September 8, 2022

Carl & Claire Manfaatkan Ranah Digital Shopee untuk Kembangkan Produk

Penulis: Karyo
Carl & Claire Manfaatkan Ranah Digital Shopee untuk Kembangkan Produk  

Mobitekno – Di saat industri skincare dan makeup lokal menjadi primadona bisnis kala itu, justru Nouva Puspita, Founder sekaligus CEO dari Carl & Claire sukses hadir membawa serangkaian aroma parfum menarik untuk menciptakan rasa percaya diri bagi para penikmatnya. Hadirnya Carl & Claire didasari oleh tren serta kebutuhan masyarakat Indonesia akan produk wewangian berkualitas tinggi namun dengan harga bersahabat di mana saat itu jarang ditemui.

Pada awalnya terdapat keraguan, khususnya melihat situasi dimana tidak banyak pelaku usaha yang bergerak dalam bidang ini serta peta persaingan industri yang didominasi para pemain bisnis lama dan sudah memiliki nama besar. Rasa ingin tahu Nouva yang cukup besar membawa nya berani mengulik lebih dalam mengenai potensi dan peluang berbisnis pada industri ini.

Melalui tekad dan komitmennya untuk membawa sisi baru memajukan industri parfum lokal, perjalanan bisnis diawali pada tahun 2019 dengan mencoba peruntungan ke orang terdekat hingga mengambil langkah berani berpartisipasi pada offline bazaar. Disitulah Nouva banyak belajar dan mengumpulkan informasi melalui interaksi langsung.

Nouva Puspita, CEO dari Carl & Claire mengungkapkan, “Perjalanan kami tidak serta merta terbilang mulus, banyak tantangan yang kerap dihadapi. Salah satunya saat tahun pertama kelahiran Carl & Claire, dimana sebanyak 30 varian koleksi berhasil dipasarkan,” ujar Nouva dalam paparannya dalam acara Media Seller Story – Shopee 9.9 Super Shopping Day, yang digelar Shopee, Selasa ( 06/09/2022).

“Nyatanya dari sebanyak 30 variasi yang dijual tanpa meriset kebutuhan konsumen terlebih dahulu, justru berdampak pada penjualan yang tidak sesuai yang diharapkan dan malah membuat sebagian besar pembeli merasa bingung dengan banyaknya variasi yang ditawarkan,” lanjutnya.

“Belajar dari kegagalan tersebut, kini ragam koleksi Carl & Claire selalu hadir berdasarkan pemetaan konsep yang diklasifikasikan berlandaskan kebutuhan, tren, dan karakter masyarakat. Dimana sesuai dengan misi awal kami untuk membangun kepercayaan diri serta memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia akan produk wewangian berkualitas tinggi dengan harga terjangkau,” jelas Nouva lagi.

Tidak hanya itu, terdapat ruang pembelajaran bagi Nouva dalam perjalanan bisnis Carl & Claire. Mulai dari dimana stok yang diperkirakan akan laku selama tujuh hari pameran, justru hanya berhasil terjual lima botol selama dua hari berlangsung hingga ribuan botol yang telah disiapkan untuk penjualan produk terbaru, kenyataan dilapangan hanya sukses terjual puluhan unit.

Dalam perjalanan karir di industri ini, Nouva mengkaji hal yang menjadi pemicu kegagalan dan mencari formula penanganannya. Seperti halnya saat Carl & Claire dihadapkan pada situasi pandemi yang memaksa Nouva untuk menyusun ulang strategi penjualan dan beradaptasi dengan cara baru. Keterbatasan ruang gerak serta perubahan perilaku konsumen, Carl & Claire mulai lebih fokus memanfaatkan ranah digital untuk lebih dekat dengan konsumen.

Ibarat nama itu adalah sebuah doa, arti nama dari Carl & Claire yang juga memiliki makna dan harapan khusus dari pemiliknya. Carl yang didefinisikan strong atau longlasting, sedangkan Claire berarti popular atau trending, sehingga begitu ke dua kata digabungkan harapannya Carl & Claire mampu menghadirkan produk parfum yang tahan lama dengan aroma-aroma populer sesuai kebutuhan.

Carl Claire 1

Kualitas produk Carl & Claire

Dalam menghasilkan satu fragrance oil, memerlukan lebih dari seribu raw material hingga terciptalah sebuah aroma. Proses untuk menghasilkan wangi premium, dibutuhkannya kerjasama dengan Perfumer Spesialis yang sudah bersertifikasi dan menggandeng erat frangnance house dari berbagai negara. Hal ini wujud komitmen Carl & Claire dalam menghadirkan wewangian kelas internasional di pasar Indonesia.

Ketika mencium sebuah aroma parfum, bukan hanya indra penciuman saja yang bekerja, imajinasi dan rasa emosional seakan ikut bergabung menciptakan ruang memori positif. Disinilah peran Carl & Claire yang memberi kebebasan imajinasi para penggunanya dalam sebuah aroma.

Parfum itu bagaikan sebuah karya seni yang juga dipengaruhi oleh tren dari waktu ke waktu. Mengkombinasikan tren dan kemajuan teknologi, terbukti koleksi Carl and Claire selalu menyimpan makna dan cerita yang sesuai dengan kondisi dan karakteristik para penggunanya.

Seperti salah satunya koleksi yang dikenal Rosie, mengadaptasi Viva Scentz Technology, perpaduan keharuman bunga dengan teknologi yang dapat meningkatkan mood, dan merasakan positive emotions bagi siapapun yang memakainya.

Carl & Claire Perluas Jangkauan Produk di Ranah Digital Bersama Shopee

Terus berusaha untuk mengepakan sayapnya, Nouva mengembangkan potensi melalui ranah digital dengan memiliki website penjualan. Kemudian, pada tahun 2021, Carl & Claire memutuskan bergabung menjadi ShopeeMall. Menurut Nouva langkah tersebut dapat semakin memperkuat presence dalam ranah digital, karena dengan ShopeeMall Nouva yakin dapat semakin memperkuat kredibilitasnya sebagai brand.

Carl & Claire melihat platform e-commerce seperti Shopee menghadirkan tidak hanya kemudahan tetapi juga wadah bagi brand atau penjual khususnya pelaku usaha lokal untuk memperkuat potensi. Ragam fitur serta program yang ditawarkan Shopee telah disesuaikan dengan kebutuhan market baik pembeli maupun para penjual.

Salah satu diantaranya adalah panduan dari tim Shopee kepada penjual untuk memanfaatkan fitur dan program yang tersedia dalam mengembangkan produk sekaligus toko. Selain itu, Carl & Claire juga memanfaatkan program Shopee Affiliate.

Dengan fitur ini, Nouva merasa sangat terbantu dimana produk Carl & Claire dapat dipromosikan sehingga meningkatkan daya tarik pengguna untuk berbelanja produknya.

Adanya ragam program seperti flash sale dan kampanye angka kembar seperti 9.9 dan 12.12 dirasa Nouva sangat membantu dalam meningkatkan penjualan serta brand awareness di Shopee. Terbukti salah satu produk favorit dari Carl & Claire, Black Orchid Perfume yang kerap terjual habis setiap mengikuti kampanye. Antusiasme pengguna juga terlihat pada beberapa produk terfavorit antara lain Rosie Collection, Delicate, Lady dan Travel Size 12 ml. Produk-produk ini sering ditanyakan melalui fitur chat dan menjadi wishlist product dari pengguna Shopee.

“Kami merasa sangat terbantu dan ingin mengucapkan terima kasih untuk Shopee. Khususnya di tengah situasi pandemi, dimana kami pelaku usaha dihadapkan oleh pembatasan ruang gerak serta perubahan gaya hidup masyarakat,” ujar Nouva.
“Namun, Shopee tetap terus memberikan wadah dan semangat bagi para pelaku usaha melalui inovasi dan program demi menjaga keberlangsungan bisnis dan membantu kami untuk beradaptasi pada situasi pandemi saat itu. Salah satunya kemeriahan kampanye Shopee 9.9 Super Shopping Day menjadi momentum bagi pelaku usaha guna meningkatkan eksposur melalui fitur-fitur yang ditawarkan,”

Berbagai persiapan dilakukan oleh Carl & Claire, mulai dari jumlah stock yang disediakan, promo yang akan dihadirkan hingga optimisasi pada iklan. Tidak lupa, untuk menghadirkan konten-konten kreatif untuk semakin memperkuat daya tarik. Selain itu, Nouva juga terus memanfaatkan halaman analisa untuk mencari insight mengenai perilaku atau preferensi konsumen. Dengan mengetahui performa penjualan serta produk-produk favorit, Carl & Claire dapat menyusun strategi baik dalam menarik kunjungan ke tokonya dan cara efektif dalam menjalankan kampanye.

Shopee senantiasa merealisasikan komitmennya untuk menjawab kebutuhan masyarakat Indonesia melalui berbagai kampanye yang dihadirkan, termasuk pada kampanye Shopee 9.9 Super Shopping Day yang kini sedang berlangsung.

Untuk memfasilitasi para pengguna dalam memenuhi berbagai kebutuhan sehari-hari, pada puncak kampanye di 9 September nanti, Shopee telah menyiapkan ragam kemeriahan dan penawaran menarik, mulai dari Gratis Ongkir RP0 Seharian, Main Shopee Lahap Dapat Mobil, hingga promo Belanja Gratis s/d 1JT. Di tengah kemeriahan ini, Carl & Claire juga akan berpartisipasi pada hari puncak kampanye dengan menghadirkan diskon hingga 30%, Flash Sale, dan konten-konten menarik melalui Shopee LIVE.

Carl & Claire berharap produk lokal Indonesia terus maju dan bias bersaing di kancah internasional.
“Kedepannya, Carl and Claire berharap dapat terus memberikan dampak kepada para penggunanya untuk dapat merasa lebih percaya diri melalui koleksi aroma parfum yang dihadirkan. Karena dengan rasa percaya diri, Nouva yakin dapat mengubah keadaan disekitar untuk menjadi lebih baik dalam menggapai mimpi mereka,” ujarnya berharap.

Selain itu, bagi para pelaku UMKM lainnya, Nouva juga berpesan untuk tetap terus bersemangat! Seberat apapun rintangan awal yang dihadapi, ingat akan banyak hal baik dan kesuksesan yang menanti di akhir nanti. Seperti saat kita mengayuh sepeda, terasa berat di awal namun pada akhirnya ban roda tersebut akan berputar dan membuat beban menjadi lebih ringan. Intinya jangan cepat menyerah, berani menerobos hal baru, karena kegagalan itu bukan berarti berhenti tapi awal mula dari kesuksesan.

Tags: ,


COMMENTS