dengan Multi-Style Portrait, Dual-View Video serta Double Exposure yang akan memberikan sudut pandang baru untuk menghasilkan konten atau potret yang menarik.

dual view
mode dual view dimana kamera depan dan belakang aktif bersamaan

Sementara kamera belakangnya juga tak kalah mumpuni. Tiga kamera yang ada di bagian belakang sanggup menghasilkan foto yang jernih. Bahkan, mode Bokeh Flare Portrait yang dimilikinya dapat memberikan efek bokeh yang memancarkan keindahan cahaya di latar belakang foto.

Vivo memberikan smartphone ini dengan baterai yang cukup besar, yaitu 4050mAh. Baterai ini sanggup menamani aktivitas penggunanya seharian. Namun jika kapasitas baterai menipis, menggunakan charger bawaan, bisa melakukan pengisian daya dengan sangat cepat. Dari kapasitas 1% menjadi 69%, bisa dilakukannya hanya dalam waktu 30 menit saja.

flash charge
Didukung adapter 44W Flash Charge, mampu mengisi daya dengan sangat cepat

Sebagai smartphone yang memiliki performa tinggi, vivo V23e juga menyediakan fitur Ultra Game Mode untuk mendukung pengguna yang gemar bermain game. Fitur ini bisa mengatur berbagai hal yang membuat permainan bisa lebih nyaman.

Berikut ini contoh foto dari vivo V23e:

Ini adalah hasil benchmark:

benchmark
Hasil benchmark

 

Spesifikasi

Tipe Vivo v23e
Layar AMOLED 6,44inci 2400 x 1080 piksel, rasio 20:9
Chipset MediaTek Helio G96
GPU Mali-G57 MC2
Memori 8GB (+4GB dengan fungsi Extended RAM) + storage 128GB + slot Micro SD
Kamera depan 50MP AF Night Portrait
Kamera Belakang 64MP kamera utama, 8MP kamera ultra wide, dan 2MP kamera makro
OS Funtouch 12 Android 11
Fitur NFC Multifunction, GPS, Wifi 802.11 a/b/g/n/ac, Bluetooth 5.2 A2DP, USB On The Go
Baterai 4050mAh dengan dukungan pengisian daya 44W Flash Charge
Bobot 172gram
Opsi warna Sunshine Coast dan Moonlight Shadow

Kesimpulan.

Sebagai smartphone V Series dari vivo Indonesia, V23e dapat mewujudkan semua kebutuhan pengguna smartphone di Indonesia. Selain bisa diajak untuk menemani beraktivits sehari-hari, vivo V23e juga dapat diajak untuk menemani saat sedang meikmati hiburan, jalan-jalan, bermain game, hingga saat sedang santai akhir teman bersama teman-teman. Desain yang kekinian dan fashionable membuat smartphone ini bisa berpadu-padan dengan OOTD penggunanya. Apalagi opsi warna Sunshine Coast bisa menampilkan warna bodi yang berubah-ubah. Dilihat dari sudut mana pun, smartphone ini tetap enak untuk dilihat.

Untuk kebutuhan interaksi dengan media sosial, vivo V23e juga memiliki kamera depan yang mumpuni. Berbagai filter bisa digunakan. Vivo juga melengkapinya dengan kemampuan membidik pada cahaya rendah, bahkan malam hari. Jadi, di sistuasi apapun, hasil kamera depan ini tetap terang. Kamera 50MP AF Night Portrait mampu membuat penampilan Anda tetap fresh, bersih, dan detail. Kemampuan kameranya juga memiliki fungsi dual view, dimana kamera depan dan belakang bisa bekerja secara bersamaan. Dengan begitu, fitur ini cocok untuk Anda yang gemar melakukan aktivitas live vlog.

kesimpulan
vivo V23e jadi andalan untuk aktivitas harian

Tidak hanya kamera, smartphone ini juga memiliki beragam kemampuan lainnya. NFC salah satunya. Fitur ini sepertinya menjadi wajib bagi penduduk ibukota, dimana sudah banyak layanan yang menggunakan mode pembayaran cashless. Anda bisa memeriksa saldo e-money dengan cepat, termasuk melakukan topup. Jadi, tidak perlu mampir d minimarket untuk melakukan topup.

Secara keseluruhan, vivo V23e bisa menjadi teman setia penggunanya setiap saat. Apalagi ditunjang dengan baterai besar dan bisa diisi kembali dengan sangat cepat berkat dukungan 44W flash charge.

 

Tags: , , ,


COMMENTS