January 6, 2022

Lakukan 5 Tips Ini Agar Tetap Aman dan Nyaman Saat Berkendara Motor Jarak Jauh

Penulis: Desmal Andi
Lakukan 5 Tips Ini Agar Tetap Aman dan Nyaman Saat Berkendara Motor Jarak Jauh  

Mobitekno – jelang akhir 2021 kemarin, Royal Enfield baru saja menggelar marquee ride terbesarnya di Indonesia, bertajuk Tour of Indonesia 2021. Tour ini digelar dengan tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Dan, Tour of Indonesia juga telah memasuki edisi ketiga sehingga menjadi ajang kumpul para pengendara Royal Enfield dari seluruh Indonesia.

Berbicara tentang Tour of Indonesia, Vimal Sumbly, Business Head, Asia Pacific markets at Royal Enfield mengatakan “Tour of Indonesia 2021 mengumpulkan puluhan pengendara Royal Enfield yang ingin menikmati pengalaman pure motorcycling sambil menciptakan standar baru perjalanan yang aman dan bertanggung jawab dalam upaya untuk mewujudkan semangat #LeaveEveryPlaceBetter. Untuk memastikan keselamatan pengendara, protokol pencegahan Covid-19 diterapkan secara ketat di sepanjang perjalanan dari Bandung hingga Bali. Kami yakin dengan semua tindakan pencegahan yang dilakukan, Tour of Indonesia 2021 akan menjadi simbol perjalanan yang memberikan pengalaman tidak terlupakan dan keamaan bagi seluruh komunitas pengendara Royal Enfield.”

KV7A1461 1
Jadi ajang kumpul para pengendara Royal Enfield dari seluruh Indonesia

Melakukan touring di tengah pandemi Covid-19 tentu menuntut persiapan dan kehati-hatian ekstra untuk memastikan perjalanan yang aman. Dalam penyelenggaraan Tour of Indonesia, Royal Enfield turut mempromosikan perjalanan yang bertanggung sebagai langkah pencegahan penularan Covid-19 serta sebagai upaya membangun budaya komunitas yang berkendara dengan aman – yang merupakan bagian dari kampanye Leave Every Place Better.

Simak tips touring di masa pandemi Covid-19 yang diambil dari pengalaman Tour of Indonesia 2021:

1. Memiliki komitmen yang sama

Touring dalam group menuntut komitmen untuk saling melindungi, baik saat berada di jalanan maupun off the bike. Dalam situasi pandemic -Covid-19, mindset “saling melindungi” sesama rekan touring menjadi lebih penting dari sebelumnya. Mindset ini akan menjadi panduan para rider dalam bertindak, melindungi diri dari paparan virus Ciovid-19 yang juga berarti melindungi seluruh rekan dalam perjalanan.

2. Menjaga kebugaran tubuh selama perjalana

Kondisi tubuh yang prima adalah perisai terbaik yang melindungi diri dari virus dan penyakit. Saat berada dalam perjalanan jarak jauh, kebugaran tubuh menjadi syarat paling penting. Oleh karena itu, Anda wajib menjaga kebugaran tubuh. Tidur yang cukup, menjaga asupan makanan serta disiplin melakukan pemanasan ringan sebelum memulai perjalanan bisa membantu Anda menjaga kebugaran tubuh.

3. Membatasi interaksi di luar romobongan

Memastikan bahwa seluruh peserta touring dalam keadaan sehat saat bergabung adalah protokol kesehatan yang pertama harus dilakukan. Dalam prakteknya, seluruh peserta Tour of Indonesia harus melewati pengecekan kesehatan dan test antigen sebelum bergabung bersama peserta yang lain. Setelah semua peserta dipastikan sehat, menjadi tanggung jawab seluruh peserta touring untuk menjaga diri dan rekan perjalanan dengan cara membatasi interaksi dengan orang diluar rombongan.

4. Melengkapi diri dengan new normal starter kit

Penting untuk membawa perlengkapan sanitasi dan pelindung diri pribadi seperti cairan pembersih tangan dan masker yang cukup sebagai perlindungan pertama bagi diri sendiri.

5. Kepatuhan terdahap 3M adalah keharusan

Protokol kesehatan yang mencegah penularan Covid-19 harus tetap dijalankan di mana pun kita berada, termasuk saat melakukan perjalanan. Menggunakan masker, mencuci tangan dan menjaga jarak adalah Tindakan pencegahan yang mutlak untuk terus dijalankan.

image002
Catatan Tour of Indonesia Royal Enfield

Tour of Indonesia 2021 menempuh perjalanan sepanjang 1.500 km dan diikuti oleh 40 pengendara Royal Enfield. Perjalanan 5 hari ini dimulai dari Bandung menuju Batukaras, Jawa Barat, sebelum melanjutkan perjalanan menuju Yogyakarta, Malang, Bondowoso dan finis di Bali pada tanggal 20 November 2021.

Tags: , ,


COMMENTS