September 2, 2022

Luncurkan Kacamata AR Glasses T1, Lenovo Hadirkan Solusi Layar Portabel yang Inovatif dan Praktis

Penulis: Iwan RS
Luncurkan Kacamata AR Glasses T1, Lenovo Hadirkan Solusi Layar Portabel yang Inovatif dan Praktis  

Mobitekno – Lenovo sebentar lagi akan meluncurkan produk kacamata terbaru di Cina, Glasses T1 akhir tahun ini sebelum dipasarkan di negara lainnya pada tahun 2023. Meski harga resminya belum resmi diumumkan, kacamata yang disebut juga personal mobile display solution ini kabarnya akan dijual di bawah US$ 500 (sekitar Rp 7,4 juta).

Meski perangkat wearable seperti kacamata pintar sudah banyak dirilis di pasaran, ‘ruang’ untuk beroinovasi di perangkat kacamata masih terbuka lebar. Salah satu produsen yang ditunggu adalah Apple yang dikabarkan sedang menggarap dua produk AR/VR baru. Selain headset mixed-reality yang canggih dan mahal (sekitar US$ 3000), Apple juga bersiap memperkenalkan kacamata AR di masa mendatang.

Glasses T1 dari Lenovo yang masuk kategori sebagai kacamata AR ini punyak keunggulan menarik karena dapat dapat dipasangkan dengan beragam perangkat, seperti smartphone (Android/iOS, tablet, laptop, hingga PC/Mac melalui inerface USB-C. Lenovo mengklaim Glasses T1 dapat menampilkan gambar yang berkualitas tinggi sekaligus efisiensi daya.

Desain Lenovo Glasses T1 cukup sederhana layaknya kacamata hitam dengan lensa yang dirancang khusus. Kacamata ini sebeanrnya belum dapat disebut sebagai “true smart glasses” karena baru berfungsi menampilkan gambar/video jika dihubungkan dengan perangkat pintar lainnya (smartphone atau laptop).

Kacamata AR Lenovo ini memiliki dua panel Micro OLED yang masing-masing memilki resolusi 1080p (Full-HD, refresh rate 60Hz), termasuk sertifikasi cahaya biru rendah (TUV Low Blue Light) dan flicker free (TUV Flicker Reduction) untuk kenyamanan mata.

Menurut reporter ArsTechnica yang sempat mencoba prototipe Lenovo Glasses T1 tersebut, tingkat kecerahan gambar relatif baik (contrast ratio 10.000:1) dengan warna cerah (vibrant). Interface dan teks yang ditampilkan juga cukup jelas dilihat mata. Sedikit catatan mungkin terkait kenyamanan dan pengoperaiasiannya karena kacamat ini masih harus terhubung ke perangkat lain melalui kabel.

Untuk membuat perangkat lebih terjangkau (murah), Lenovo tidak melengkapi Glasses T1 dengan prosesor terintegrasi. Inilah sebabnya perangkat ini membutuhkan koneksi ke smartphone, tablet, atau komputer melalui kabel USB-C. Lenovo juga menyediakan adaptor khusus agar kacamata ini dapat dihubungkan dengan lightning connector pada perangkat Apple iPhone.

Lenovo mengatakan bahwa Glasses T1 difokuskan bagi pengguna yang ingin menampilkan layar perangkat yang terhubung secara lebih mendalam (immersive) dengan level privasi yang lebih baik. Dengan speaker internal yang dimilkinya, Anda dapat menggunakannya untuk menonton film, bermain game, atau membaca buku di perjalanan. Tertarik?

Tags: , , , , , ,


COMMENTS