May 9, 2022

Ingin Tetap Unggul di Kamera, Samsung Diprediksi Pakai Sensor 200 MP untuk Ponsel Galaxy S23

Penulis: Iwan RS
Ingin Tetap Unggul di Kamera, Samsung Diprediksi Pakai Sensor 200 MP untuk Ponsel Galaxy S23  

Mobitekno – Samsung sudah mengumumkan sensor kamera Isocell HP1 200 MP pada akhir tahun lalu. Meski belum digunakan pada ponsel yang berebdar saat ini, Samsung tampaknya ingin melanjutkan pengembangan modul kamera tersebut melauli sensor terbaru Isocel HP3.

Apabila pengembangannya berjalan lancar dan siap produksi, Samsung diharapkan akan menggunakan modul terseut untuk ponsel flagship Galaxy S23 yang dijadwalkan rilis tahun depan.

Pengembangan modul kamera yang dilakukan oleh divisi Wireless Business dan Samsung Electro-Mechanics diketahui telah mencapai tahapan akhir. Seperti diketahui, Samsung Electro-Mechanics adalah pemasok modul kamera smartphone terbesar bagi Samsung Electronics.

Diklaim sebagai sensor kamera ponsel pertama yang mendukung resolusi 200 MP, Isocell HP1 mengusung format 1/1,22 inci dengan ukuran native per piksel 0,64 mikron. Sensor gambarnya dibekali dengan teknologi dynamic pixel binning untuk meningkatkan kualitas fotonya.

Teknologi pixel binning dipilih untuk menyiasati peningkatan MP hasil foto tanpa terlalu banyak mengorbankan performa di pencahayaan rendah. Ini dilakukan dengan menyesuaikan penggabungan gambar (pixel) yang cocok untuk pemotretan berdasarkan kondisi pencahayaan tertentu.

Agar ponsel dapat menghasilkan foto berkualitas 200 MP, diperlukan sensor kamera yang sanggup mengolah jumlah piksel yang besar tersebut. Dengan katal ian, sensor haruis dapat mengubah cahaya masuk menjadi sinyal digital.

Meski diprediksi akan hadir tahun depan di ponsel Galaxy S23 Ultra, Samsung belum memberikan konfirmasi akhir tentang dukungan sensor kamera 200 MP tersebut.

Sejauh ini, sensor kamera tertinggi yang digunakan Samsung adalah 108 MP yang ada pada Galaxy S22 Ultra. Sensor ini juga sudah digunakan oleh flagship Samsung sebelumnya, yaitu Galaxy S20 dan S21 yang dirilis pada tahun 2020. Apabila sensor 200 MP hadir di kamera Galaxy S23 Ultra tahun depan, itu akan menandai perubahan spesifikasi kamera ponsel Samsung selama empat tahun ini.

Dengan meningkatnya piksel kamera di ponsel, produsen smartphone juga harus meningkatkan performa komponen ponsel lainnya, seperti memori, sensor lainnya, lensa, application processor (AP), dan beberapa komponen lainnya.

Persaingan antara dua produsen ponsel teratas yang mewakili dua platform berbeda, Samsung Electronics dan Apple diperkirakan kembali memanas tahun depan di area kamera. Apple diketahui akan merilis iPhone 14 dengan sensor kamera yang mengusung jumlah piksel empat kali lipat dari generasi sebelumnya pada paruh kedua tahun ini. Ini berarti perubahan signifikan dari spesifikasi kamera iPhone selama tujuh tahun terakhir ini. Apakah Samsung akan meresponsnya dengan kamera 200 MP awal tahun 2023? Kita tunggu saja.

Tags: , , , ,


COMMENTS