January 4, 2022

TikTok Beri Apresiasi Kepada Kreator Livestreamer di Ajang “Pesta Akhir Tahun: Rising Star”

Penulis: Desmal Andi
TikTok Beri Apresiasi Kepada Kreator Livestreamer di Ajang “Pesta Akhir Tahun: Rising Star”  

Mobitekno – Fitur TikTok LIVE di aplikasi video pendek TikTok, ternyata mendapatkan sambutan positif dari komunitas penggunanya. Sehingga  melahirkan berbagai jenis konten inspiratif serta menghibur. Untuk itu, guna merayakan para kreator yang telah mewarnai konten livestream, TikTok Indonesia menyelenggarakan “Pesta Akhir Tahun: Rising Star”. Acara ini digelar pada 31 Desember lalu. Selain menghadirkan penampilan spesial dari para kreator TikTok, acara akhir tahun ini juga memberikan apresiasi khusus kepada sejumlah kreator yang setia menemani pengguna sepanjang tahun 2021 melalui TikTok LIVE.

Program “Pesta Akhir Tahun: Rising Star” juga menyorot empat manfaat yang bisa didapatkan kreator saat melakukan livestream di TikTok, antara lain Friends yang menghubungkan kreator dengan komunitas TikTok lainnya, Fortune yang memberikan kesempatan kreator untuk memonetisasi kontennya dengan mendapatkan reward dari penonton livestream-nya dan menjadikan sumber mata pencarian tambahan atau utama khususnya selama pandemi, serta Fame dan Future di mana kreator bisa mengembangkan akun dan audiensnya di TikTok dengan cara yang lebih interaktif di TikTok LIVE.

“Livestreaming telah menjadi cara bagi kreator dan penonton untuk terhubung secara otentik dan selama setahun ini, semakin banyak pengguna tidak hanya menonton, namun juga melakukan LIVE mereka sendiri. Kami sangat mengapresiasi cerita dari komunitas tentang pengalaman mereka, khususnya mereka yang kehilangan pekerjaan sebagai dampak dari pandemi. Berkat TikTok LIVE, para kreator kini dapat menata hidup mereka sekaligus mendapatkan mata pencarian baru dengan menghadirkan livestream yang berkualitas dan menghibur untuk para pengguna TikTok” kata Angga Anugrah Putra, Head of Operations, TikTok SEA.

Perkembangan kreativitas kreator livestream sepanjang tahun 2021 yang pesat mendorong TikTok untuk memberikan apresiasi dalam beberapa kategori kepada para kreator tersebut, di antaranya @hayatiktokkk sebagai Master of Growth karena mengalami pertumbuhan pesat dari segi views dengan konten gaming yang disiarkan secara live, @this.is.pras yang terpilih sebagai Master of Activity berkat livestream tanya jawab seputar kesehatan bersama para viewers, serta kreator @adi.syahreza dan @asrindabasri yang menjadi Master of Popularity karena kisah perjodohan online mereka yang sukses mengundang gelak tawa pengguna TikTok.

“Hadirnya TikTok LIVE membantu saya sebagai kreator untuk menghadirkan konten yang lebih interaktif bersama pengguna lainnya, termasuk berbagi cerita atau momen spesial secara langsung. Pengguna juga bisa dilibatkan menentukan topik konten, seperti menggunakan challenge atau filter yang sedang trending, sehingga mereka bisa lebih semangat untuk memberikan rewards dan mendorong kreativitas saya ke depannya,” kata Adi Syahreza, yang menjadi salah satu kreator livestream paling populer tahun ini.

Penampilan Lyodra Ginting di Pesta Akhir Tahun Rising Star TikTok

Jalannya acara

Selain memberikan apresiasi kepada kreator livestream, program “Pesta Akhir Tahun: Rising Star” ini juga diramaikan oleh pertunjukan musik dari para DJ dan kreator streamer yang aktif di TikTok LIVE, seperti DJ Novi Mundo, DJ Ronald3D, dan DJ Sevvrya. Selain itu, ada juga penampilan lainnya dari grup dance Ambyar People, Pesulap Jerry dan Kevin, kreator yang berbakat dalam menyanyi, ChaerunisaNL, serta penampilan dari penyanyi nasional Rizky Febia, Lyodra Ginting, dan Petrus Mahendra.

TikTok berkomitmen untuk memelihara komunitas yang berbahagia, suportif, dan inspiratif di platform, sekaligus membangun hubungan baru dengan lebih banyak kreator, seniman, brand, serta penonton, salah satunya melalui TikTok LIVE. “Kami ingin terus memberdayakan kreator dengan alat yang unik serta inovatif untuk menginspirasi kreasi konten, menjaga konektivitas dengan audiens, serta mendorong eksplorasi kreativitas. Baik itu melalui For You Page, scrolling laman Discover, atau menonton TikTok LIVE, kami senang sekali melihat kemungkinan untuk memperluas platform ini menjadi ekosistem di pusat hiburan, creator economy, dan teknologi,” tutup Angga.

Tags: , , ,


COMMENTS