December 2, 2022

Intip-intip Kecanggihan Pabrik MG di Thailand

Penulis: Desmal Andi
Intip-intip Kecanggihan Pabrik MG di Thailand  

Mobitekno – Sudah menjadi komitmen bahwa pabrik-pabrik MG mengusung teknologi terkini, presisi dalam detail, dan konsistensi kontrol kualitas demi menciptakan mobil berkualitas tinggi. Hasilnya adalah pada seluruh lini kendaraan MG tertanam British automotive standards BRIT Dynamic, yaitu performa yang istimewa, handling yang presisi, desain terkini, teknologi terdepan, dan safety yang mumpuni.

Tidak terkecuali pabrik mobil MG di Thailand. Terbukti dengan kualitas produk yang prima  sehingga saat ini tidak pernah terjadi recall hasil produksi, serta tingkat kepuasan pelanggannya yang tinggi. Didukung oleh standar layanan pelanggan yang prima, nilai Customer Service Index (CSI) MG global tahun ini mencapai 881 dari 1000-point index

Tempat produksi otomotif terbaik di ASEAN

Kualitas adalah salah satu hal krusial bagi MG. Didesain dan dirancang dengan inovasi terdepan, MG berfokus untuk meredefinisi ekspektasi masyarakat Indonesia dengan seluruh unit MG. Mulai dari proses produksi, fasilitas pabrik, serta mutu mobil MG memiliki standar wajib yang menjaga kualitas seluruh unit MG.

“Senang sekali kami dapat memperlihatkan secara langsung bagaimana seluruh kendaraan MG dibuat di pabrik yang sangat canggih sehingga produk-produk yang kami hasilkan berkualitas tinggi yang mencerminkan BRIT DYNAMIC. Hal tersebut tentu saja untuk memastikan  mobil yang dipasarkan bisa meredefinisi ekspektasi dari konsumen secara global termasuk di pasar otomotif tanah air,” ungkap Arief Syarifudin, Marketing & PR Director MG Motor Indonesia. “Semoga rasa penasaran, tentang bagaimana MG dapat memproduksi mobil dengan nilai yang melebihi ekspektasi, dapat terjawab.”

Pabrik mobil MG di Chon Buri dibangun di area seluas lebih dari 70 hektar, di Hemaraj Eastern Seaboard Industrial Estate 2, pada akhir tahun 2017. Lokasi tersebut masuk dalam kawasan EEC (Eastern Economic Corridor) yang merupakan pusat logistik regional ASEAN. Benefitnya yakni menjadikan fasilitas perakitan yang satu ini sebagai global production hub bagi bagi mobil-mobil setir kanan MG untuk pasar Thailand, ASEAN, serta pasar lain di seluruh dunia.

Arief kemudian menjelaskan, pabrik dengan kapasitas mencapai 100.000 kendaraan per tahun dengan dukungan otomatisasi dan kecerdasan robotik terbaru, serta teknologi produksi dan kontrol kualitas tingkat tertinggi. Teknologi otomotif yang canggih tersebut memastikan kualitas hasil produksi yang bermutu tinggi, meningkatkan efisiensi dan presisi, juga tak ketinggalan menjaga kualitas keamanan yang tinggi selama berlangsungnya produksi.

Sementara rendahnya konsumsi energi dan tingkat emisi, membuat pabrik ini cukup ramah lingkungan tanpa harus mengurangi kemudahan dan kenyamanan dalam bekerja (ergonomi).

[dari kiri ke kanan] Zhang Weiwei, Vice Managing Director MG Indonesia; Zuo Chen, Marketing and Product Director MG Thailand; Arief Syarifudin, Marketing and PR Director MG Indonesia.

Uji berkendara MG4 EV dan MG VS HEV

Tidak hanya melihat langsung proses produksi mobil-mobil MG, dalam kunjungan ke pabrik ini juga berkesempatan untuk melakukan test drive mobil-mobil keluaran terbaru yang baru saja diluncurkan yaitu MG4 EV dan MG VS HEV. MG4 EV, Crossover ful elektrik pertama dari MG yang mulai santer digosipkan akan hadir di Indonesia ini tampil stylish sekaligus beda, dengan ruang kabin yang modern dan ergonomis, tidak seperti crossover pada umumnya.

MG4 EV dilengkapi fitur fast charging, serta sederet teknologi terkini yang dihadirkan sebagai standar pada mobil ini. Sehingga, penggunanya lebih nyaman dan aman dalam dapat menikmati aneka fitur berguna seperti Adaptive Cruise Control, Traffic Jam Assist, Intelligent Speed Limit Assist with Traffic Sign Recognition, dan masih banyak lagi.

Soal kemungkinan mendatangkan MG4 EV, Arief tetap menyatakan optimisme dan  ketertarikannya. “Dengan berbagai nilai plus yang dimiliki MG4 EV, saya percaya mobil ini berpotensi menuai antusiasme masyarakat Indonesia, seperti mobil-mobil MG lain yang telah lebih dulu menyambangi Tanah Air,” tuturnya.

Untuk diketahui juga, pada Agustus yang lalu MG meraih penghargaan sebagai “No. 1 Brand Thailand 2021-2022” untuk kategori EV (electric vehicle) Car. Penghargaan tersebut merupakan persembahan majalah Marketeer, yang berkolaborasi dengan Kadence International (Thailand) dan Marketing Move, melakukan survei terhadap 5.500 produk dan layanan di kalangan konsumen Thailand setahun ke belakang. Dari situ terlihat nyata bahwa tingkat kepuasan pengguna mobil elektrik MG berada di atas para kompetitor.

Kunjungan kali ini juga memberikan kesempatan test drive mobil MG VS HEV. MG VS HEV menjadi salah satu primadona di pasar global karena desain eksterior yang menampilkan Electrified Matrix Grille Design yang memberikan tampilan sporty dan modern.

Dari segi teknologi, MG VS HEV menampilkan sistem transmisi elektrik baru dengan tuas persneling Electric Shift yang memungkinkan tiga mode berkendara: eco, comfort, dan sport. Sistem hybrid dilengkapi dengan KERS MODE 3 level, sebuah sistem otomotif untuk memulihkan energi kinetik kendaraan yang bergerak saat pengereman. Model ini juga dilengkapi dengan 12,3 inci HD Smart Full Virtual Dashboard dan mode navigasi yang menampilkan rute yang dinavigasi bersama layar sentuh 12,3 inci yang terhubung ke sistem operasi i-SMART dan Apple CarPlay. Kemampuan memutar konten multimedia dari smartphone Android juga tersedia melalui aplikasi musik JOOX.

Tags: , , ,


COMMENTS