January 3, 2022

Dukung Bangkitnya Sektor Pariwisata, DANA Hadirkan Inisiatif Sosial DANA Lestari

Penulis: Okta
Dukung Bangkitnya Sektor Pariwisata, DANA Hadirkan Inisiatif Sosial DANA Lestari  

Mobitekno – Pandemi Covid-19 membawa dampak yang cukup luas di berbagai sektor. Salah satunya adapah pariwisata. Hingga saat ini, sektor ini masih tertatih-tatih untuk mengembalikan performanya seperti keadaan sebelum pandemi. Untuk itulah, DANA sebagai platform dompet digital ingin membantu bangkitnya sektor pariwisata ini. Komitmen DANA dalam memacu pemulihan sektor pariwisata yang terdampak pandemi terus diwujudkan. Upaya DANA kali ini tidak hanya diimplementasikan dengan mendigitalisasi daerah pariwisata melalui pemanfaatan dompet digital. Akan tetapi kian meluas dengan menciptakan masyarakat nontunai peduli lingkungan berkelanjutan lewat inisiatif sosial bertajuk DANA Lestari.

Inisiatif DANA Lestari dilandaskan oleh kepedulian DANA sebagai dompet digital yang mengedepankan dampak menyeluruh untuk ekosistem ekonomi digital di sekitarnya. Ditopang oleh teknologi terdepan, DANA melihat pengoptimalan transaksi digital memiliki manfaat yang lebih luas. Tidak hanya untuk pertumbuhan ekonomi, tetapi juga juga pelestarian lingkungan sebagai bentuk tanggung jawab sosial. Program perdana DANA Lestari dilaksanakan melalui kolaborasi DANA bersama masyarakat di sekitar TPS 3R Tuksongo. Program perdana ini untuk retribusi sampah di kawasan Borobudur, Jawa Tengah.

Penunjukan TPS 3R Tuksongo sebagai juara lokal dan TPS Cashless percontohan pertama dilatarbelakangi oleh dorongan pemerintah untuk mengakselerasi pengembangan Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Borobudur. Apalagi, kawasan kompleks Candi Borobudur yang dikenal sebagai Warisan Dunia, Kawasan Cagar Budaya, hingga kawasan Strategi Nasional turut menjadi target destinasi berkualitas yang mengedepankan nilai budaya dan sejarah serta memperhatikan aspek pembangunan berkelanjutan guna memaksimalkan potensi kawasan ini.

“Pengembangan sektor pariwisata tidak lepas dari pentingnya pelestarian lingkungan. Ini untuk menciptakan kawasan wisata yang lebih berkelanjutan dan berdampak bagi sosial ekonomi masyarakatnya. Lewat DANA Lestari, kami berupaya untuk menggenjot sektor pariwisata dengan menumbuhkan kesadaran masyarakat agar lebih tergerak dalam mencintai lingkungan. Kami sadar bahwa teknologi yang dimiliki DANA memungkinkan berlangsungnya inisiatif ini dengan memudahkan cara pembayaran iuran TPS 3R Tuksongo yang kini sudah go digital,” ujar Agustina Samara, Chief People & Corporate Strategy Officer DANA.

Peresmian DANA Lestari melalui kolaborasi dengan TPS 3R Tuksongo untuk retribusi sampah di Borobudur

Peluncuran TPS 3R Tuksongo yang telah menjadi program pengelolaan sampah di bawah Kementerian PUPR ini, dibalut dalam rangkaian acara Gebyar DANA Lestari yang didukung oleh Rony Hartawan, Deputi Direktur Perwakilan Bank Indonesia Jawa Tengah dan Joko Sudibyo, Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Magelang. Bertepatan dengan peluncuran tersebut, DANA sekaligus mengedukasi langkah-langkah pembayaran iuran TPS 3R Tuksongo kepada masyarakat setempat yang dapat dilakukan dengan memanfaatkan QRIS melalui fitur DANA Bisnis serta mengajak masyarakat untuk menebus paket sembakonya melalui dompet digital DANA.

Kemunculan opsi baru dalam pembayaran iuran TPS 3R Tuksongo yang makin mudah dan tercatat dengan baik. Jadi, diharapkan ikut meningkatkan minat dan tanggung jawab masyarakat dalam melestarikan lingkungan. Dengan demikian, kelak akan tercipta kawasan wisata yang lebih asri. Sehingga mampu menarik potensi wisatawan untuk senantiasa mengunjungi Borobudur sebagai destinasi pariwisata favoritnya.

Dari Candi Borobudur hingga Bogor

Dukungan DANA untuk membangkitkan pariwisata pun tidak hanya berfokus pada 5 Destinasi Pariwisata Super Prioritas saja. Hal ini karena melihat potensi pariwisata Indonesia yang begitu besar. Selain Borobudur, DANA turut berpartisipasi dalam Peresmian Kampung Perca di RW 01 Kelurahan Sindangsari, Kecamatan Bogor Timur yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kota Bogor. Dukungan DANA tersebut mencakup penyaluran bantuan berupa sejumlah perlengkapan pembuatan kain perca.

Pengembangan Kampung Perca merupakan agenda pemerintah Kota Bogor. Pengembangan ini ditujukan untuk menggerakkan ekonomi masyarakat khususnya di daerah Sindangsari yang mengalami peningkatan jumlah pengangguran selama pandemi.

Adapun keterlibatan DANA dalam peresmian Kampung Perca selaras dengan komitmen yang tertuang dalam pendandatanganan kerja sama antara DANA dengan Pemerintah Kota Bogor di bulan November lalu. Bahwa DANA sebagai jembatan ekosistem ekonomi digital akan mendukung pelaku UMKM. Baik di sektor perdagangan maupun pariwisata. Ini untuk menstimulasi inovasi serta menopang pendapatan asli daerah kota Bogor.

“Sinergi pemerintah daerah dengan dompet digital seperti DANA menjadi upaya kolektif penting yang dapat mengembalikkan kondisi ekonomi daerah. Pasalnya, kebutuhan transaksi digital tidak lagi menjadi pilihan, melainkan keharusan yang mampu mempermudah berbagai aktivitas masyarakat. Oleh karena itu, kerja sama antara DANA dengan Pemerintah Kota Bogor diharapkan mampu mengakomodasi kebutuhan masyarakat Bogor sehari-hari. Mulai dari mempermudah pembayaran Pendapatan Asli Daerah, seperti PBB dan retribusi lainnya, hingga melahirkan ekonomi kreatif Bogor yang berdaya saing dan berkesinambungan,” pungkas Agustina.

Tags: ,


COMMENTS