March 9, 2022

Kenalkan Sejarah Kerajaan di Indonesia, Nusantara Interactive Studio Perkenalkan Game Dinasti Garuda

Penulis: Desmal Andi
Kenalkan Sejarah Kerajaan di Indonesia, Nusantara Interactive Studio Perkenalkan Game Dinasti Garuda  

Mobitekno – Keberadaan game ini sudah bisa di-download sejak Februari 2022. Dinasti Garuda sendiri merupakan game buatan anak bangsa dari PT Dinasti Garuda Nusantara dengan Nusantara Interactive Studioyang membawa tema, yang membawa sejarah kerajaan-kerajaan yang ada di Indonesia. Game ini sendiri akan dimulai dari kerajaan Majapahit.

Pada pembukaan game Dinasti Garuda ini, mengambil tema visi dan misi Kerajaan Majapahit untuk mempersatukan nusantara sesuai dengan Sumpah Palapa. Dinasti Garuda sendiri mengambil latar semua kerajaan-kerajaan di Indonesia dan dirangkum dalam 1 game. Dinasti Garuda sendiri baru bisa dimainkan bagi pengguna Android dan dapat diunduh di Google Play Store.

Dalam permainan, game tidak hanya menampilkan berbagai kerajaan nusantara seperti Kerajaan Kutai Martadipura, Kerajaan  Tarumanegara, Kerajaan Sriwijaya, hingga Kerajaan Majapahit. Akan tetapi juga menyuguhkan berbagai hero yang mengambil para tokoh populer kerajaan yang sudah melegenda. Tokoh-tokoh ini seperti Gajah Mada, Hayam Wuruk, Airlangga, Jaya Baya, atau Ken Arok.

Dikemas dalam permainan yang sederhana, Dinasti Garuda memiliki ratusan level untuk dimainkan. Setiap lebel bisa dimainkan melalui dialog visual serta voice actor yang akan mengiringi  pemain selama memainkan game mobile ini.

“Dengan genre Card Battle, Kami berusaha mengenalkan sejarah kerajaan-kerajaan nusantara yang cukup populer di dalam game Dinasti Garuda ini. Dikembangkan oleh anak-anak muda berbakat dari Nusantara Interactive Studio, game ini memiliki unsur edukasi yang bagus. Oleh sebab itu, kami pun berencana mempromosikan game ini ke sekolah-sekolah hingga perguruan tinggi,” ujar Rudi R. Kusnadi, selaku Direktur PT Dinasti Garuda Nusantara.

Seremonial pemotongan tumpeng yang menandakan perkenalan awal (soft launch) game Dinasti Garuda

Rudi juga menambahkan bahwa game ini merupakan produk pertama buatan PT Dinasti Garuda Indonesia melalui Nusantara Interactive Studio. Rudi berharap game ini bisa ramai dimainkan oleh anak-anak muda. Apalagi ke depannya juga akan dibentuk sebuah kompetisi yang dapat menarik minat gamer di Indonesia. Selain itu, game Dinasti Garuda juga diharapkan mampu menumbuhkan semangat nasionalisme dan kebanggaan terhadap budaya Indonesia.

Ikuti Tren Teknologi Masa Depan

Dengan karakter-karakter yang unik, dimana sebagian besar karakter tersebut sudah dikenal banyak oleh masyarakat Indonesia, Dinasti Garuda berencana untuk menjua karakter-karakter ini dalam platform NFT. Nantinya bagi mereka yang ingin membeli karakter NFT Dinasti Garuda bisa membelinya di marketplace yang menyediakan NFT, misalnya seperti OpenSea.

Karakter-karakter ini nantinya bisa dijadikan barang koleksi yang unik untuk gamer yang memainkan Dinasti Garuda ini. Penjualan karakter melalui teknologi NFT ini sekaligus ingin memperkenalkan karakter-karakter yang ada di game dengan lebih luas, yaitu ke luar negeri. Hal ini nantinya bisa menjadi kebanggaan sendiri bagi Indonesia.

Dalam menciptakan berbagai karakter yang sudah melegenda ini, tim dari Nusantara Interactive Studio sebelumnya melakukan riset sendiri. Riset ini diambil dari berbagai macam sumber, mulai dari buku, majalah, hingga website-website yang memiliki informasi seputar sejarah kerajaan Indonesia. Ke depannya, pengembang game ini akan melakukan riset bersama kementerian pendidikan atau pihak-pihak yang berhubungan dengan sejarah kerajaan Indonesia, agar bisa tercipta karakter-karakter lokal lainnya.

Saat ini, Dinasti Nusantara baru bisa dimainkan dalam platform Android saja. Ke depannya akan dikembangkan juga untuk platform iOS. Namun, gamer bisa menggunakan aplikasi BlueStacks agar game ini dapat dimainkan di platform PC Desktop atau laptop yang berbasis Windows.

Tags: , , , , , ,


COMMENTS