July 4, 2022

Review realme C30, HP Sejutaan Paling Stylish dengan Performa Andal di Kelasnya

Penulis: Desmal Andi
Review realme C30, HP Sejutaan Paling Stylish dengan Performa Andal di Kelasnya  

Mobitekno – Tidak perlu mengeluarkan uang yang banyak hanya untuk mendapatkan HP dengan desain yang stylish. Ini dibuktikan realme dengan produk terbarunya, yaitu realme C30 yang baru saja hadir resmi di Indonesia. Dengan mengusung desain Ultra Slim Dynamic Texture, realme C30 bahkan menjadi smartphone #PalingStylish dan #PastiStylish di harga satu jutaan rupiah.

Dengan harga jual yang hanya Rp 1.499.000, realme C30 bisa dikatakan smartphone entry level paling stylish untuk saat ini. Mobitekno mendapatkan kesempatan untuk menggunakan seluruh fitur yang ada di realme C30 ini sebelumnya dengan opsi warna Lake Blue. Kesan pertama yang kami dapatkan pada smartphone dengan kombinasi memori 2GB + 32GB ini, kami cukup terpukau dengan desain yang diterapkan pada bodi belakang ini. Jika diperhatikan, ini tidak seperti smartphone berharga satu jutaan.  Oiya, selain opsi memori 2GB + 32GB, realme juga telah menyiapkan opsi memori 4Gb + 64GB dan opsi warna Denim Black.

Mengingat kapasitas memori yang digunakan tidak sebesar smartphone-smartphone di kelas dua jutaan ke atas, maka pilihan bijak untuk menggunakan Android Go sebagai sistem operasinya. Ini bisa menghemat penggunaan memori sekaligus mengefisienkan daya baterai realme C30.

realme C30

Kelengkapan

Dalam paket penjualannya yang memiliki warna khas realme, yaitu kuning, realme menyediakan item pendukung cukup lengkap, termasuk ketersediaan adapter untuk pengisian daya. Untuk lebih jelasnya, berikut ini isi lengkap paket penjualannya:

  1.       Satu unit realme C30 dengan opsi warna Lake Blue
  2.       Kabel mikro USB
  3.       Buku panduan cepat
  4.       SIM Card Ejector
  5.       Adapter 5V 2A untuk pengisian daya
  6.       Informasi produk dan kartu garansi
Kelengkapan

Desain

Kesan yang kami dapatkan pertama kali saat mengeluarkan smartphone ini dari kotak kemasannya memang langsung tertuju ke bodi belakangnya. Ya, bodi belakang realme C30 yang menggunakan desain vertical stripe membuat penampilan smartphone cukup unik dan terlihat lebih stylish. Apalagi ketebalan bodinya hanya 8,5mm membuat realme C30 lebih mudah dan erat saat digenggam. Opsi warna Lake Blue terlihat sangat cocok dengan desain vertical stripe ini. Ada satu opsi warna lagi yang menggunakan desain vertical stripe ini, yaitu Bamboo Green. realme sendiri menyediakan tiga pilihan warna untuk realme C30 ini, yaitu Lake Blue, Bamboo Green, dan Denim Black.

Desain vertical stripe sendiri sengaja digunakan realme untuk menggambarkan keanggunan dari produk ini. Apalagi ditambah dengan build quality yang baik, membuat hp sejutaan ini menjadi #palingstylish di kelasnya.

Desain permukaan vertical stripe di bodi belakang bikin penampilan realme C30 tambah ciamik

Sementara dengan tebal hanya 8,5mm, membuat realme C30 menjadi smartphone tertipis di segmen harga yang sama. Bobotnya yang hanya 182 gram juga membuat realme C30 mudah dibawa-bawa dengan nyaman. Tidak heran, realme C30 menjadi smartphone Ultra Slim dan Ultra Light di kelasnya. Desain tipis ini juga didapat realme dengan mengoptimalkan struktur internal smartphone.

Seperti biasa, mari kita lihat dari sisi ke sisi. Untuk bagian layar, realme C30 menghadirkan layar full-screen mini-drop berukuran 16,5 cm/6,5 inci, yang memberikan pengalaman lebih baik dalam menonton video di layar besar. Rasio screen-to-body juga mencapai 88,7%. Semakin tinggi rasio screen-to-body, semakin luas tampilan di bagian depan smartphone, semakin imersif juga ketika menonton film minim gangguan visual. Tampilan layar realme C30 masih cukup tajam, terutama pada menu dan saat digunakan untuk browsing. Di atas layar terintegrasi juga kamera selfie dengan kemampuan 5MP.

Kamera selfie

Resolusi HD+ malah mempunyai sisi positif pada konsumsi daya yang irit, ditambah dengan kecerahan yang cukup walau dibawah sinar matahari. Touch sampling rate realme C30 bisa mencapai hingga 120Hz sehingga responsivitasnya cukup baik, walau harganya sejutaan.

Untuk tombol volume dan power diletakkan di sisi kanan, sementara untuk slot SIM card ada di sisi sebaliknya. Gunakan SIM Card Ejector untuk memasukkan kartu SIM dari provider favorit Anda.

Pada bagian bawah terdapat port audio 3,5mm, lubang mikrofon yang kecil, port micro USB untuk proses pengisian daya dan transfer data, serta lubang speaker. Sementara di bagian atas tampil polos.

Di bagian belakang dimana terdapat desain permukaan bodi yang unik, realme menempatkan satu kamera utama di bagian kiri atas. Kamera ini berkemampuan 8MP yang mendukung AI. Logo realme sendiri terlihat tercetak di bagian bawah, agak tersamar dengan desain vertical stripe.

Kamera belakang realme C30

Fitur dan performa

Hadir sebagai smartphone entry level dengan paduan memori 2GB + 32GB, realme cukup pinar dengan mengintegrasikan realme UI Go Edition berbasis Android 11. Ini membuatnya cukup efisien dalam penggunaan baterai dan aplikasi di dalamnya. Dengan demikian, walau entry level, performanya tatap terjaga baik.

Guna mendapat performa terbaik di kelasnya, sudah tentu karena penggunaan prosesor yang mumpuni. realme C30 menggunakan prosesor Unisoc T612 yang tangguh. Prosesor buatan anak perusahaan Unigroup ini mampu menghasilkan kinerja tinggi. Penggunaan Unisoc ini juga telah dipikirkan secara matang oleh realme. Apalagi pencapaian Unisoc juga tidak main-main. Unisoc bahkan menjadi perusahaan asal Tiongkok yang pertama memasok chip 5G. Sebagai informasi tambahan, Dalam proses tender terbesar yang pernah dilakukan oleh operator seluler nasional pada awal Agustus, Unisoc juga menjadi pemenang terbesar kedua dalam proses tender modul 5G China Mobile, setelah Qualcomm. Berarti Unisoc telah memperoleh 10% pangsa pasar global sebagai empat vendor prosesor smartphone teratas dunia.

Unisoc T612 memiliki arsitektur octa-core 12nm yang memiliki clock speed hingga 1,82 GHz dan mengadopsi struktur Cortex A75 untuk performa dan Cortex A55 untuk efisiensi, menghadirkan kinerja yang kuat dan stabil untuk realme C30. Selain delapan inti CPU, SoC ini mengandung beberapa komponen. Di antaranya adalah GPU Mali-G57, ISP tiga inti, dan tentu modem 4G.

Selanjutnya, untuk masalah penyimpanan data alias storage, realme juga menggunakan teknologi yang bukan biasa-biasa saja. Realme menggunakan jenis memori penyimpanan UFS 2.2. Ini adalah adalah teknologi memori flash terbaru yang dapat memberikan kecepatan baca dan tulis data 3 kali lebih cepat daripada eMMC 5.1. Sebagian besar kompetitor hanya menggunakan memori UFS 2.2 pada model kelas menengah ke atas, sementara realme menggunakannya dalam segmen harga entry-level di realme C30.  Dengan begitu, realme C30 realme C30 lebih dari cukup untuk menjalankan tugas-tugas harian seperti seperti browsing, membuka aplikasi media sosial, berkirim pesan di aplikasi WhatsApp, hingga memutar lagu atau video.

Beralih ke bagian yang menjadi salah satu pertimbangan banyak orang dalam memilih sebuah smartphone, yaitu kamera. realme C30 mengadopsi satu kamera utama dan kamera selfie. Kamera utamanya berkemampuan 8MP dengan dukungan AI, Aperture f2.0, 4P Lens, dan 4X Digital zoom. Kemampuan videonya bisa 480p @30fps,720p @ 30fps, dan 1080p @ 30fps. Sementara kamera selfie alias kamera depannya berkemampuan 5MP dengan dukungan AI, aperture f2.2, dan mendukung video 720p.

Mode kamera juga disediakan cukup lengkap untuk sebuah produk entry level. Selain mode Capture untuk foto standar, disediakan juga mode portrait, malam (night), panorama, time lapse, dan Pro.

Untuk sisi keamanan, realme C30 sudah dilengkapi dengan sistem pengamanan screen unlock dengan metode swipe, pattern, PIN, dan Password, serta face unlock yang bisa diatur dengan mudah.

Salah satu pertimbangan banyak orang dalam memilih smartphone belakangan ini adalah baterai. Tenang saja, realme C30 sudah mengadopsi baterai berkapasitas 5.000mAh. Ini cukup besar di kelas HP sejutaan. Kapasitas baterai seperti itu bisa memutar audio selama 102 jam. Ini menurut pengujian relma Lab. Sementara untuk keadaan siaga bisa bertahan gingga 45 hari. Kami sendiri merasakan dari pagi hingga malam, baterai masih tersisa 30%. Ini cukup hemat dalam sebuah penggunaan smartphone sehari-hari. Hal ini juga tidak luput dari penggunaan sistem operasi realme UI Go Edition yang hemat daya.

Baterai juga dilengkapi dengan mode Ultra Saving. Di mode ini realme C30 akan mengaktifkan pengaturan hemat daya yang lebih agresif. Bahkan pada daya rendah, memungkinkan pengguna untuk mempertahankan fungsionalitas dasar smartphone dengan menjalankan enam aplikasi yang dibutuhkan pengguna. Ultra-Saving Mode dapat mendukung standby hingga 45,37 jam dengan daya 5%.

Berdasarkan hasil lab realme, Ultra Saving Mode memungkinkan realme C30 dapat digunakan selama 1,55 jam untuk chatting melalui WhatsApp, 2,35 jam menelepon dan 4,03 jam mendengarkan Spotify hanya dengan baterai 5%.

Berikut ini hasil foto-foto realme C30: 

Spesifikasi

Nama Realme C30 warna Lake Blue
Layar 6,5 inci, HD+ 1600 x 720 piksel, screen to body ratio 88,7%
Dimensi dan bobot 164,1 x 75,6 x 8,5mm 182 gram
Memori Penyimpanan 2GB RAM + 32GB storage UFS 2.2 (dapat diperluas hingga 1TB)
Kamera 8MP (utama) dan 5MP (selfie)
Prosesor Unisoc T612 fabrikasi 12nm 1,82GHz
GPU Mali-G57
Konekivitas Wi-Fi 802.11 b/g/n, hotspot, Bluetooth 5.0, A2DP, FM Radio, microUSB 2.0, USB On-The-Go
Sensor Light Sensor, Proximity, Acceleration Sensor
Sistem operasi realme UI Go Edition berbasis Android 11
Baterai 5000mAh
Opsi warna Lake Blue, Bamboo green, Denim Black
Harga Rp 1.499.000 (varian 2GB + 32GB)

Kesimpulan

realme C30 cocok digunakan untuk Anda yang membutuhkan smartphone trendi, stylish, namun dengan harga yang sangat terjangkau. Bodi belakangnya yang menganut desain vertical stripe mampu membuat realme C30 menjadi hp sejutaan #pasti stylish dan #palingstylish untuk saat ini.

realme C30 dan kotak kemasannya

Walau berharga satu jutaan, bukan berarti performanya tidak baik. Berkat penggunaan Unisoc T612, realme C30 mampu menghadirkan kinerja yang andal untuk penggunaan aplikasi standar sehari-hari. Apaagi ditunjang dengan realme UI Go Edition yang cukup hemat energi.

Layarnya yang berukuran 6,5 inci juga cukup lega dalam melihat berbagai konten yang ada di dalamnya. Mulai dari pekerjaan, email, gambar, dan video bisa dilihat dengan lebih nyaman karena cukup lega.  

 

Tags: , , , , ,


COMMENTS