March 4, 2022

Review WD Black SN750 SE NVMe SSD, Kencang dan Lega Bikin Gamers Tambah Nyaman dalam Bermain

Penulis: Okta
Review WD Black SN750 SE NVMe SSD, Kencang dan Lega Bikin Gamers Tambah Nyaman dalam Bermain  

Mobitekno – Game yang mulus dan dapat dimainkan dengan lebih lancar tanpa lag, tentunya membuat permainan menjadi semakin seru dan nyaman. Namun, untuk menghasilkan sebuah game yang berjalan mulus dan lancar, dibutuhkan dukungan hardware yang memadai. Khusus untuk laptop maupun PC, selain faktor prosesor dan memori, storage juga bisa menambah kelancaran sebuah game, dimana proses baca dan tulis bisa berlangsung dengan sangat cepat. Untuk itulah, Western Digital mengeluarkan produk storage WD Black SN750 SE NVMe SSD yang bisa menambah kelancaran bermain game dan berbagai proses lainnya di perangkat laptop dan PC.

Produk ini memiliki kinerja tinggi dan cepat, terutama untuk penggunaan PC dan konsol. Dengan demikian gamer yang memanfaatkannya bisa bermain dengan lebih nyaman tanpa lag. Produk ini memang dihadirkan khusus bagi gamer yang membutuhkan kecepatan. Dan Western Digital sebagai brand yang dikenal dalam hal pemenuhan storage untuk berbagai kebutuhan konsumen, mewujudkan keinginan banyak gamer.

Mobitekno pun mendapat kesempatan untuk menguji produk ini dalam beberapa minggu. Kami pasang di perangkat PC yang biasa digunakan untuk bermain game-game lumayan berat. Dan yang kami rasakan, tidak ada masalah apapun yang kami rasakan saat bermain game. Semua berjalan cukup lancar. Bahkan, proses loading yang biasanya agak lama, kali ini berjalan cukup cepat.

WD Black SN750 SE SSD

 

Kelengkapan

Produk ini hadir dalam kotak kemasan yang cukup ringkas. Dengan balutan warna hitam, kotak kemasannya sudah menggambarkan bentuk dari WD Black SN750 SE NMMe ini. Mulai dari nama dan pruntukannya bisa dibaca dalam bagian luar kotak kemasannya. Dan, di dalamnya berisi:

  1. WD Black SN750 SE NVMe SSD
  2. Buku petunjuk singkat.
Kelengkapan

Desain

Sama seperti kebanyakan produk storage berjenis SSD NVMe, storage dari Western Digital ini memiliki PCB dengan satu celah di bagian portnya. Ini memang menjadi pembeda antara jenis SSD NVMe dengan SSD M.2 yang memiliki dua celah. Interface-nya juga sudah menggunakan PCIe sehingga kecepatan transfernya bisa begitu tinggi.

Desain WD Black SN750 SE SSD

WD Black SN750 SE NVMe SSD ini juga tampil ringkas. Tidak ada heatsink yang meliputi bodi SSD. Ini berbeda dengan tipe WD Black SN750 sebelumnya yang menggunakan heatsink. Namun, jangan khawatir, karena saat beroperasi, panas yang dihasilkan masih normal. Jadi, tidak akan mengganggu permainan.

Untuk memasangnya ke laptop atau PC, sebaiknya periksa dahulu port SSD NVMe yang ada di motherboard. Buka pelindung port dan masukkan SSD ini ke dalamnya. Kemudian, kencangkan dan ikat dengan menggunakan baut pengencang SSD NVMe yang biasanya tersedia dalam paket motherboard., WD sendiri tidak menyediakan baut kecil ini di dalam kemasannya.

Fitur dan Performa

Produk ini dihadirkan untuk menjembatani para pengguna laptop, PC, dan konsol dalam sisi gaming dan hiburan. Melalui teknologi PCIe Gen4, produk ini memungkinkan untuk ruang penyimpanan yang lebih lega, sehingga dapat menampung lebih banyak game. Kapasitas WD SN750 SE SSD ini sendiri adalah 1TB. Bayangkan saja, Anda bisa menempatkan begitu banyak game dan file-file hiburan di dalamnya.

Pasang dengan mudah ke laptop atau PC

Teknologi PCIe Gen4 yang digunakan produk ini juga masih kompatibel dengan PCIe Gen3 sebelumnya. Jadi, produk bisa diintegrasikan di laptop atau PC lama Anda. WD Black SN750 SE NVMe SSD ini juga memiliki solusi penyimpanan tanpa DRAM, sehingga dapat memberikan kecepatan baca hingga 3.600MB/detik, menurut data dari Western Digital. Konsumsi dayanya juga dinyatakan 30% lebih efisien dari pendahulunya. Dengan begitu, jika ditempatkan pada sebuah laptop, baterai laptop bisa bertahan lebih lama lagi. Dan dampaknya, durasi bermain game Anda juga semakin lama.

WD juga menyediakan dashboad yang bisa memantau keadaan ter-update dari SSD ini. Dengan begitu, performa bisa tetap dalam keadaan maksimal dan selalu terpantau oleh Anda. Ini bisa meingkatkan pengalaman bermain game Anda. Begitu juga saat dibarengi dengan aktivitas streaming. Produk ini tetap bisa berjalan mulus.

Dashboard

Di dalam dashboard ini, Anda bisa melihat status, performa, mencoba berbagai tool yang disediakan untuk mengoptimalkan SSD, dan beberapa setting untuk kebutuhan Anda, seperti setting untuk proses startup, temperatur dan background task. Performa SSD secara realtime juga bisa dilihat, sehingga Anda bisa segera mengetahui jika terdapat hal-hal yang mengganggu proses baca dan tulis di SSD ini. Menariknya, melalui dashboard ini, setting bisa diatur apakah ingin menggunakan mode gaming atau tidak. Untuk setiap perubahan, dashboard menyarankan untuk melakukan restart agar proses menjadi optimal.

Pengukuran proses baca dengan HD Tune Pro Trial

Kami mencoba mengujinya dengan aplikasi benchmark. Dan hasinya, proses baca dan tulis yang terlihat memang begitu kencang. Hal ini tentunya tidak menimbukan hambatan saat terdapat banyak trafik baca dan tulis di produk ini. Dengan proses baca dan tulis yang kencang, trafik pun berjalan lancar dan tidak mengganggu permainan yang sedang dilakukan.

Kecepatan baca dan tulis dari pengukuran Crystal Disk Mark 8.0.4

 

Membandingkan dengan kecepatan baca dan tulis SSD SATA

 

Spesifikasi

Produk WD Black SN750 SE NVMe SSD
Kapasitas 1TB
Interface PCIe Gen4
Konektor M.2
Sequential Read Performance 3600MB/s
Sequential Write Performance 2830MB/s
Dimensi 3.16  x 0.87 x 0.09 inci
Sistem Komputer dengan port M.2, Windows 10, Windows 8.1

Kesimpulan

WD Black SN750 SE NVMe SSD bisa menjadi pilihan yang pas untuk para gamer. Dengan proses baca dan tulis yang begitu cepat, tidak ada loading yang lama untuk pengambilan data saat bermain game. Dengan demikian produk ini bisa menjadi tempat penyimpanan yang cepat dan andal, dan dapat membantu meningkatkan performa permainan Anda.

WD Black yang dikenal memiliki beragam solusi untuk penyimpanan untuk segmen gaming juga membuktikan bahwa produk ini dapat mendukung para gamer baik pemula maupun profesional untuk lebih mengasah permainan mereka lebih baik lagi. Hal ini karena tidak adanya lag yang dihasilkan dari produk ini membuat permainan menjadi lebih lancar dan nyaman. Anda pun dapat menjelajahi dunia game dan mendapatkan pengalaman terbaik.

Tags: , , , ,


COMMENTS