January 4, 2022

Ini Dia, 7 Side Hustle untuk Tingkatkan Pendapatanmu

Penulis: Desmal Andi
Ini Dia, 7 Side Hustle untuk Tingkatkan Pendapatanmu  

Mobitekno – Keterbatasan pendapatan sering membuat masyarakat menengah ke bawah kesulitan memenuhi kebutuhan rutin. Hal tersebut menyebabkan banyak orang termotivasi mencari pekerjaan sampingan untuk menambah pendapatan atau yang kini akrab dikenal dengan istilah side hustle.

Banyak orang menganggap side hustle dan side job adalah hal yang sama. Padahal, keduanya memiliki perbedaan cukup signifikan. Side job diberikan oleh perusahaan atau atasan sehingga masih memiliki batasan terkait deadline dan pendapatan. Sedangkan side hustle membuat orang yang menjalaninya bebas menentukan batasan tentang jam dan kuantitas kerja. Side hustle bisa digolongkan sebagai bisnis atau pekerjaan sampingan untuk pelajar maupun karyawan yang bersifat fleksibel.

Jika saat ini kamu sedang mencari lowongan pekerjaan sampingan yang bisa dikerjakan di rumah, tujuh jenis side hustle berikut ini dapat menjadi referensi yang tepat untukmu:

1.  Mengelola Blog

Jenis pekerjaan sampingan pertama yang mudah di jalani di erat Internet of Things (IoT) ini adalah mengelola blog. Orang yang mengelola blog dengan menerbitkan konten secara konsisten disebut blogger. Menjadi blogger cocok bagi kamu yang memiliki passion di dunia penulisan. Pada umumnya, orang yang mengelola blog berawal dari hobi. Konsistensi tersebut mendukung upaya monetisasi blog melalui pemasangan iklan (misalnya Google Adsense) atau jasa sponsored post, blog placement, review berbayar, dan sejenisnya.

2.  Mengembangkan Akun Media Sosial dengan Tema Tertentu

Kamu tak harus mencari lowongan pekerjaan sampingan untuk pelajar atau karyawan jika lowongan tersebut membatasi aktivitasmu. Sebagai solusinya, kamu bisa mencoba mengembangkan akun media sosial dengan tema tertentu, misalnya akun humor, horor, atau pengetahuan. Akun media sosial yang konsisten mengusung tema khususnya biasanya diminati banyak orang dan lekas mendapatkan banyak followers dalam waktu singkat. Jika sudah punya puluhan ribu followers, kemungkinan besar kamu akan mendapatkan tawaran endorse atau sponsored post dengan bayaran cukup tinggi.

Tertarik dengan jenis side hustle yang satu ini?

Tentu saja kamu harus merintisnya secara sabar dengan cara menghadirkan konten-konten menarik dan mengikuti perkembangan topik yang sedang viral untuk menarik perhatian warganet.

3.  Membuka Kursus Online

Sumber: xpgroup.co.za

Pandemi Covid-19 telah menyebabkan banyak perubahan drastis di berbagai bidang kehidupan, termasuk soal urusan belajar. Perubahan tersebut membuat masyarakat antusias mengikuti kursus online untuk menambah wawasan. Jika kamu memiliki kompetensi yang baik pada bidang tertentu, tak ada salahnya bila kamu memanfaatkan kemampuan tersebut untuk membuka kursus online. Buatlah kelas online yang menarik, interaktif, dan mudah dipahami supaya banyak warganet yang tertarik untuk berpartisipasi. Tak cuma menghasilkan pendapatan tambahan, side hustle ini juga membuatmu berpeluang mendapatkan banyak teman baru di dunia maya.

4.  Desainer Grafis Online

Peluang side hustle berikutnya yang menarik bagi generasi muda adalah menjadi desainer grafis online. Lowongan pekerjaan sampingan yang bisa dikerjakan di rumah ini memang selalu laris manis diburu banyak orang. Bila kamu memiliki kemampuan penguasaan software desain yang baik, kamu bisa memulai pekerjaan sampingan ini sekarang juga. Selain mencari klien, kamu juga dapat mengikuti kontes desain di berbagai website agar berkesempatan memenangkan hadiah sekaligus menambah pengalaman di bidang pekerjaan online.

5.  Pengemudi Ojek Online

Sumber: lifepal.co.id

Kalau kamu hobi berkeliling kota naik motor, kamu bisa menjadikan pekerjaan ojek online sebagai side hustle. Saat ini, banyak orang menjalani side hustle sebagai pengemudi ojek online di luar jam kerja dengan alasan menambah pengalaman sekaligus mendapatkan uang. Bukan mustahil jika kamu juga bisa mendapatkan banyak teman baru jika menekuni pekerjaan sampingan ini.

6.  Merintis Thrift Shop

Hobi mengikuti tren fashion terbaru tak selalu identik dengan pemborosan. Kamu bisa memanfaatkan koleksi item fashion lamamu yang sudah tidak terpakai untuk merintis thrift shop. Caranya, kamu tinggal memasarkan item fashion tersebut secara offline maupun online. Sekarang, banyak orang tertarik membeli barang-barang bekas yang masih berkualitas dan layak pakai, terutama yang berasal dari merek terkenal berkelas internasional. Jenis side hustle ini akan menambah pundi-pundi tabungan sekaligus membuat koleksi pakaianmu yang lama jadi tidak mubazir.

7.  Membuka Bisnis Jasa Titip (Jastip)

Peluang side hustle berikutnya yang tak boleh disia-siakan adalah bisnis jasa titip. Kamu tak harus sering bepergian ke luar kota atau luar negeri untuk memulai bisnis ini. Jika kamu tinggal di kota yang memiliki oleh-oleh khas super populer, kamu sudah bisa merintis bisnis jastip. Mulailah dengan membuka toko online di website marketplace dan membuat akun media sosial khusus jastip. Jumlah pesanan jastip biasanya akan semakin meningkat jika popularitas bisnismu sudah meroket.

Selain ketujuh pekerjaan sampingan tersebut, masih banyak lagi jenis side hustle yang bisa kamu lakukan sesuai minat, bakat, atau latar belakang pendidikan. Ingatlah bahwa lowongan pekerjaan sampingan yang bisa dikerjakan di rumah tak boleh mengganggu fokus terhadap pekerjaan utama. Pastikan kalau side hustle yang kamu jalani membuatmu selalu bahagia dan terinspirasi belajar hal-hal baru, ya.

Tags: , , , ,


COMMENTS