January 4, 2022

Review Omron HV-F013, Terapi Pijat Elektronik Mandiri yang Bisa Bikin Nyeri Otot Hilang

Penulis: Desmal Andi
Review Omron HV-F013, Terapi Pijat Elektronik Mandiri yang Bisa Bikin Nyeri Otot Hilang  

Mobitekno – Libur Natal dan Tahun Baru 2022 telah usai. Anda yang mengisi liburan dengan beragam aktivitas, kini sudah harus kembali ke aktivitas rutin. Namun, ada kalanya saat sudah beraktivitas rutin, rasa lelah akibat aktivitas liburan masih terasa di badan. Rasa pegal di kaki, badan, atau lengan masih Anda rasakan. Hal yang sama juga berlaku bagi Anda yang mengisi liburan dengan melakukan aktivitas olahraga. Tentunya sehabis olahraga, masih tersisa rasa lelah di badan.

Nah, jika rasa lelah masih menghinggap di badan, Anda bisa memanjakan diri dengan melakukan pemijatan saraf atau otot agar rasa lelah dan sakit bisa menyingkir. Namun, melakukan hal ini dengan bantuan orang lain tentunya menjadi masalah tersendiri dan repot. Untuk itu, Anda bisa memanfaatkan prerangkat terapi saraf atau dikenal juga perangkat pijat elektronik untuk membantu penyembuhan rasa lelah atau sakit otot di tubuh Anda. Dan, Omron menjadi salah satu brand yang memiliki perangkat ini.

Omron Electronic Nerve Stimulator HV-F013 merupakan sebuah perangkat yang dapat melakukan stimulasi yang menggunakan elektroterapi frekuensi rendah dan stimulasi frekuensi tinggi untuk penyembuhan otot dan gejala neuralgia. Perangkat ini menggunakan sistem elektroterapi. Jadi, penggunaannya tidak susah serta tidak merepotkan orang lain. Semua bisa dilakukan secara mandiri.

Kelengkapan

Dikemas dalam sebuah kotak berwarna putih yang cukup kompak, Omron Electronic nerve Stimulator HV-F013 ini ternyata sudah tinggal pakai saja. Anda akan menemukan semua bagian, termasuk baterai untuk menyalakan perangkat ini. Jadi, setelah dibuka, bisa langsung digunakan di bagian tubuh yang mengalami rasa nyeri atau pegal-pegal.

Lebih jelasnya, kemasan ini berisikan:

  1. Omron Electronic Nerve Stimulator HV-F013 berwarna putih dan berbentuk bundar
  2. Sepasang pad (long life pad) untuk ditempelkan ke tubuh untuk menyalurkan frekuensi rendah dan tinggi.
  3. Kabel elektroda yang menghubungkan stimulator dengan pad.
  4. Tatakan pad (pad holder) untuk menyimpan pad setelah digunakan.
  5. Buku petunjuk singkat dan kartu garansi
  6. Dua buah batu baterai berukuran AAA untuk daya perangkat ini.
Isi dalam kemasannya

Desain

Bagian utama pada perangkat ini sudah jelas adalah Omron Electronic Stimulator yang berbentuk bundar. Beratnya cukup ringan, sekitar 75 gram, sehingga bisa dibawa kemana pun dengan mudah. Setelah memasang dua baterai berukuran AAA di bagian belakangnya, perangkat ini baru bisa berfungsi dan bisa dilihat berbagai fitur yang ada di dalamnya.

Di bagian atasnya terlihat beberapa indikator dengan lampu LED yag menandai fungsi perangkat ini. Di bagian kanan atas terlihat tingkatan atau level intensitas stimulator yang digunakan. Ada 10 tingkatan yang bisa Anda gunakan. Semakin tinggi, rasa kejut di saraf akan semakin terasa kuat. Untuk itu, sesuaikan dengan kemampuan badan Anda. Ada baiknya lakukan dari tingkatan level terendah, dan kemudian meningkat secara perlahan.

Penampang bagian depan

Di sebelahnya ada indikator lima mode preset yang bisa Anda gunakan. Preset ini berguna untuk memudahkan Anda dalam melakukan terapi dengan perangkat ini. Kelima mode preset tersebut adalah nomor 1 untuk penggunaan di bagian lengan atau bahu (Arm/Shoulder), nomor 2 untuk penggunaan di bagian punggung (lower back), nomor 3 untuk penggunaan di bagian kaki (leg), nomor 4 untuk penggunaan dengan teknis meremas, dan nomor lima untuk penggunaan dengan teknik mengusap.

Terdapat 4 tombol fungsi juga di bawahnya untuk menaikkan atau menurunkan level intensitas terapi. Tekan tombol panah atas untuk menambah level atau panah bawah untuk menurunkan level. Di sebelahnya juga ada tombol on/off perangkat ini. Sementara tombol “Set/Start” ditekan untuk memulai proses terapi. Indikator kecil lainnya adalah untuk mendeteksi apakah pad sudah terhubung dengan benar dengan alat ini atau belum. Di bawah indikator pad, terdapat juga indikator baterai.

Untuk melakukan terapi, tentu saja Anda harus menghubungkan Long Life Pad dengan perangkat stimualan melalui kabel elektroda yang sudah disediakan. Sepasang Pad yang ada dibekali dengan perekat yang aman untuk ditempelkan ke tubuh. Jika bagian perekat sudah kotor, Anda bisa mencucinya dengan sabun dan kemudian menggunakannya kembali setelah kering.

Kabel eektroda dan Long Life Pad

Sementara Pad holdernya didesain dengan permukaan tidak rata, agar pad bisa menempel di holder ini dengan kuat. Jadi, Anda bisa menyimpannya dengan lebih aman saat perangkat tidak dioperasikan.

Fitur dan performa

Sudah disebutkan sebelumnya bahwa Omron Electronic Nerve Stimulator HV-F013 ini memiliki lima mode pengoperasian yang memudahkan Anda untuk melakukan terapi penyembuhan otot. Rasa pegal di bahu, lengan, punggung, hingga kaki pun bisa dihilangkan dengan terapi perangkat ini. Cukup tempelkan sepasang pad ini berdekatan lalu pilih mode preset yang digunakan, serta level intensitas terapi. Kemudian tekan tombol “Set/Start” untuk memulai. Perangkat akan bekerja dengan sistem Transcutaneous Electrical Nerve Stimulation (TENS).

Rakit seperti ini agar perangkat bisa digunakan

Dalam melakukan terapi ini, satu sesi akan berjalan selama 15 menit. Jadi, perangkat akan terus melakukan terapi selama waktu tersebut, sehingga Anda cukup menikmatinya sambil membaca buku atau melakukan hal-hal yang ringan. Omron sendiri menyarankan Anda untuk melakukan terapi maksimal 30 menit saja dalam sekali pengoperasian, dan maksimal pengoperasian tiga kali dalam sehari.

Pad holder

Omron Electronic Nerve Stimulator HV-F013 ini juga dapat bekerja untuk tipe nyeri seperti nyeri akut karena terlokalisir. Nyeri akut adalah nyeri yang terjadi pada bagian yang sama selama kurang dari 3 bulan. Selain dapat mengurangi rasa nyeri, perangkat ini juga dapat berfungsi untuk melepas endorphins (hormon untuk penghilang rasa sakit), sera meningkatkan sirkulasi darah akibat kontraksi otot berulang.

Tempelkan sepasang pad berdekatan agar perangkat bisa mengirimkan frekuensi stimulan ke otot tubuh

Perangkat ini juga dapat berfungsi dengan fleksibel. Jadi, saat Anda sudah menentukan salah satu mode preset untuk terapi, Anda masih bisa mengubahnya di tengah-tengah terapi. Cukup tekan tombol “Set/Start” diikuti tombol panah atas ayau bawah untuk memilih mode.

Spesifikasi

Kategori produk Omron Alat Terapi Pijat Elektronik
Model HV-F013
Daya 3Volt dari dua baterai tipe AAA
Konsumsi energi 30mA
Frekuensi Sekitar 1-108 Hz
Kontrol daya 10 tingkat intensitas
Berat Sekitar 75 gram
Warna Putih

Kesimpulan

Omron Electronic Nerve Stimulator HV-F013 merupakan solusi yang cerdas untuk menghilangkan rasa nyeri di otot-otot lengan, punggung, bahu, hingga kaki. Menariknya, perangkat ini di desain untuk penggunaan mandiri. Jadi, tidak perlu merepotkan anggota keluarga lain saat ingin menggunakan perangkat ini.

Perangkat juga memiliki fungsi yang cukup lengkap untuk melakukan terapi otot. Ini dibuktikan dengan adanya lima mode preset untuk penggunaan di beberapa bagian tubuh yang biasanya sering terjadi nyeri otot. Teknil terapinya pun disediakan dua opsi, yaitu meremas dan mengusap. Anda tinggal menentukan mode mana yang diinginkan, senyaman mungkin.

Lima mode pengoperasian

Sementara tingkat intensitas frekuensi stimulator juga bisa diatur dengan mudah. Ada 10 tingkatan yang bisa dipilih. Semakin tinggi, rasa pemijatan di otot akan semakin terasa kuat. Sesuaikan dengan kemampuan tubuh. Jadi, bagi Anda yang baru pulang dari liburan akhir tahun dan masih terasa lelah atau nyeri otot, perangkat ini bisa diandalkan untuk melakukan pemijatan atau terapi dengan cara yang santai. Anda pun bisa melakukannya sambil menikmati hiburan favorit di televisi.

Tags: , , , ,


COMMENTS