April 6, 2022

Review Galaxy Tab A8, Tablet Keluarga yang Pas untuk Kebutuhan Anak dan Orangtua

Penulis: Desmal Andi
Review Galaxy Tab A8, Tablet Keluarga yang Pas untuk Kebutuhan Anak dan Orangtua  

Mobitekno – Tablet Samsung Galaxy Tab A8 ini memang dikeluarkan Samsung dengan segmen keluarga dan para pelajar di Indonesia. Hadir pada akhir Januari 2022, tablet ini dapat menyesuaikan dengan sistem kerja hybrid dimana menawarkan banyak fitur untuk melakukan aktivitas secara online, baik untuk WFH maupun sistem pembelajaran jarak jauh.

Karena didesain untuk aktivitas harian yang dapat fimanfaatkan banyak orang, tentunya tablet harus memiliki ketahanan waktu yang lama. Samsung pun menyematkan baterai besar sebesar 7040mAh guna menunjang aktivitas penggunanya seharian penuh. Sebagai tablet untuk segmen keluarga, tentunya Galaxy Tab A8 dibekali dengan fitur, mulai dari anak-anak hingga kebutuhan orang dewasa. Mulai dari Samsung Kids hingga fitur hiburan dengan kemampuan quad speakers bisa dirasakan dalam Galax Tab A8 ini. Galaxy Tab A8 sendiri hadir dalam dua varian, yaitu varian LTE dan varian Wi-Fi.

Mobitekno pun mendapatkan kesempatan untuk merasakan kemampuan Galaxy Tab A8 varian LTE untuk melakukan aktivitas harian, baik untuk memeriksa email, melakukan rapat online, maupun berkreasi dengan beberapa fitur yang ada di dalamnya. Penasaran dengan hasil penggunaan selama beberapa hari? Ikuti ulasannya berikut ini.

20220329 073723
Samsung galaxy Tab A8

Kelengkapan

Hadir dalam kemasan berwarna putih, ciri khas tablet Galaxy Tab A Series, Samsung menyematkan bebrapa item pendukung juga di dalamnya, selain unit Galaxy Tab A8 itu sendiri. Kami buka segel plastik sertea stiker peengaman di kotak kemasannya dan kami pun melihat seluruh isi di dalamnya. Lengkapnya sebagai berikut:

  1. Perangkat Galaxy Tab A8 dengan opsi warna gray
  2. Buku petunjuk singkat dan kartu garansi
  3. SIM Card Ejector
  4. Kabel USB Type C
  5. Adapter AC to DC
Kelengkapan
Kelengkapan pake penjualan

Desain

Masuk di segmen menengah, Samsung mendesain tablet ini cukup estetik. Oleh sebab itu, tablet ini menjadi perangkat yang mudah dibawa-bawa, kemanapun penggunanya pergi. Samsung sendiri mengeluarkan tiga opsi warna, yaitu Gray, Pink, dan Silver.

Dilihat dari dimensi secara keseluruhan, tablet ini juga cukup tipis. Ketebalannya hanya 6,9mm, sehingga terlihat ramping untuk sebuah tablet berukuran layar 10,5 inci. Sementara ukuran bodinya adalah 246,8 x 161,9 x 6,9mm. Layarnya sendiri memiliki resolusi 1920 x 1200 piksel (WUXGA) TFT dengan screen to body ratio sekitar 80%, cukup lega untuk sebuah tablet. Di sekeliling layar dibalut bezel tipis 10,2 mm berwarna hitam, mempercantik tampilan tablet. Sementara aspek ratio layarnya adalah 16:10.

Dimensi tipis
Ketebalan hanya 6,9mm, cukup tipis dan fleksibel dibawa kemanapun oleh penggunanya

Masih di bagian layar, kamera selfie tersemat dengan kemampuan 5MP yang juga dapat merekam video 1080p dengan 30fps. Posisi kamera ini tepat berada di tengah-tengah di bagian bezel, dengan kondisi tablet horisontal. Desain seperti ini mempermudah pengguna untuk menggunakan tablet dalam rapat online atau pembelajaran jarak jauh bagi para pelajar, karena anak atau orang tua bisa terlihat fokus menatap ke tengah, seperti menatap mata peserta kelas online atau meeting lainnya.

Beralih ke sisi-sisi tablet. Dengan memposisikan port USB type C Ada di bagian bawah, sisi kanan tablet dilengkapi dengan tombol power dan tombol volume. Sementara di sisi sebaliknya ada slot untuk memasukkan SIM Card. Di bagian bawah, selain ada port USB type C, terdapat juga lubang mikrofon, speaker, dan jack audio 3,5mm. Sementara di bagian atasnya terdapat lubang speaker dan mikrofon. Karena tablet ini mengusung desain quad speaker, maka lubang-lubang speaker ini berjumlah dua di setiap sisi bawah dan atas. Jadi, saat tablet diposisikan horisontal dan digunakan menonton film favorit, keempat speaker yang kini ada di kiri dan kanan mampu menghasilkan suara yang cukup memukau.

20220329 073623
Kamera belakang Galaxy Tab A8

Beralih ke sisi belakang. Selain bodi polos dengan warna gray, di bagian kiri atas terdapat kamera utama 8MP Auto fokus. Kamera ini juga dapat merekam video dengan kemampuan 1080p 30fps.

20220329 073638
Kamera depan Galaxy Tab A8

Fitur dan performa

Saat menggunakan sebuah perangkat gadget, khususnya smartphone dan tablet, tentunya yang diperhatikan pertama kali adalah User Interfac-nya. Di Galaxy Tab A8, Samsung sudah mengintegrasikan One UI 3 berbasis Android 11 ke dalamnya, Tentunya, sistem operasi ini memudahkan pengguna karena Google semakin lengkap dalam memberikan fitur di versi-versi Android terbaru. Dipadukan dengan kinerja hardware di dalamnya, tentu saja akan menghasilkan kinerja yang mumpuni.

Guna menunjang kinerja tersebut, Samsung Galaxy Tab A8 menggunakan prosesor Octa-Core Unisoc Tiger T618 2GHz. Prosesor ini menggunakan fabrikasi 12nm. Untuk kinerja grafis, GPU Mali G52 MP2 juga dapat mengantarkan detail-detail setiap warna pada layar galaxy Tab A8 ini. Kemampuan ini masih ditambah dengan memori internal 4GB RAM di dalamnya. Ini membuat trafik data menjadi lebih lancar. Galaxy Tab A8 memang dibekali memori lebih lega dari seri sebelumnya. Sementara untuk storagenya, Galaxy Tab A8 memiliki 128GB untuk penyimpanan internal. Ini masih bisa ditambah dengan memanfaatkan slot microSD yang sanggup menampung memori tambahan hingga 1TB.

Unisoc
Prosesor Octa-Core unisoc T618

Berbicara kemampuannya, sebagai tablet dengen segmentasi keluarga, tentu saja ada banyak fitur yang bisa digunakan secara positif. Mulai dari multi-active window yang bisa membuat pekerjaan multitasking lebih mudah, Samsung Notes terbaru untuk mencatat hasil-hasil rapat atau belajar online dengan instan, screen recording untuk merekam seluruh aktivitas belajar online, hingga Auto Swich yang dapat memindahkan audio ke perangkat Galaxy lainnya, seperti galaxy Buds Pro. Semuanya dihadirkan untuk memudahkan pengguna dalam beraktivitas untuk pekerjaan maupun keluarga.

Screenshot 20220329 065231 One UI Home
Screen Recording

Untuk kebutuhan anak-anak pun, Samsung telah memikirkannya dengan matang, dengan menghadirkan Samsung Kids. Di Samsung Kids tersedia berbagai aplikasi permainan dan kreativitas, seperti Crocro’s Friend Village, Bobby’s Canvas, Lisa’s Music Band, Crocro’s Adventure. Tersedia juga aplikasi untuk camera, gallery, browser khusus anak-anak, koleksi art yang dikerjakan anak, maupun rekaman suara mereka. Di browser, orang tua bisa menentukan website apa saja yang boleh diakses dan mencegah mereka berselancar sampai ke website yang tak diinginkan. Samsung Kids bisa dioperasikan dengan pengawasan penuh orangtua dimana orangtua bisa memberikan PIN khusus untuk mengakses beberapa aplikasi di dalamnya atau sebagai akses menutup dan membuka Samsung Kids.

Screenshot 20220329 070125 Samsung Kids
Samsung Kids

Dua kamera yang ada di sisi depan dan belakang juga bukan hanya sebagai pemanis dalam tablet ini. Justru kedua kamera ini memiliki fungsi penting. Kamera depannya yang diposisikan di tengah-tengah, cukup jernih dalam menangkap gambar. Sehingga saat rapat online atau mengikuti kelas online, tampilan wajah pengguna cukup jelas terlihat. Apalagi posisi kamera yang berada di tengah membuat peserta rapat lain bisa lebih fokus saat melihat kita sedang melakukan presentasi. Pun demikian dengan kamera belakang. Kamera ini bisa digunakan untuk mengambil momen-momen yang cukup menarik di sekitar kita. Memang agak repot menggunakan tablet untuk mengabadikan momen-momen tersebut.

Salah satu yang menarik di tablet ini adalah fitur Multi -Active Window. Fitur ini memungkinkan tablet menjalankan dua aplikasi berbeda secara bersamaan. Caranya dengan membuka kedua aplikasi tersebut dalam satu layar. Memang, hanya untuk aplikasi-aplikasi yang sudah mendukung fitur ini saja yang bisa melakukan multitasking ini. Namun, hal ini tentunya semakin mempermudah pengguna dalam beraktivitas dengan pekerjaannya bersama Galaxy Tab A8.

Screenshot 20220329 064345 YouTube
Multi-Active Window

Jika hal-hal sebelumnya lebih berfokus untuk pekerjaan harian atau belajar online, bagaimana dengan sisi hiburannya? Samsung tampaknya ingin memanjakan penggunanya di sisi hiburan ini. Hal ini karena Samsung membenamkan teknologi Dolby Atmos ke dalam tablet. Dengan demikian, tablet bisa menghadirkan suara surround yang memukau dan powerful. Ini berkat hadirnya quad speaker di Galaxy Tab A8. Jadi, suara akan mengalir secara seimbang baik di kiri dan kanan. Apalagi jika menggunakan perangkat earphone, headphone, atau Galaxy Buds Pro. tentunya suara akan semakin menggelegar seperti menikmati di dalam bioskop.

Screenshot 20220329 065557 SoundAlive
Dukungan Dolby Atmos untuk hiburan

Terakhir adalah ciri khas produk-produk gadget Samsung, yaitu dukungan Galaxy Ecosystem. Samsung Galaxy Tab A8 ini juga mendukung hal tersebut. Dengan satu account di Samsung, pengguna bisa mengakses dan mengatur berbagai perangkat yang juga diintegrasikan ke dalamnya, seperti smartphone Galaxy dan produk IoT Samsung. Bahkan, dengan Galaxy Ecosystem ini, jika kamu memiliki catatan di Samsung Notes Galaxy Tab A8, kemudian ingin melanjutkan di perangkat smartphone Galaxy, hal ini sangat memungkinkan. Kamu tidak perlu menulis ulang, karena semua catatan yang ada di Galaxy Tab A8, akan muncul di Smarthone Galaxy. Dan kamu pun tinggal melanjutkan pekerjaan tersebut di perangkat yang berbeda. Cukup mudah bukan?

IMG20220329071047
Galaxy Ecosystem

Samsung Galaxy Tab A8 menghadirkan perlindungan berlapis dengan Samsung Knox sehingga pengguna bisa merasakan pengalaman penggunaan yang aman dan nyaman.

Salah satu fitur menarik adalah Smart Lock, di mana Anda bisa menyetel tablet ini untuk unlock secara otomatis ketika berada di lokasi yang terpercaya (trusted places). Contohnya, jika Anda menyetel rumah adalah trusted places, maka ketika tablet mendeteksi dirinya sudah berada di rumah, maka ia secara otomatis akan unlock.

Spesifikasi

Samsung Galaxy Tab A8
Layar 10,5 inci 1920 x 1200 (WUXGA) TFT  
OS Android 11
Dimensi 246,8 x 161,9 x 6,9mm
Bobot Wi-Fi / LTE: 508g
Kamera [Belakang] 8MP AF

[Depan] 5MP

Memori LTE: 4GB RAM dengan 128GB internal storage

microSD sampai 1TB

Processor Octa-Core Unisoc Tiger T618, 2GHz
Baterai 7,040mAh (mendukung 15W Adaptive Fast Charging)
Konektivitas LTE

Wi-Fi 5 (802.11 a/b/g/n/ac)

Wi-Fi Direct, Bluetooth® v5.0

Warna Gray, Silver, Pink Gold
Konektor Type C USB 2.0, 3.5mm Ear jack
Sensors Accelerometer, Compass, Gyro, Light, Hall Sensor
GPS GPS+GLONASS, Beidou, Galileo
Audio Quad Stereo Speakers, Dolby Atmos
Security Samsung Knox, Face Recognition
Accessories Book Cover, Protective Standing Cover

*Aksesoris dijual terpisah.

 

Kesimpulan

Samsung Galaxy Tab A8 memang dirancang bagi keluarga yang membutuhkan perangkat teknologi yang mampu mendukung berbagai kegiatan sehari-hari, mulai dari belajar, menikmati hiburan, sampai dengan menikmati quality time bersama keluarga. Tablet ini adalah perangkat yang nyaman digunakan baik oleh orang tua maupun anak. Desainnya yang ramping membuat tablet bisa diajak kemanapun penggunanya pergi dengan lebih mudah.

Peningkatan juga banyak terjadi di Samsung Galaxy Tab A8 ini. Selain memori yang semakin besar, dukungan aplikasi pintar di dalamnya juga semakin nyaman digunakan. Apalagi jika berinteraksi dengan perangkat Samsung lainnya, seperti smartphone galaxy maupun produk IoT seperti Galaxy Buds series.

IMG20220329073359
Galaxy Tab A8 berinteraksi dengan smartphone Galaxy

Untuk hiburan, Samsung juga menyematkan empat speaker yang mendukung teknologi Dolby Atmos. Ini membuat tablet menjadi perangkat yang nyaman dalam menikmati serial-serial favorit. Suara menjadi lebih menggelegar berkat kehadiran empat speaker. Apalagi didukung dengan kapasitas baterai 7040mAh yang tentunya membuat kamu bisa lebih banyak memutar hiburan di perangkat Galaxy Tab A8.

Tags: , , ,


COMMENTS