January 7, 2022

CARRO Indonesia Perkuat Layanan Pelanggan dengan Teknologi AI

Penulis: Desmal Andi
CARRO Indonesia Perkuat Layanan Pelanggan dengan Teknologi AI  

Mobitekno – Bisnis harus terus berinovasi agar bisa terus bersaing di era modern seperti saat ini. Inilah yang juga dilakukan CARRO Indonesia. Platform jual beli mobil ini baru saja memperkuat sistem layanan pelanggan dengan memperkenalkan TalkBot. Ini adalah sebuah fitur kecerdasan artifisial berbasis suara.

Dalam meningkatkan sistem layanan ini, CARRO Indonesia bekerja sama dengan WIZ.AI, perusahaan pengembang sistem Voice AI (Voicebot) bagi bisnis, CARRO mengembangkan sistem hiper personalisasi untuk mendukung interaksinya dengan pelanggan yang berniat menjual atau membeli kendaraan. Fitur ini resmi diluncurkan sejak bulan Desember 2020 dengan Indonesia sebagai pasar pertamanya, sebelum memasuki negara tetangga Asia Tenggara lainnya.

TalkBot tak hanya bot yang bisa menjawab pelanggan, namun juga bisa mendengar, memahami, dan berbicara dalam beberapa bahasa yang ada di Asia Tenggara dengan aksen lokal. Sehingga mampu dan dapat menyesuaikan dengan pertanyaan pelanggan dengan nada dan ekspresi percakapan pada umumnya.

“Sektor otomotif Asia Tenggara tengah berada di pusat revolusi digital. Pandemi COVID-19 ternyata mampu mempercepat penerapan teknologi digital di industri otomotif dan CARRO secara konstan menyesuaikan diri untuk dapat berinteraksi secara lebih baik dengan pelanggan dengan berbagai cara,” ujar Aditya Lemana, Co-Founder CARRO. “CARRO akan terus berinvestasi ke teknologi dan melakukan kerjasama dengan ekosistem dengan visi yang sejalan untuk memperbaiki pengalaman jual beli para pemilik mobil,” tambah Aditya.

CARRO Automall
CARRO Indonesia

Cara TalkBot bantu penjualan mobil

Sejak diluncurkan pada Desember lalu, fitur Voicebot berbasis AI mampu melayani lebih dari 95% percakapan dengan pelanggan melalui telepon

Penggunaan teknologi Talkbot AI meningkatkan kapasitas call center CARRO untuk memproses panggilan hingga lebih dari 400% tanpa penambahan SDM.

Tidak hanya menerima panggilan, TalkBot juga dapat melakukan percakapan hingga panggilan berakhir. Adanya kemampuan TalkBot ini membantu menambahkan volume potensi transaksi dan dengan demikian membantu CARRO menjadi platform jual beli mobil yang mudah diakses oleh konsumen di Indonesia.

“Suara merupakan bagian dari masa depan teknologi AI bagi interaksi dengan pelanggan dalam ranah layanan pelanggan. Kerjasama WIZ.AI dengan CARRO dalam mengembangkan teknologi ini turut memungkinkan kami untuk terus bertumbuh dan merambah industri baru, yaitu otomotif, sehingga mampu mendigitalisasi industri ini agar lebih banyak menjangkau pelanggan di Asia Tenggara,” ujar Jennifer Zhang, CEO dan Founder WIZ.AI.

Penambahan fitur TalkBot ini merupakan salah satu upaya CARRO dalam memperkuat infrastruktur digital dan mengukuhkan posisi sebagai penyedia layanan jual beli mobil yang mengutamakan kebutuhan pelanggan di pasar Indonesia.

Fitur terbaru ini merupakan satu dari serangkaian inovasi yang sudah dilakukan oleh CARRO dalam hal layanan pelanggan. Tidak hanya menyediakan proses pembelian mobil secara hybrid online-offline dimana konsumen dapat mengakses riwayat mobil lengkap secara online ataupun melihat mobil dan melakukan test drive secara langsung di CARRO Automall dan Customer Experience Center, CARRO juga menawarkan program Nationwide Delivery untuk melayani pengiriman mobil hingga ke seluruh daerah di Indonesia, dari Sabang hingga Merauke.

Tags: , , , ,


COMMENTS